Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zoelmaiAvatar border
TS
zoelmai
Apa saja referensi yang diperlukan agar mahir berbahasa Inggris?
Berfikir ingin mampu berbicara, mendengar, menulis dan menterjemahkan bahasa Inggris seperti native speakers? Itu bukanlah hal mustahil untuk diwujudkan. Hanya saja diperlukan usaha yang lumayan kuat agar tingkatan kemampuan yang diinginkan dapat terwujud. Artikel kali ini bukanlah artikel yang membahas tata bahasa. Namun hanya artikel ringan tentang referensi apa saja yang seseorang butuhkan jika ingin menguasai bahasa Inggris dengan predikat yang memuaskan. Tingkatan kepuasan ini tidak ada alat ukurnya secara fisik. Kita tidak dapat membelinya di toko peralatan. Karena kepuasan itu sendiri tergolong ke dapam Abstract Noun atau kata benda yang tidak nampak tetapi dapat dirasakan. Satu-satunya alat ukurnya adalah hati.

Seiring perkembangan zaman yang sudah tidak dapat ditahan lagi di negara kita tercinta ini, setiap warga negara tentunya dituntut agar dapat mengikutinya dan memanfaatkan resource yang ada untuk hal bersifat keuntungan. Namun ini bisa saja menjadi boomerang bagi seseorang. Perkembangan zaman yang seharusnya menambah manfaat, malah menjadikan penggunanya dihinggapi rasa malas dalam berusaha mendapatkan sesuatu dengan perjuangan. Contohnya dengan adanya Google Translate yang dapat menterjemahkan hampir semua bahasa di dunia ini. Saya bukanlah mendiskreditkan Google Translate. Saya sendiri sangat terbantu dengan adanya alat penerjemah masal ini. Apalagi Google Translate dari hari ke hari meningkatkan kualitas terjemahannya. Yang ingin saya katakan adalah, dengan adanya tool semacam ini membuat kebanyakan orang malas untuk memaksa diri menjadi lebih baik dalam penguasaan bahasa Inggris.

Nah, Apa saja referensi yang diperlukan agar mahir berbahasa Inggris? Berikut ini hanyalah penilaian subjektif pribadi saya sendiri. Tentunya juga berdasarkan pengamatan terhadap pola fikir dan dampak perkembangan zaman saat ini.

1. Referensi untuk Tingkat Basic

Pada tingkat ini saya beranggapan kemampuan bahasa Inggrisnya sama sekali tidak dapat diandalkan. Pada zaman sekarang ini tingkat ketergantungannya terhadap Google Translate sangatlah tinggi. Orang pada tingkat ini menggunakan google translate untuk kalimat apa saja. Bahkan status Facebook, Twitter, Google Plus dan jejaring sosial lainnya. Sehingga membuat perut orang yang paham maknanya bisa sakit menahan ketawa disebabkan oleh gas menumpuk didalam lambung.

Pernahkan Anda melihat status Facebook seperti kalimat ini?

"Ya Allah, Please help her. I hope her no why why."

Referensi yang dibutuhkan adalah :

  • Mendaftarkan diri di kursus bahasa Inggris untuk mempelajari tata bahasa tingkat dasar.
  • Modul latihan kursus dimana Anda mendaftar.
  • Memiliki kamus bahasa Inggris - Indonesia dan Indonesia - Inggris karangan Jhon M Echols dan Hassan Shadily (satu pasang - nanti akan saya review dalam artikel terpisah)
  • Berkunjung kesitus-situs yang membahas bahasa Inggris. Termasuk situs ini. Percaya atau tidak, hampir semua hasil penelusuran yang masuk adalah tentang tata bahasa tingkat dasar.
  • Bergabung di forum-forum yang membahas bahasa Inggris. Baik offline maupun online.
  • Bergabung di Facebook Group atau Google plus.
  • Google Translate.
  • Smartphone yang bisa mengakses internet dengan cepat.
  • Apps bahasa Inggris yang ada di toko aplikasi.
  • Kamus 2.04 hasil buatan anak bangsa yang dapat dijalankan di OS windows. Anda dapat mengunduh kamus tersebut melalui situs resminya. Jika ada kesempatan nanti akan saya review kamusnya.
Saya rasa hal diatas sudah cukup untuk orang yang nobene baru belajar bahasa Inggris tingkat basic.


2. Referensi untuk Tingkat Intermediate

Yang dibutuhkan adalah :
  • Hampir semua referensi Tingkat basic dapat digunakan untuk orang yang kemampuan bahasa Inggrisnya sudah di intermediate level. Apabila Anda bukanlah seorang sosialita yang gemar bersalto-salto di jejaring sosial, bergabung di forum dan group tidak perlu ada jadikan sebagai referensi Anda. Saya percaya dengan kemampuan bahasa Inggris Anda.
  • Cambridge Advanced Learner's Dictionary - Saat ini edisi terbaru adalah edisi ke-4. Kamus ini cocok bagi Anda yang sudah banyak memahami tata bahasa. Kamus ini dilengkapi cd-rom yang berisi software kamus. Anda dapat mengetahui bagaimana native speakers berbicara, baik American English maupun British English. Ini adalah salah satu kamus favorit saya. Mungkin karena covernya yang berwarna cerah. (Nanti akan saya review)
  • Oxford Advanced Learner's Dictionary - Kamus jenis yang sama seperti Cambridge.
  • Buku-buku yang menerangkan grammar bahasa Inggris.
  • Film dan lagu berbahasa Inggris - baik dengan subtitle maupun tidak.
  • Buku-buku berbahasa Inggris.
  • Sering mengunjungi situs-situs yang menggunakan kata pengantar bahasa Inggris.

3. Referensi untuk Tingkat Intermediate

Fiuhh... Berat. Tetiba otak saya berhenti berfikir. Maaf saya tidak layak memberikan penjelasan untuk tingkat ini. Saya merasa tingkat ini adalah Native Speakers yang sudah menguasai tata bahasa secara lengkap. Bukan native speakers yang tidak paham grammar lho ya. Mungkin Anda bertanya, Kan di Indonesia banyak kursus bahasa Inggris yang membuka tingkat Advanced? Entahlah, yang saya tulis diatas hanyalah bersifat subjektif.

Dengan berat hati saya menutup tulisan ini sampai disini saja.

Ini artikel yang panjang. Saya takjub Anda mampu membacanya hingga kalimat ini.

Have a nice day.

Sumur : https://www.blogbahasainggris.com/

0
4.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.