Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SENSORpanAvatar border
TS
SENSORpan
China Bikin Geger, Dolar AS Tembus Rp 13.785
China Bikin Geger, Dolar AS Tembus Rp 13.785

Jakarta -Kepanikan di pasar keuangan gara-gara China lemahkan mata uang masih berlangsung sampai pagi ini. Nilai tukar rupiah pun kena imbasnya.

Dolar Amerika Serikat (AS) yang kemarin sudah menguat, pagi ini kembali perkasa. Mata uang Paman Sam itu dibuka di Rp 13.690 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.610 per dolar AS.

Hingga menjelang siang ini dolar AS terus menguat, sampai ke titik tertingginya hari ini di Rp 13.785, seperti dikutip dari data perdagangan Reuters, Rabu (12/8/2015). Penguatan dolar AS ini masih terus berlangsung.

Seperti diketahui, kemarin bank sentral China, yaitu People's Bank of China (POBC) dengan sengaja melemahkan mata uang yuan terhadap dolar AS. Karena ekspornya turun, dan harus dinaikkan daya saingnya dengan pelemahan yuan.

Yuan turun hingga ke titik terendah dalam 3 tahun terakhir. Dalam satu hari yuan mengalami koreksi harian terparahnya dalam dua puluh tahun terakhir.


sumber

Begini Cara China Sengaja Lemahkan Yuan dan Bikin Geger Dunia

Jakarta -Langkah China yang dengan sengaja melakukan devaluasi atau penurunan nilai mata uangnya, membuat geger dunia. Pasar keuangan dan mata uang dunia, terutama Asia langsung jatuh kemarin.

Pelemahan ini dilakukan untuk mendorong pasar ekspor China yang kalah bersaing, lantaran mata uangnya terlalu kuat dan membuat barang-barangnya menjadi mahal.

Mata uang negara-negara di Asia berguguran. Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tertekan. Kemarin, dolar AS ditutup di Rp 13.610, sementara IHSG turun 2,6%.

Bagaimana cara China melemahkan mata uang Yuan yang membuat pasar keuangan dunia tertekan?

Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM) Tony Prasetiantono mencoba memaparkannya.

"Cara melemahkannya, yuan dipasok, diperbanyak, diguyur ke pasar, suplainya diperbanyak di pasar melalui cadangan devisanya yang besar itu," jelas dia kepada detikFinance, Rabu (12/8/2015).

Saat ini, jumlah cadangan devisa China mencapai US$ 3,8 triliun. Ini merupakan cadangan devisa terbesar di dunia. "Dengan cadangan devisa mereka yang kini US$ 3,8 triliun, ini terbesar di dunia," katanya

Tony menjelaskan, dengan cadangan devisa yang tinggi, China tak khawatir mata uangnya tertekan. Justru, kata Tony, dengan pelemahan yuan, daya saing ekspor China kembali menggeliat. Harga produk-produk China bisa bersaing.

"China ekonomi kuat seharusnya mata uangnya menguat tapi malah sengaja dilemahkan, mata uang yuan dinilai terlalu kuat di tengah perlambatan mata uang negara-negara lain, sehingga ekspor China tidak kompetitif. Sengaja dilemahkan biar ekspor naik, padahal kalau pun didiamkan saja, mata uang yuan itu tetap kuat," jelas Tony.

China tidak ingin seperti AS yang mata uangnya terlalu kuat, sehingga daya saing ekspor menurun karena sudah terlalu mahal. Tony menyebutkan, kebijakan pelemahan yuan tersebut justru mengguncang sektor keuangan negara lain.

"Ini dampaknya guncangan ke seluruh dunia. Sehingga terjadi currency war (perang mata uang), negara-negara lain mata uangnya melemah," sebutnya.

Tony menambahkan, kebijakan pelemahan mata uang pernah terjadi di Indonesia. Saat itu, Indonesia masih menganut sistem fixed rate. Artinya, level rupiah tetap.

"Tanggal 14 Agustus 1997, tadinya fixed rate, rupiah tetap, kemudian boleh volatile di batas tertentu, saat krisis. Ini juga terjadi di yuan, mereka mulai diizinkan untuk melemah, currency band, intervention band, sama halnya rupiah boleh melemah dalam level tertentu," kata Tony.


sumber

daripada terus mengeluh karna dollar makin kuat,
mending cari cara gmn meningkatkan kualitas produk dlm negeri
agar bisa bersaing melawan negara lain, terutama china..emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh SENSORpan 12-08-2015 02:59
0
2.1K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.