Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
7 Bendera GAM Berkibar, Apa Kata Sutiyoso?
KAMIS, 30 JULI 2015

7 Bendera GAM Berkibar, Apa Kata Sutiyoso?

TEMPO.CO, Jakarta: Kepala Badan Intelijen Negara Letnan Jenderal (Purnawirawan) Sutiyoso mengatakan, lembaganya yakin pemerintah daerah Nangroe Aceh Darussalam mampu membersihkan tujuh bendera bersimbol Gerakan Aceh Merdeka yang sempat berkibar di beberapa titik di kawasan tersebut.

"Pengibaran bendera itu melanggar. Tapi, masalah itu bisa diselesaikan internal pemda sana," kata Sutiyoso di sela-sela acara bedah buku intelijen di Jakarta, Kamis, 30 Juli 2015. Ia merujuk pada langkah aparat Kepolisian dan TNI yang menurunkan tujuh bendera bergambar bulan bintang di Aceh.


Ketujuh bendera itu berkibar di Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, pada Rabu pagi, 29 Juli 2015. "Saya langsung memimpin penurunan bendera, bersama prajurit TNI dan disaksikan tokoh masyarakat. Kondisi sangat kondusif tidak ada gangguan apapun," kata Kepala Kepolisian Eesor Aceh Jaya Ajun Komisaris Besar Riza Yulianto.

Bendera bergambar kombinasi bulan, bintang, dengan garis vertikal hitam putih pada tepi atas dan bawah itu ditemukan terpasang di tiang jaringan telekomunikasi. Bendera tersebut pernah menjadi simbol GAM saat konflik bersenjata dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlangsung sejak 1976.

Hingga kini, pemerintah pusat belum mengizinkan pengibaran bendera berlambang bulan bintang itu. Sebabnya, belum ada kesepakatan perubahan terhadap qanun bendera dan lambang Aceh antara pemerintah Aceh dengan pemerintah pusat.



PUTRI ADITYOWATI | ANTARANEWS.COM

Source:
http://nasional.tempo.co/read/news/2...-kata-sutiyoso

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
2.8K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.