Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ts4l4saAvatar border
TS
ts4l4sa
Suerrr ... yang ngomong Kepala BIN: "Kontrol Media Perlu Dilakukan"
Kepala BIN: Kontrol Media Perlu Dilakukan
‎Kamis, 30 Juli 2015 | 13:37 BIN:

Jakarta- Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso, menegaskan, Indonesia tetap membutuhkan fungsi kontrol media dalam penyebaran arus informasi. Terlebih di era keterbukaan informasi seperti saat ini, masyarakat sudah lebih mudah dalam mengakses informasi.

"Kontrol media perlu dilakukan agar tidak terjadi bias informasi," kata Sutiyoso saat ‎bedah buku Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Intelijen Negara : Mengawal Transformasi Indonesia Menuju Demokrasi yang Terkonsolidasi, Kamis (30/9).

‎Dikatakan, efek nyata di dunia intelijen adalah menjadi besarnya potensi ancaman karena sulitnya mengontrol informasi yang diterima masyarakat.

Disamping itu, ‎intelijen juga akan selalu merespons dunia politik, hukum, sosial budaya masyarakat hingga pertahanan keamanan.

"Petugas intelijen harus siap dengan dinamika ini. Meskipun rezim berganti, tetapi kepentingan nasional juga harus dijaga dengan baik," ujar Sutiyoso.
http://www.beritasatu.com/nasional/2...dilakukan.html


Bang Yos Minta Anggota BIN Melek Teknologi
30 JUL 2015

Suerrr ... yang ngomong Kepala BIN: "Kontrol Media Perlu Dilakukan"
KaBIN Sutiyoso

Menurutnya, dengan kepiawaian yang dimiliki oleh anggota BIN dalam memahami teknologi Informasi, maka penanggulangan gangguan keamanan nasional dapat dicegah dengan profesional. Selain itu, Anggota BIN wajib deteksi dini dan cegah dini segala sesuatu yang mengancam kedaulatan nasional.

"Teknologi Informasi Adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk kawal transformasi indonesia. Harapannya adalah insan intelejen memahami kemauan dan kecakapan dalam pemanfaatan informasi dan teknologi," kata Sutiyoso saat menjadi Keynote Speech bedah buku 'Intelejen Negara: Mengawal Transformasi Indonesia Yang terkonsolidasi' karya di Balai Kartini, Kamis (30/7/2015).

"Tingginya arus informasi berbanding lurus mengontrol yang diterima masyarakat besarnya ancaman yang harus dapat ditanggulangi insan intelejen sebagai fungsi deteksi dini dan cegah dini," tambah Bang Yos, sapaan karibnya.

Bahkan dengan Terbentuknya UU intelejen No 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara sebagai payung hukum untuk mengoptimalkan ruang gerak intelejen negara yang saat ini semakin sempit.

Untuk itu, Bang Yos menilai dengan keterbukaan informasi saat ini perlu adanya kontrol media massa oleh BIN. Tujuannya, agar pemberitaan media massa dapat mencerdaskan masyarakat dan juga dapat dipertanggungjawabkan.

"Informasi pers mengedepankan subjektifitas sehingga mengurangi akurasi. kontrol media perlu dilakukan agar tidak terjadi bias informasi sehingga yang disajikan kepada masyarakat dapat dipertanggung jawabkan," jelas Bang Yos

Karena menurutnya, dengan adanya keterbukaan teknologi informasi oleh media massa sebagian besar pemberitaan mengarah ke arah positif. Dan juga ada juga penyalahgunaan informasi yang membawa dampak negatif kepada masyatakat. "Itu efeknya nyata," tutup Bang Yos
http://nasional.rimanews.com/keamana...elek-Teknologi

Quote:


---------------------------------

Di zaman internet sekarang ini, kayaknya kalau dari media masa mainstream dari dalam negeri sih masih bisa di kontrol. Tapi media yang dari luar negeri tetapi berbahasa Indonesia? Padahal saat ini banyak sekali situs di luar negeri, darii media terkenal dunia khususnya, yang langsung memakai translate bahasa Indonesia, begitu mereka baca bahwa IP adress yang mengakses situsnya diketahui berasal dari Indonesia (.id). Bahkan yang memakai browsing seperti Google-Chrome, itu fasilitas dari "Google -Translate" langsung menawarkan, apakah situs berbahasa asing yang sedang kita akses dari IP adress asal Indonesia, mau diterjemahin ke bahasa Indonesia, bahasa Jawa atau bahasa Bali. Nah lhooo ... pusing kan?emoticon-Big Grin
Diubah oleh ts4l4sa 30-07-2015 12:21
0
5.5K
106
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.