- Beranda
- The Lounge
Cara Membersihkan
...
TS
crypt.id
Cara Membersihkan


Selamat Datang di Thread Official Crypt.id


WARNING!!! THREAD BERISI GAMBAR BWK, OPEN AT YOUR OWN RISK!!!

INTRO:
Quote:
Apakah agan sering mengalami komputer lelet?, entah itu mau buka folder, atau mau sekedar buka program ajaa lambatnya minta ampun.
Mungkin itu saatnya untuk bersihin komputer agan2
, ane mau share nih sedikit tentang cara bersihin kompie agan biar jadi "lumayan" lagi 

Spoiler for Komputer Lambaaaaattt::
Mungkin itu saatnya untuk bersihin komputer agan2
, ane mau share nih sedikit tentang cara bersihin kompie agan biar jadi "lumayan" lagi 

CARANYA:
Quote:
Sebenernya ada 2 Metode yang pingin ane share sekarang nih gan:
PERTAMAXX
KEDUAXX

PERTAMAXX
Quote:
Hard Drive dan Software cleaning.
Spoiler for mulustrasi:
KEDUAXX
Quote:
Physical Cleaning.
Spoiler for mulustrasi:

PEMBAHASAN:
Quote:
Metode 1
Metode 2

1. Siapkan Peralatan
2. Matikan dahulu komputer agan
Spoiler for Hard Drive dan Software Cleaning:
1.Selalu Update Software dan OS Komputer anda

2. Clear Internet Data

3. Check Adware dan Malware

4. Gunakan Anti Virus, dan Cek apakah komputer agan terjangkit virus

5. Lakukan Maintenance pada Hard Drive agan
Quote:
Mac OS dan Windows memiliki tingkat keamanan yang standar dan stabilitas update untuk Operating System agan-agan. Bukan hanya itu, Mac dan Windows juga telah mengetahui pengaturan OS yang agan miliki, jadi mereka secara sistematis tau apa yang dibutuhkan oleh agan, aplikasi yg harus di update dan cara mendapatkannya. Tetapi, jika agan menon-aktifkan fitur auto update, agan ga akan tau kapan OS agan membutuhkan update.
Quote:
Caranya:
Untuk pengguna Windows 7, klik icon start menu dan ketikkan "Windows Update" di kolom search. Lalu, akan muncul control panel yang menunjukkan status settingan agan2, ada seperti "Automatic Updates", "Important Updates" dan "Optional Updates". Agan bisa setting itu menjadi diunduh dan diinstal secara otomatis, atau download otomatis namun install secara manual, atau pilihan terakhir yaitu unduh dan install secara manual.
Untuk Pengguna Mac: membuka menu "system preferences" dari Apple menu, lalu pilih "software update dari menu "view". Semua update yang tersedia akan muncul dalam list tersebut, agan bisa pilih update apa yang akan agan instal sebelum melanjutkan.
Untuk pengguna Windows 7, klik icon start menu dan ketikkan "Windows Update" di kolom search. Lalu, akan muncul control panel yang menunjukkan status settingan agan2, ada seperti "Automatic Updates", "Important Updates" dan "Optional Updates". Agan bisa setting itu menjadi diunduh dan diinstal secara otomatis, atau download otomatis namun install secara manual, atau pilihan terakhir yaitu unduh dan install secara manual.
Untuk Pengguna Mac: membuka menu "system preferences" dari Apple menu, lalu pilih "software update dari menu "view". Semua update yang tersedia akan muncul dalam list tersebut, agan bisa pilih update apa yang akan agan instal sebelum melanjutkan.
Quote:
Update yang tersedia melalui cara ini selalu official dan dapat dipercaya gan. Oleh karena itu, di rekomendasikan untuk selalu melakukan update secara otomatis gan. (kecuali kompie agan ketauan KW
)
)
2. Clear Internet Data
Quote:
Seperti yang sudah agan sering dengar, bahwa ketika sedang browsing internet, komputer agan akan menyimpan sedikit pecahan-pecahan informasi yang lama kelamaan akan menumpuk dan berpengaruh terhadap performa komputer agan
khususnya pada komputer yang sudah tuwir dan mesinnya yang sudah lambat.
khususnya pada komputer yang sudah tuwir dan mesinnya yang sudah lambat.Quote:
Pengguna Internet Explorer (emang masih ada?
) dalam windows dapat melakukan "clear all temporary data" dengan cara membuka "internet option control panel item" lalu mengklik tombol delete pada "general tab" dibawah sub tab "Browser History"
) dalam windows dapat melakukan "clear all temporary data" dengan cara membuka "internet option control panel item" lalu mengklik tombol delete pada "general tab" dibawah sub tab "Browser History"Quote:
Buat pengguna firefox, buka "History" menu dalam firefox, lalu clear all history.
Quote:
Buat pengguna Chrome, tinggal tahan Ctrl+Shift+Delete (seperti biasa agan mau ngeluarin task manager) akan muncul tab baru dimana akan dapat menghapus history dan cache chrome agan 


