Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ShiMaYiAvatar border
TS
ShiMaYi
Pelajaran hidup dari kedua orang tua ane !!
Halo agan2 sekalian,ane maw berbagi cerita singkat tentang kehidupan dari kedua orang tua saya. Semoga bisa bermanfaat bagi agan2 yang membacanya.Maaf kalo berantakan
Pertama ane mau menegaskan bahwa keluarga ane bukan keluarga yang kaya. "Cukup" itulah kondisi keluarga saya saat ini.


1. AYAH.
Ayah saya seorang yang berpendidikan,mempunyai gelar drs.(doktorandus). Yang ane ketahui dia sangat penyayang keluarga dan hidup sangat sederhana.
Pergi kerja kadang dengan motor kadang dengan mobil kantor. Namun semua berubah ketika ayah ane jatuh sakit (ayah ane perokok dan ane dengar dari mama waktu muda hidupnya bandel). Awalnya ayah ane kena sakit maag yg parah sehingga berhenti kerja total buat sembuhin penyakitnya sampai keluar negri yang tentunya menghabiskan biaya yg sangat banyak.

Karna ayah ane sudah gk bekerja otomatis penghasilan keluarga ane tidak ada.Mama saya cuman ibu rumah tangga (ntar diceritain). Yang paling ane ingat saat ane minta uang jajan ke papa ,dia memperlihatkan dompetnya yang sudah usang kemudian berkata "dompet papa sudah kosong,mau beli apa?"
Saat itulah mikir bahwa keluarga ane sudah gk ada duid (miskin) sehingga saya juga gak berani lagi minta macam2.

Setelah menghabiskan banyak biaya utk pengobatan ayah,thn 1997 ayah ane meninggal dunia emoticon-Berduka (S). Awalnya penyakit maag kemudian timbul menjadi kanker (ane lupa kanker apa) trus ginjalnya 1 sudah pernah diangkat. Gk kebayangkan penderitaan yg dialami papa ane dan biaya yang sudah dikeluarkan.


2.IBU
Kebalikan dari papa,mama saya hanyalah tamatan SD,tidak bisa membaca (Indonesia) hanya bisa membaca hurup China istilahnya tidak berpendidikanlah seperti orang zaman dulu lazimnya. Setelah papa saya meninggal. Mama saya ditipu oleh temen papa (papa saya sempat join ama temen buka kebun sawit kecil2an) sehingga uang hasil investasi sawit papa tidak dibayar sama sekali.

Mama saya memang tidak bisa bekerja mencari duid seperti papa,dia juga tidak bisa membuka usaha karena tidak punya jiwa berbisnis namun mama saya memiliki “skill” lain yaitu BERHEMAT.

Contoh sederhana :
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


Mama saya juga mengajarkan kepada kita supaya jangan membuang makanan sembarangan,karna itu adalah anugrah dari Tuhan.
Spoiler for contoh kecil:


Tahun 2007 Mama memutuskan untuk pindah ke Jakarta setelah ane n adik saya terlebih dahulu bekerja di Jakarta. Waktu itu Mama berencana membeli sebuah rumah di daerah Jelambar dengan harga 560 jutaan Ane dibuat bingung dari mana datangnya tuh duid sebanyak itu.

Rupanya ada rahasia keluarga ane yang baru ane tau waktu itu,sewaktu papa masih hidup dan ane msh kecil papa sudah berinvestasi emas LM,dolar,deposito,asuransi dan surat2 berharga dalam jumlah yang banyak. Ane paling ingat sebelum membeli rumah mama ama ane pergi menjual 250 gr emas,ane liat tahun pembeliannya 1994 dengan harga yg msh di bwh 50 rb (ane lupa tepatnya ) dan juga menjual 10 rb USD yang dibeli waktu rate 2000 sewaktu jual rate 10 rb. Bisa dibayangkan keuntungan yang didapat waktu menjual keduanya.

Yang bikin ane kagum ama mama ane adalah dia tidak berpendidikan tetapi dia bisa berpikir jauh ke depan dari ane yang sekolah ini. Setelah 20 thn papa meninggal semuanya investasinya masih banyak yang belum terjual.Selama ini mama selalu berusaha mendapat duid dari jualan kecil2an,ikut arisan (ini juga sempat dibawa kabur ama temen), dan yang paling penting hidup HEMAT dan SEDERHANA. Tidak hidup berlebihan seperti membeli mobil untuk sekedar pamer ke saudara2 atau temen dan jalan2 keluar negri.

Mama saya punya prinsip lebih baik punya rumah dari pada yang lain sebab rumah adalah tempat di mana kita memulai aktifitas,berkumpul dan beristirahat. Selain itu rumah bisa dijadikan investasi buktinya thn 2010 setelah 3 tahun rumah ane dijual dengan harga 1,1 M. Sekarang kita beli rumah di tangerang 2 unit,1 unit buat dijadiin kost n 1 unit buat kita tinggal.emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Blue Guy Peace


Pelajaran yang bisa ane dapatkan dari kedua ortu ane :
• Jaga kesehatan sewaktu muda terutama jangan merokok karna semuanya adalah investasi penyakit utk masa tua anda.
• Berinvestasilah dari awal karna kita tidak tau apa yang akan terjadi di depannya.
• Hidup hemat dan sederhana tidak usah gengsi2an.
• Selalu berdoa meminta petunjuk kepada Yang Maha Kuasa (Mama ane rajin ke vihara gan makanya selalu diberi kemudahan).



Kenapa ane sekarang baru cerita sekarang ?
Soalnya kemaren ane baru diceritain ama mama,bibi (adik dari mama ane) lg kesusahan soalnya rumah sewanya da jatuh tempo dia lagi pening cari duid buat bayar sewa. Setau ane bibi ini memang dari dulu orangnya royal dan suka pamer2 makanya sekarang dia kena getahnya.







Diubah oleh ShiMaYi 07-08-2015 09:35
0
4.8K
45
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.