Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

my.own.lifeAvatar border
TS
my.own.life
Pro Asing, Jokowi Matikan Industri Kreatif


Jakarta - Calon presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) dinilai salah kaprah jika menghadirkan perusahaan industri kreatif asing ke Indonesia. Sebab, hal itu justru akan mematikan industri kreatif Indonesia.

Direktur Indeks Digital, Jimmi Kembaren mengatakan, asumsi Jokowi, kehadiran perusahaan asing bakal membuka ruang seluas-luasnya bagi pekerja kreatif di Tanah Air salah besar. Menurutnya, wacana yang digulirkan Jokowi justru berpotensi mematikan industri kreatif.

"Jokowi salah kaprah. Jokowi selalu menganggap perusahaan asing akan merekrut tenaga kreatif Indonesia. Padahal bukan mencari tenaga kreatif, tapi hanya mencari sales team. Masa kita cuma dijadikan pasar," kata Jimmi, di Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Sebelumnya, Jokowi meminta agar Twitter berinvestasi dan membuka kantor perwakilan di Indonesia. Permintaan itu disampaikan ketika bertemu Peter Greenberger, Direktur Strategi Politik Global Twitter yang tengah mengunjungi Indonesia. Jokowi juga menyampaikan hal yang sama saat berkampanye.

Jimmi juga mengingatkan, dominasi asing hanya akan membuat Indonesia kembali terjajah. Menurutnya, konsep Jokowi sangat pro asing. Kalau Twitter buka kantor, hanya akan mempekerjakan 2-3 orang, paling banyak 10 orang.

"Itu pun sales team, investasi juga minimal sekali. Jadi, dampaknya tidak signifikan terhadap dunia ketenagakerjaan dan bahkan mengeruk kekayaan Indonesia," katanya.

Seharusnya, lanjut Jimmi, perusahaan-perusahaan lokal yang didorong agar berkembang. Seperti yang sudah dilakukan China dan Vietnam. Pemblokiran jejaring sosial asing pun sukses membuat jejaring sosial lokal berjaya di negeri sendiri. Seperti Baidu di China, atau CocCoc di Vietnam.

"Daripada mengundang (perusahaan asing) buka kantor di sini, lebih baik seperti yang dilakukan China dan Vietnam. Membatasi perusahaan asing, dan men-support perusahaan lokal agar dapat bersaing. Setelah perusahaan lokal tumbuh besar, baru kemudian perusahaan asing boleh masuk,” tandas Jimmi. [mes]

[url]http://nasional.inilah..com/read/detail/2109224/pro-asing-jokowi-matikan-industri-kreatif#.U5pn2NIbDxA[/url]

ingat, yang dibahas adalah

  1. Industri kreatif
  2. perusahaan asing
  3. kantor perwakilan twitter
  4. buka lapangan pekerjaan


yang penting pencitraan, masalah lainnya, silahkan dilanjutkan pak JK emoticon-Big Grin
Diubah oleh my.own.life 13-06-2014 03:04
0
2.2K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.