Quote:
Atau kalau agan males nyarinya, tinggal pake aplikasi buat bersihin cache browser agan2 aja 


3. Check Adware dan Malware
Quote:
Nah ini yang sering bikin ngeri
, adware dan malware adalah tipe program yang sering membuat performa komputer kita jadi buruk dan bisa sampai mengancam ke keamanan data juga lho 
Sebenernya untuk perlindungan dari malware dan adware ini simple gan, jangan download file yang kita ga yakinin asal-usulnya (caelah bahasanya
)
, adware dan malware adalah tipe program yang sering membuat performa komputer kita jadi buruk dan bisa sampai mengancam ke keamanan data juga lho 
Sebenernya untuk perlindungan dari malware dan adware ini simple gan, jangan download file yang kita ga yakinin asal-usulnya (caelah bahasanya
)
4. Gunakan Anti Virus, dan Cek apakah komputer agan terjangkit virus
Quote:
Hal ini menurut ane penting juga kan, pilih aja anti virus yang agan suka, baik itu free atau mau sekalian berbayar aja
biar greget.
biar greget.
5. Lakukan Maintenance pada Hard Drive agan
Quote:
Kebanyakan komputer akan melakukan tugas maintenance ini secara otomatis (komputer yang baru keluar akhir2 ini ya gan bukan komputer jadul kaya yg ane pake di kantor
). Tools yang biasa di gunakan untuk maintenance adalah:
yup, Disk Defragmenter adalah salah satu tools yang dapat digunakan untuk maintenance Hard Drive agan2 yang dapat mengorganisir setiap bit data dalam drive agan, jadinya file dan folder dapat diakses lebih cepat
Selain disk defragmenter, disk cleanup juga berguna lho gan untuk menghapus temporary file yang tidak digunakan.
). Tools yang biasa di gunakan untuk maintenance adalah:
Spoiler for eng ing eng:
Spoiler for mulustrasi:
Metode 2
Spoiler for Physical Cleaning:
1. Siapkan Peralatan
Quote:
Untuk keamanan dan kemudahan membersihkan komputer agan, agan harus memiliki peralatan (yaiyalah
), yang pasti agan butuh alat buat meniup debu dalam laptop atau komputer (untuk komponen yang sensitif)
Selain itu agan butuh obeng kecil, cotton bud (kapas buat korek kuping), alcohol 70%, dan lap halus.
), yang pasti agan butuh alat buat meniup debu dalam laptop atau komputer (untuk komponen yang sensitif)
Spoiler for pakai ini nih gan:

2. Matikan dahulu komputer agan
Quote:
yaiyalah matiin dulu, biar ga rusak komputernya, dan agan juga ga kesetrum 
Agan bisa mencabut kabel power komputer, setelah komputer di shutdown
Agan bisa melepas baterai laptop agan, (demi menghindari lecet pada casing laptop, sebaiknya laptop beralaskan handuk kecil atau kain yang tidak kasar)


Spoiler for Buat PC:
Spoiler for buat Laptop/netbook:

Sumber
Diubah oleh crypt.id 03-07-2015 20:06
0
1.6K
Kutip
6
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
1.3MThread•108.8KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya
