Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sipekokAvatar border
TS
sipekok
Mantap, Tempe Diusulkan Jadi Warisan Budaya Indonesia



Beritahati.com, Jakarta - Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia bersama Institut Pertanian Bogor dan Forum Tempe Indonesia mengusulkan tempe ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

"Ada empat alasan kenapa kita mengusulkan tempe sebagai warisan budaya, pertama karena banyak dokumen yang menyebutkan tempe berasal dari daerah Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Ini tertera dalam Serat Centhini," kata Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia Prof Hardinsyah MS kepada wartawan di Bogor, Selasa (4/8).

Kalau sebelumnya masih ada yang menilai proses pembuatan tempe tidak higienis, ia menjelaskan, penilaian tersebut kini sudah tidak lagi berlaku karena sekarang pembuatan tempe sebagian besar sudah menggunakan mesin dan mengikuti standar nasional maupun internasional.

"Alasan berikutnya, tempe kaya manfaat. Salah kaprah jika ada yang menilai tempe meningkatkan asam urat. Kalau kedelai iya, tapi tempe tidak," katanya.

Alasan ketiga, ia melanjutkan, tempe mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan, peluang usaha, dan peluang kerja.

"Asupan gizi bangsa Indonesia akan terganggu jika tempe tidak ada. Juga nilai-nilai budaya tempe dapat menjadi nilai ekonomi," katanya.

Di samping itu, Hardinsyah menjelaskan pula bahwa tempe kini sudah diakui di tingkat Asia dan sudah ada standar pembuatan tempe yang mendapat pengakuan dari Codex Asia.

"Tempe mulai mendunia. Ini alasan kelima. Kenapa? Jangan sampai tempe diklaim berasal dari budaya bangsa lain. Sebelum ada hal kelima ini, ada baiknya masyarakat Indonesia, Pergizi Pangan, IPB dan Forum Tempe Indonesia mengusulkannya terlebih dahulu," kata Hardinsyah.

Guru besar di Fakultas Ekologi Manusia IPB itu mengatakan prosedur pengusulan tempe sebagai warisan budaya ke UNESCO akan disampaikan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengusul akan menyiapkan dokumen dan naskah-naskah yang dibutuhkan untuk pengajuan usul penetapan tempe sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

Sumur : http://beritahati.com/berita/1629/Ma...risan%2BBudaya
Diubah oleh sipekok 05-08-2015 09:50
0
1.8K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.