Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

neyazulaAvatar border
TS
neyazula
Apakah agan beneran siap punya anak?
Halo agan dan aganwati semuanya

Disini ane hanya ingin mengemukakan pendapat ya, berdasarkan pengamatan dan keprihatinan akan keadaan sekitar.
Ane saat ini masih kuliah semester akhir (doain cepet lulus yak emoticon-Kiss (S) ) dan udah bukan rahasia umum lagi kalo semester akhir gini rasanya pengen cepet-cepet nikah aja. Banyak banget temen ane yang memutuskan nikah beneran, ane gak berhak nge-judge juga sih, kan itu hak mereka, lagian nikah itu juga bisa buka pintu rejeki.

Masalahnya, banyak banget temen ane, maupun temennya temen ane, yang married by accident dan terpaksa kuliahnya keteteran. Ya gimana gak keteteran, wong tanggung jawabnya udah nambah. Mau gak mau mereka harus nyari pendapatan buat menghidupi baby-nya. Kalo emang udah bisa menghidupi diri sendiri sih gak masalah kali ya, nah kebanyakan temen-temen ane ini masih ngikut ortu. Cerita lama lah kudu dinikahin biar nutupin malu, udah budayanya kita kayaknya.

Di satu sisi, ane salut karena mereka mau berusaha gimanapun caranya buat menghidupi their little bundle of joy, tapi di sisi lain ane merasa mereka itu bego. Emang di awal seneng sih ngeliat bayi, mana ada sih bayi yang gak lucu. Tapi kebanyakan, yang ane liat, kedepannya biasanya pasangan yang married by accident itu antaranya jadi keluarga gak harmonis atau sekalian cerai. kalo udah gitu kan yang kasian anaknya. Penyebabnya macem-macem, terutama (biasanya) masalah finansial dan emosi yang belum matang.

Menurut ane, membesarkan seorang anak itu luar biasa besar tanggung jawabnya, bukan cuma memperhatikan tumbuh kembangnya, kasih makan, kasih susu, digedein, disekolahin, tapi lebih dari itu, it's an endless job. The job is finished when you die. Agan juga kudu memperhatikan betul perkembangan mental dan watak si anak, karena pada akhirnya, kemampuan yang terbentuk dari didikan orang tua-lah yang akan memutuskan bagaimana hidup si anak kedepannya. Mendidik anak pun gak mudah, menurut ane itu pekerjaan paling berat sekaligus paling menyenangkan yang bisa dilakukan, apabila, segala kebutuhan primer bagi kembang tumbuh si anak sudah terpenuhi.

Di era yang semuanya serba mahal begini, kalo belum bisa menghidupi diri sendiri mah mending tunda dulu deh punya anak, kasian agan, kasian anaknya juga ntar. Intinya, jangan bikin anak kalo belum nikah, dan jangan buru-buru punya anak kalo udah nikah sebelum agan bener-bener siap dunia akhirat mengemban tanggung jawab paling besar yang pernah Tuhan berikan buat agan.

Maap kalo masih berantakan ya gan, maklum masih belajar emoticon-Malu (S)
0
2.5K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.