Proses pembuatan body bus di karoseri
merupakan pembahasan ane kali ini, Proses pembuatan body bus di karoseri ini semoga
dapat menambah ilmu dan wawasan
menganai "Apa, Bagaimana, dan Apa saja"
yang perlu di ketahui dari proses pembuatan
sebuah Body bus.
Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya kita
ketahui deskripsi dari sebuah kata "Karoseri"
yang sering disebutkan didunia otomotif
khusus nya body bus, minibus dan truck.
Kata Karoseri berasal dari bahasa Belanda "
Carroserrie " adalah rumah-rumah kendaraan
yang dibangun di atas rangka/chassis mobil
atau chasis khusus bus ataupun truk.
Jadi pada jaman dulu kendaraan di bangun
dengan rangka dari kayu yang dilapisi dengan
plat tipis sebagai body nya. Lalu bagai mana
proses pembuatan body bus di karoseri saat
ini?? Nah oleh karena itu mari kita bahasa
satu persatu secara keseluruhan.
mungikin dari beberapa
karoseri membuat sebuah proses yang lebih
singkat atau lebih panjang lagi tetapi secara
general sama, sebagai berikut:
Dalam pembuatan body bus ada dua macam cara antara lain:
1. Proses pembuatan body bus langsung di
atas chasis
2. Proses pembuatan body bus tanpa chasis
biasanya body dibangun diatas troley/dami/
jig, model seperti ini biasa di sebut docking.
1. PREPARATION
Spoiler for :
Quote:
Proses ini merupakan proses penting dari sebuah pembutan body bus, dimana ketika chasis bus datang dari pemesan maka chasis
wajib di perlakukan khusus sebelum masuk ke
sebuah "line procces".
Karena dalam proses pembuatan body bus
akan banyak proses pengelasan maka
beberapa komponen bawaan chasis wajib
dilepas untuk menghindari kontak, terbakar,
atau rusak karena proses tersebut, biasanya
yang wajib dilepas adalah baterai (accu),
tangki BBM, stir, dan beberapa komponen
elektrik lainnya.
Dan sebelum masuk ke proses selanjutnya
perlu di persiapkan peralatan untuk
melindungi komponen-komponen yang tidak
dilepas dari chasis contoh roda, engine dan
kabel elektrik. melindunginya cukup di tutup
dengan kain anti panas untuk menghindari
percikan api dari mesin las yang dapat
melukai bahan karet dan plastik.
2. Framing / Pembuatan rangka body
Spoiler for Framing:
Quote:
Setelah proses preparasi siap maka chassis wajib melalui leveling agar body bus tidak
miring selanjutnya masuk ke proses
pemasangan rangka body (Frame) dan untuk
proses penyambungan rangka body ke chassis
harus di las di atas clam chassis (bracket)
karena chassis bus di larang terkena
pengelasan hal ini disebabkan dalam proses
pengelasan akan terjadi pemanasan pada
logam, jika chassis utama mendapat
perlakuan panas maka struktur logam akan
mempengaruhi kekuatan dari chassis tersebut.
Oleh karena itu di pasanglah sebuah bracket
(Clam chasis) yang di pasang di atas chasis
dengan baut.
Tahapan pemasangan body bus:
Pembuatan Lantai --> Panel kanan / kiri -->
Roof --> Rangka cowl depan belakang
3. Plating (Pengeplatan)
Spoiler for Plating:
Spoiler for :
Quote:
Setalah rangka bus jadi maka saatnya proses pengeplatan di semua sisi Panel kanan / kiri,
bagasi samping, dan roof. Untuk lantai
terkadang ada yang menggunakan plat ada
yang menggunakan plywood/ triplek
tergantung permintaan customer.
Dalam proses pengeplatan yang menjadi
fokus utama adalah pada proses pengeplatan
lambung kanan dan kiri karena bagian ini
yang biasa menjadi perhatian apakah produk
tersebut baik atau tidak. Biasanya yang
menjadi penilaian adalah kerataan lambung
karena jika lambung tidak rata maka dalam
proses dempul akan membutuhkan dempul
yang banyak. Sehingga pada pengeplatan
bagian lambung ini di gunakan sebuah mesin
dengan nama "Strech machine " yang
berfungsi menarik plat yang panjang dan
menempelkannya rangka body sehingga plat
bagian lambung tidak bergelombang. Atau
bisa juga dengan cara manual dengan
menggunakan tracker.
Setelah semuanya beres, proses berikutnya
adalah pemasangan cowl (wajah) depan dan
cowl belakang. Proses pemasangan cowl
hampir sama seperti proses pemasangan
pelat, dengan terlebih dulu dibuatkan rangka
yang akan dipakai sebagai titik tumpu pelat
cowl depan dan belakang.
Desain cowl ini merupakan salah satu
komponen paling penting pada aspek eksterior
bus, karena akan menentukan seberapa
‘ganteng’-nya tampang bus setelah semua
proses produksi di karoseri selesai dikerjakan.
Apakah wajahnya terlihat bersahabat, gagah,
menyeramkan seperti ikan piranha, cemberut
bahkan tersenyum.
4. Gosok Body
Quote:
Proses gosok body bus ini merupakan proses pembersihan sebelum ke proses dempul dan juga proses pelapisan anti panas dan anti
karat pada rangka body bus.
5. Puty / Dempul
Spoiler for Poty:
Quote:
Proses pendempulan bertujuan untuk
meratakan permukaan body bus yang tidak
rata sehingga saat proses painting, cat bisa
tampak baik dan merata.
6. Painting / Pengecatan
Spoiler for Painting:
Quote:
Proses pengecatan body bus merupakan
proses yang paling penting untuk penampilan
sebuah bus itu sendiri, jika proses
pengecatan baik maka bus akan terlihat
mewah atau mahal karena dari pengecatan
ini bentuk bus sudah mulai terlihat. Proses
pengecatan biasanya melalui beberapa
tahapan : epoxy line, dempul lain, sander
lini, primer coating, top coating, cutting
sticker line, vernis top coating, dan tahap
yang terakhir poles agar proses pengecatan
berlangsung lebih cepat biasanya karoseri
memiliki sebuah mesin pemanas / oven agar
dapat segera beralih ke proses selanjutnya.
7. Triming / Interior
Spoiler for Interior:
Quote:
Proses Triming adalah proses pemasangan
dari interior bus dimana dari proses ini
sangat penting karena pengerjaan interior
bus membutuhkan kerapian dalam
pengerjaan.
Bus bisa di katakan kelas ekonomi atau
eksekutif tergantung dari isi dari interior bus
tersebut dan pastinya tingkat kerapian yang
menjadi sorotan karena penumpang berada
di dalam bus pastinya melihat bagian -
bagian dalam bus tersebut.
Triming interior bus antara lain:
- Plafon : terdiri dari ending plafon depan dan belakang, dan juga modul-modul plafon nya.
- Dinding kanan dan kiri
- Bagasi penumpang
- Pilar - Pilar
- Pemasangan Kaca
- AC (Ducting dan Louvre)
- Lighting
- Dashboard
- Rel jok
- Karpet lantai
- Partisi penumpang
- Audio Video
- Door Trim ( handle, lock, karet, list alumunium)
-Seat (Jok)
8 Finishing
Spoiler for Finishing:
Quote:
Proses finishing merupakan proses terkahir dari pembuatan body bus, proses ini meliputi pengecekan fungsi-fungsi elektrik dan
lighting serta terdapat test kebocoran dengan
Rain Test.
Nah itu tadi beberapa proses pembuatan
body bus di karoseri , SEMOGA BERMANFAAT GAN