Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TerazanaAvatar border
TS
Terazana
[Tanda Meroket] Ekonomi Konsumen Dinilai Membaik
Ekonomi Konsumen Dinilai Membaik

Aug 11, 2015 11:56

SERANG – Di tengah perekonomian Indonesia yang lesu, tingkat ekonomi konsumen di Banten justru dinilai membaik. Hal tersebut dilihat dari indeks tendensi konsumen (ITK) dan optimisme konsumen yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten.

ITK di Banten pada triwulan II tahun ini sebesar 108,19 yang artinya kondisi ekonomi konsumen meningkat dari triwulan sebelumnya. Tingkat kepercayaan atau optimisme konsumen juga meningkat dibandingkan dengan triwulan I tahun ini sebesar 104,07. “Membaiknya kondisi ekonomi konsumen didorong oleh peningkatan pendapatan rumah tangga, rendahnya pengaruh inflasi, dan meningkatnya konsumsi bahan makanan,” kata Kepala BPS Banten Syech Suhaimi, kemarin.

Menurut Syech, kenaikan harga barang/jasa pada triwulan II yang cukup tinggi sebesar 2,05 persen, ternyata kurang berpengaruh terhadap tingkat konsumsi dengan nilai indeks 107,07. “Ini mengkonfirmasi sekaligus memperkuat ada perbaikan kondisi ekonomi konsumen,” ujarnya.

ITK pada triwulan II diperkirakan mencapai 114,41 yang artinya akan kembali membaik. “Hal ini dipengaruhi oleh diterimanya gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara, serta penerimaan tunjangan hari raya pekerja pada Juli,” ujarnya.

Sekadar diketahui, pertumbuhan ekonomi Banten hanya naik sebesar 2,2 persen pada triwulan II 2015. Perekonomian Banten dinilai masih lamban. Kondisi ini dipengaruhi tidak stabilnya perekonomian global. Selain itu, lemahnya pertumbuhan tersebut karena perekonomian di Banten masih bertumpu pada industri pengolahan besar.

Ketua Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Banten Noneng Komara mengatakan, meski mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 2,20 persen, laju perekonomian Banten per triwulan masih lambat dibandingkan pencapaian nasional yang mencapai 3,4 persen. “Sekarang kita positif karena industri kita mulai positif. Tapi, pertumbuhan ini masih lambat karena sudah terkontraksi triwulan I yang minus 0,63 persen,” katanya, Kamis (6/8/2015).

Menurutnya, kondisi perekonomian Banten akan kembali normal, jika pemerintah mampu mendorong basis industri kecil menengah. Selain mendorong pengentasan pengangguran, industri kecil menengah tidak terpengaruh secara langsung pada ekonomi dunia. “Kita memiliki industri hulu yang dominan, sayang tidak didorong maksimal,” katanya. (RB/run/ags)

sumber

Apa kata gue, Ekonomi Konsumen Membaik dan itu sebagai salah satu tanda perekonomian bakal meroket emoticon-Big Grin
0
6.4K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.