Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tobiasabdimanAvatar border
TS
tobiasabdiman
Jembrana, Bagian Tersembunyi Dari Pulau Dewata
Jembrana, Bagian Tersembunyi Dari Pulau Dewata

Halo teman-teman kaskuser dimanapun kalian berada emoticon-Blue Guy Peace! Hari ini, saya akan meluncurkn thread terbaru saya ( yang keberapa saya lupa emoticon-Ngakak (S)). Dan Hari ini saya ngaskus menggunakan Elementary Os Freya. Ngaskus jadi lebih enteng dan nggak ngelag ! APalagi pas buat thread. Sudah ngetik banyak tiba tiba error emoticon-Ngakak (S). Download sekarang ------> disini (promosi :v)

Jembrana, Bagian Tersembunyi Dari Pulau Dewata

Disini ada yang gak tau Bali ? Kaskuser regional amerika aja tau emoticon-Ngakak (S)masa elo enggak ! Nah kalo kalian tau bali, semoga kalian gak asing dengan yang namanya Pelabuhan Gilimanuk. Biasanya Pelabuhan Gilimanuk ini sering masuk tv pada saat mudik nanti. Karena Pelabuhan Gilimanuk ini adalah gerbang masuk ke Bali dari Ketapang Banyuwangi ( Jawa). Kalau udah tau Pelabuhan Gilimanuk, tahukah agan Jembrana ? Jembrana memang masih asing bagi beberapa orang.Walau belakangan ini mulai sedikit TERKENAL karena Pelabuhan Gilimanuk dan .Jadi, TS bermaksud memperkenalkan Jembrana, Bagian Lain dari Pulau Dewata.




1. Salah satu budaya di Jembrana bernama Mekepung

Jembrana, Bagian Tersembunyi Dari Pulau Dewata

Apa yang agan pikirkan ketika melihat ambar diatas ? MUngkin beberapa orang akan menjawat Karapan Sapi. Loh, karapan sapi kan di Madura ? Nah yang satu ini bukan Karapan Sapi,tapi namanya makepung. Makepung sendiri dalam Bahasa Bali Berarti balapan. Jadi kalau di Madura itu pakai Sapi dan Bajak, di Jembrana,Bali menggunakan Kerbau dan Cikar. Kenapa kerbau ? Karena sapi bagi umat Hindu merupakan binatang suci. Di Bali kan mayoritas umat hindu.


2. Musik Tradisional Dari Jembrana, Jegog


Bagi yang pengen tau, gimana sih suara dari jegog, silahkan didengarkan di video di atas. Alat musik jegog sendiri termasuk dalam jenis gamelan. Alat musik ini terbuat dari bambu dan jegog ini adalah gamelan yang aling besar. TS kemarin menonton pertunjukan Joged Bumbung yang diiringi oleh jegog di Pesta Kesenian Bali. Keren deh !


3.Pantai Candikusuma

Jembrana, Bagian Tersembunyi Dari Pulau Dewata

Pantai Candikusuma terLetak kurang lebih 12 Km ke arah barat dari kota Negara, dan merupakan salah satu pantai wisata di Kabupaten Jembrana yang cukup baik untuk mandi dan berenang.

Di Candi kusuma juga ada peninggalan sejarah yakni sebuah tugu yang membentuk segi tiga yang konon di tempat tugu itu pernah keluar keris yang memancarkan sinar. Obyek wisata ini juga dipakai sebagai tempat finish lomba Jukung layar yang biasanya diadakan setiap bulan Agustus dikaitkan dengan peringatan HUT RI dan HUT kota Negara.

4.Kota Negara, Kota yang bernama Negara

Jembrana, Bagian Tersembunyi Dari Pulau Dewata

Kota Negara adalah salah satu kota favorit gue. Kota ini cukup bersih dan rapi. Kota ini juka tidak terlalu besar. Walaupun begitu, kota ini memiliki isi yang cukup lengkap. Toko Roti,Supermarket,ArenaBermain,k*c,dan masih banyak lagi ada disini.

5. Bendungan Palasari, Bendungan Terbesar di Bali

Jembrana, Bagian Tersembunyi Dari Pulau Dewata

Obyek wisata Bendungan Palasari berlokasi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, 26 Km ke arah barat dari kota Negara. Bendungan ini berfungsi sebagai pengendali bencana banjir, irigasi, perikanan dan tempat rekreasi. Bendungan ini dilatar belakangi oleh hutan lindung yang cukup bagus serta mempunyai hawa sejuk. Sehingga cocok untuk wisata . Bendungan ini sudah dilengkapi dengan sampan yang berekreasi mengelilingi bendungan tersebut.


Museum Manusia Purba

Jembrana, Bagian Tersembunyi Dari Pulau Dewata

Sejak tahun 1963 di Gilimanuk diadakan penelitian oleh para ahli di Indonesia antara lain : Prof DR R Soejono dan Prof DR T Jacub. Hasil penelitian tersebut ditemukan ratusan rangka manusia yang diperkirakan hidup pada akhir masa Prasejarah dengan ciri ciri Ras Mongolid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka salah satu tindakan untuk menyelamatkan.

Untuk menyelamatkan dan memanfaatkan temuan akeologi tersebut Pemerintah Kabupaten Jembrana membangun sebuah Gedung Museum Manusia Purba Situs Gilimanuk dan selesai Pembangunannya 1993.

Barang barang koleksi yang dipajang di Moesium Gilimanuk adalah hasil galian antara lain : Kerangka Manusia, Manik manik, Gelang dari kayu dan kerang, periuk kecil, tempayan, kendi, mangkuk dari tanah, mata kail, tajak, sarkopagus dll.


Nah begitulah seilas yang dapat TS tulis.Untuk info lebih lanjut mengenai objek wisata yang ada di Jembrana, Klik Disini. Sekian dulu Thread saya, terima kasih sudah membaca dan kapan-kapan jalan-jalan ke Jembrana ya ! emoticon-Malu (S)

Bagi CendolnyaGan emoticon-Toast

Bila bermanfaat silahkan di rekomendasikan HT disini



Diubah oleh tobiasabdiman 19-12-2017 06:49
0
3.5K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.