Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SENSORpanAvatar border
TS
SENSORpan
Kartel Sapi, Ini Temuan Awal KPPU
KAMIS, 13 AGUSTUS 2015 | 20:13 WIB
Kartel Sapi, Ini Temuan Awal KPPU

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha sedang menginvestigasi dugaan adanya kartel daging sapi. KPPU menduga ada upaya menahan pasokan dalam kasus langkanya daging sapi.

"Kami temukan ada dugaan yang cukup kuat ada upaya menahan pasokan," kata Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerjasama KPPU Mohammad Reza di kantor KPPU, Kamis, 13 Agustus 2015.

Sejauh ini, menurut Reza, pihaknya belum mendapat gambaran secara detail siapa penahan pasokan daging tersebut. Investigasi yang dilakukan KPPU akan meminta keterangan dari empat rangkaian dalam pasokan daging sapi. Mereka adalah importir, feedlotter, rumah pemotongan hewan, dan pedagang.

"Kami belum mendapat gambaran siapa, apakah dari importir atau feedlotter. Tapi kami memang melihat ada upaya menahan pasokan," kata Reza.





Dalam Undang-Undang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, menurut Reza, ada pasal yang melarang aksi menahan pasokan.

Dugaan menahan pasokan ini, Reza menambahkan, bisa terlihat dari suplai sapi yang sebenarnya tersedia. Begitu juga dengan permintaan daging sapi. Artinya, permasalahan yang terjadi ada di tengah-tengah. "Di tengah-tengah inilah yang jadi pertanyaan kami siapa yang bermain sesungguhnya," kata Reza.

Dia menceritakan salah satu investigasi yang dilakukan KPPU adalah kunjungan ke Rumah Pemotongan Hewan di Semanan, Jakarta Barat, pada Selasa lalu. RPH itu ditemukan tidak beroperasi lagi dengan bermacam alasan, seperti pasokan sapi dari feedlotter yang terhenti. Namun saat petugas KPPU melihat ke belakang, mereka menemukan ada sapi lebih dari 20 ekor. Dalam sehari RPH tersebut memotong sekitar 10 ekor.

"Mereka bilang melakukan itu untuk bersikap berempati dengan teman-temannya yang lain. Ini yang jadi pertanyaan kami, apa maksudnya. Tapi kami simpan dulu, kami masih mencari tahu," kata Reza.

m.tempo.co/read/news/2015/08/13/090691688/kartel-sapi-ini-temuan-awal-kppu
Diubah oleh SENSORpan 13-08-2015 13:29
0
2.3K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.