Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

erdijuAvatar border
TS
erdiju
Terus Melajang Dapat Merugikan Kesehatan


Menikah atau hidup dengan pasangan bukan hanya memberi kebahagiaan tapi juga berdampak positif bagi kesehatan. Sebaliknya, melajang bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Sebuah studi terbaru menyimpulkan, wanita berusia pertangahan yang tidak pernah menikah memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan gangguan pernapasan. Tapi, risikonya lebih rendah pada pria lajang.

Penelitian itu mengamati lebih dari 10.000 orang yang lahir di Inggris, Skotlandia, dan Wales di musim semi tahun 1958. Status hubungan mereka dicek saat para responden itu berusia 23, 33, 42, dan 46. Perawat mendatangi rumah mereka untuk memeriksa kesehatan saat responden berusia 44-46 tahun.

Hasil studi menunjukkan, pria dan wanita yang tidak pernah menikah atau tidak hidup dengan pasangan, memiliki status kesehatan paling buruk di usia pertengahan.

Sementara itu, orang yang bercerai dan menikah lagi memiliki risiko terkena penyakit jantung dan gangguan pernapasan sebesar orang yang tetap menikah.

"Pada orang yang mengalami perpisahan dan perceraian tapi kemudian memiliki hubungan yang baru, kondisi kesehatan mereka bisa terus membaik," kata ketua peneliti George Ploubidis.

Memiliki pasangan bisa membuat kita termotivasi menjalankan pola hidup sehat, misalnya olahraga dan mengurangi makanan berlemak. Berpasangan juga berarti kita memiliki dukungan emosional saat melalui masa-masa yang berat.

Jadi, kehidupan pernikahan itu memang lebih menguntungkan bagi kesehatan.

http://health.kompas.com/read/2015/0...campaign=Kknwp
0
2.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.