kornelisbukitAvatar border
TS
kornelisbukit
Gelar Piala Presiden, Mahaka Sports Siapkan Dana Rp 40 M
TEMPO.CO,�Jakarta�- Bos Mahaka Group, Erick Thohir, mengaku sudah menganggarkan dana hingga Rp 40 miliar untuk penyelenggaraan Piala Presiden 2015. Dia mengklaim bahwa tak sepeser pun dana untuk turnamen pramusim tersebut berasal dari pemerintah.

“Kebanyakan dari sponsor, kalau dari pemerintah dan badan usaha milik negara benar-benar kami hindari,” kata Erick setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Jumat, 8 Agustus 2015. Dana tersebut, menurut dia, cukup untuk membiayai turnamen yang memiliki 38 pertandingan tersebut.

Hari ini, Erick bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas kelanjutan turnamen Piala Presiden. Salah satu anak usahanya, Mahaka Sports, ditunjuk sebagai operator turnamen pramusim tersebut.

Rencananya, Erick mengatakan, turnamen itu akan dibuka di Bali pada 30 Agustus 2015 oleh Jokowi. Sebanyak 16 peserta akan ikut serta dalam ajang tersebut. Sebagian besar pesertanya berasal dari klub Indonesia Super League (ISL). Hanya tiga klub peserta yang berasal dari Divisi Utama.





Turnamen itu bakal digelar di empat kota, yaitu Malang, Bali, Bandung, dan Makassar. Jumlah pertandingan sebanyak 38 laga. "Akan dibagi menjadi empat grup. Setelah kualifikasi, seperti biasa akan ada delapan besar," ujarnya. Jika sesuai jadwal, partai puncak akan digelar minggu ketiga bulan Oktober.

Juara turnamen ini akan mendapat hadiah sebesar Rp 3 miliar. Adapun juara kedua dan ketiga akan mengantongi fulus masing-masing Rp 2 miliar dan Rp 1 miliar. Setiap klub peserta juga akan mendapatkan dana operasional. Menurut Erick, dana operasional itu perlu karena kebanyakan klub saat ini sedang tidak beroperasi.

Erick mengklaim bahwa semua pihak, termasuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, mendukung penyelenggaraan turnamen ini. “Alhamdulillah semua sudah support dan semua ada kertas-kertasnya,” tuturnya. Sebelum memastikan turnamen ini digelar, ia sudah berkomunikasi dengan berbagai pihak.

Dia membantah bahwa kesediaan Mahaka Sports untuk menjadi operator didasari faktor politis. Menurut dia, turnamen ini benar-benar digelar agar industri sepak bola dalam negeri kembali menggeliat. “Saya tidak mau dalam posisi kontroversi. Ini, kan, layaknya turnamen pramusim di Cina dan Amerika kemarin.”

sumber




Bertemu Jokowi, Erick Thohir Memastikan Piala Presiden Bergulir

TEMPO.CO, Jakarta - Bos Mahaka Group, Erick Thohir, hari ini, bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas kelanjutan turnamen Piala Presiden. Salah satu anak usahanya, Mahaka Sports, ditunjuk sebagai operator turnamen pramusim tersebut.

Menurut Erick, Jokowi mengharapkan agar kompetisi sepak bola terus bergulir. Sebab, sepak bola menjadi salah satu hiburan masyarakat. Selain Presiden, di mengklaim turnamen ini juga didukung semua pihak, termasuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

''Kami sudah berkoordinasi dengan PSSI, Badan Olahraga Profesional Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta pihak yang terkait,'' kata Erick di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat, 7 Agustus 2015.

Rencananya, kata dia, turnamen akan dibuka di Bali pada 30 Agustus 2015 oleh Jokowi. Sebanyak 16 peserta akan ikut serta dalam ajang tersebut. Dari 16 peserta, 13 klub merupakan peserta Indonesia Super League, adapun sisanya adalah klub divisi utama.




Mengenai tempat pelaksanaan, Erick mengatakan ada empat kota, yaitu Malang, Bali, Bandung, dan Makasar dengan jumlah pertandingan sebanyak 38. "Akan dibagi menjadi empat grup. Setelah kualifikasi, seperti biasa akan ada delapan besar," kata dia. Jika sesuai jadwal, partai puncak akan digelar pekan ketiga Oktober.

Erick mengaku tak ingin upayanya dipolitisasi. ‎Dia mengklaim partisipasi kesediaan Mahaka Sports menjadi operator turnamen didasari karena ingin membangun sepak bola dalam negeri.

Sebagai negara dengan salah satu jumlah penduduk terbesar, Erick mengatakan sepak bola Indonesia harus terus bergulir. ''Ini pasti ditunggu banyak orang, mulai dari jual kacang, kaos, sampai minuman. Jadi memang penting untuk menggulirkan ekonomi rakyat.''

Ke-16 klub yang sudah memastikan ikut dalam turnamen itu antara lain, Semen Padang, Gresik United, Persela Lamongan, Persib Bandung, PSM Makassar, Arema Cronus, Bali United, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persipasi Bandung Raya, Mitra Kukar, Pusamania Borneo FC, Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan, Martapura FC, dan PSGC Ciamis.

sumber

Dana siap, EO siap, presiden setuju, sampai batal ini turnamen berarti ada yang gak suka.

TAPI TURNAMEN INI ADALAH TURNAMEN INDEPENDENT BUKAN HASIL KERJA PSSI.
DANA MURNI SPONSOR BUKAN APBN ATAU BAHKAN BANTUAN PSSI.
Diubah oleh kornelisbukit 08-08-2015 06:29
0
5.7K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.