Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BossMudaAvatar border
TS
BossMuda
Oohhh.. BAKPIA RIWAYATMU KINI


Oohhh.. BAKPIA RIWAYATMU KINI



Welcome to My Thread Gan!

Herrowww juragan, ane mo ngebahas seputaran bakpia nih. Ude pada tau kan? Banyak kok kalo mau searching kata "bakpia" di kaskus. Yah, mau dikata repost silahkan, mo dibaca2 lagi boleh banget, ane re-share aja, maapin kalo agak lebay judulnya.


Sumur re-share an ane: SERBA SERBI BAKPIA| Sejarah Dan Rahasia Kampung Bakpia Pathuk | Sejarah Kampung Bakpia Pathuk Yogyakarta | Search "bakpia"




Mengenal: Bakpia & Jogjakarta

Berbicara mengenai bakpia kita pasti tertuju kepada sebuah kota yang terkenal dengan kota pelajar serta budaya. Jogja itulah kota yang mempunyai sebuah makanan khas bernama bakpia, karena setiap orang yang pergi ke Jogja tidaklah lengkap sebelum membawa buah tangan yang bernama bakpia. Meskipun Jogja terkenal dengan oleh-oleh makanan bakpia tapi apa bener bakpia memang sebuah makanan asli Daerah istimewa Jogja?



Riwayat & Asal Muasal Bakpia

Menurut sejarah, bakpia adalah sebuah makanan yang berasal dari Tiongkok. Nama asli bakpia tersebut di Tiongkok adalah Tou Luk Pia yang mempunyai arti sebuah kue atau makan yang mempunyai isi daging. Sedangkan kita sebagai orang Indonesia lebih mengenalnya sebagai bakpia yang merupakan makanan khas dari Jogja. Resep bakpia di Indonesia pun telah mengalami modifikasi dari segi isi bakpia tersebut, isi bakpia tidak lagi menggunakan daging tapi diganti menggunakan isi seperti kacang ijo, keju, ketela dan sebagainya yang cenderung memiliki rasa dasar manis seperti masakan khas Jogja yang manis-manis.



Di Indonesia, khususnya Jogja, bakpia pada awalnya diproduksi sendiri oleh seorang warga tiongkok yang berdomisili di Pathuk. Kemudian dia mengemas kue bakpia tersebut menggunakan besek, yaitu wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Karena permintaan semakin pesat dan ramai, maka banyak warga yang berasal dari daerah Pathuk Jogja juga belajar resep bakpia dan turut serta memproduksinya dan mulai berinovasi dengan mengemasnya dengan dosbox serta diberi merek berdasar nomer rumah yang memproduksi bakpia tersebut.

Salah satu produsen bakpia “pribumi” alias warga Yogyakarta yang cukup populer adalah pada tahun 70-an adalah Nitigurnito yang tinggal di daerah Taman sari. Bakpia buatannya agak berbeda dengan buatan warga Pathuk. Bakpia Nitigurnito lapisan kulitnya lebih tebal, berwarna putih dengan bagian tengah menjadi kecoklatan karena dipanggang, sedangkan Bakpia Pathuk berkulit tipis dan mudah rontok.

Dengan segera, bakpia Nitigurnito menginspirasi warga sekitar Tamansari untuk memproduksi dan membuka toko bakpia. Bahkan bagi warga asli Yogyakarta, Bakpia Tamansarilah yang dianggap sebagai bakpia khas Yogyakarta. Namun tampaknya etos dagang orang Jwa tidak seulet orang Tionghoa. Toko bakpia di daerah Tamansari tidak bertahan lama, banyak toko yang tutup, sehingga industri Bakpia di wilayah itu terpuruk dan tak meninggalkan sisa.

Karena banyak warga Pathuk yang membuat usaha Homea, maka kawasan tersebut lebih dikenal sebagai sentral pembuatan dan penjualan Bakpia. Sehingga saat ini kita sering menjumpai merek-merek bakpia dengan nomer-nomer seperti 77, 35,45 dan lain sebagainya. Selain itu juga ada tulisan bakpia pathuk, karena awal mula dari industri bakpia dari pathuk, sebagai penegasan bahwa bakpia ini asli.





Oleh karena itu sampai saat ini kita mengenal makanan khas dari Jogja yang bernama bakpia. Sekarang ini sudah banyak produsen bakpia di Jogja, sekitar ratusan produsen bakpia berlomba-lomba menawarkan olahan bakpia mereka. Karena memang sudah banyak orang yang paham mengenai sebuah resep bakpia sehingga mulai berani menawarkan produk mereka masing-masing. Apabila agan ingin mencari bakpia di jogja sudah tidak sulit karena hampir disetiap sudut toko oleh-oleh atau pasar bisa dijumpai bakpia.

0
12.5K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.