Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alfazrieidAvatar border
TS
alfazrieid
Android vs iPhone, Ini Fakta menarik dari duel OS tersebut!
Maaf gan kalo masih banyak kekurangan soalnya thread pertama emoticon-Ngakak

Kali ini gua mau bahas ios dan android! 2 os yang paling populer!

os ini masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya

1. Dari sisi "Open source dan Close source"

Perbedaan yang begitu terlihat dari kedua OS ini adalah “Pengembangnya”. OS Android memiliki sifat yang Open Source yang artinya pengguna bisa mengubah-ubah perangkat sesuai dengan keinginan dan selera. Sedang iOS memiliki sifat yang berbalik dari Android yaitu Closed Source yang berarti kita sebagai pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS tidak bisa mengubah-ubah perangkat sesuai dengan keinginan kita, namun disini pihak Apple sebagai pengembang mampu menyediakan aplikasi-aplikasi untuk melengkapi kebutuhan kita.

Keterbukaan Android malah bisa menjadi musibah buat kita, karena terlalu terbukanya hingga banyak tangan-tangan jahin yang berkeliaran untuk Android. Sedang disini iOS lebih terasa aman karena tertutup dan pihak Apple sangat bertanggung jawat terhadap ketangguhan perangkatnya. Selain itu perbedaan lain yang menyolok namun tidak begitu terasa adalah tombol yang dimiliki oleh iOS dan Android, iOS hanya memiliki tombol Home saja, sedang Android memiliki beberapa tombol diantaranya Home, Menu dan juga Back. Perbedaan ini terasa saat anda beralih perangkat dari Android menggunakan iOS atau juga sebaliknya.

2. Dari sisi "Gaming"

Kalo yang ini gua pikir yang bisa nilai cuma para gamers aja.
dari sisi KUANTITAS DAN KUALITAS GAME App Store dan Google Play adalah dua raksasa yang berkembang dengan sangat cepat dan sehat. Tapi untuk sekarang App Store masih memimpin untuk masalah ketersediaan game baik dalam kuantitas dan juga kualitas. Saat peluncuran iPhone 5 kemarin, Apple mengatakan bahwa mereka mempunyai sebanyak 175.000 game dan entertainment di App Store mereka, ini adalah angka yang sangat luar biasa!
kalo dari KOMPABILITAS Yang sangat berbeda antara Android dan iPhone adalah jumlah variasi handsetnya. Handphone dan tablet Android bisa mencapai ratusan jenis dari berbagai merek sedangkan gadget dari Apple hanya mencapai 5-6 saja. Ini menciptakan masalah baru bagi Android yaitu kompabilitas. Sebuah developer game harus mencoba game mereka disemua device Android yang ada untuk memastikan gamenya berjalan dengan lancar, masalahnya adalah itu tidak mungkin dilakukan. Sehingga para developer hanya menggunakan device-device yang paling populer saja.
Dibeberapa kesempatan saya juga mengalami hal ini terutama untuk tablet yang supportnya masih lebih minim dibanding Android untuk Smartphone. Apple dengan jumlah gadget yang lebih sedikit otomatis tidak mengalami kesulitan seperti ini sehingga kamu bisa yakin bahwa game yang kamu download pasti berjalan lebih lancar dan tidak mengalami masalah kompabilitas.

3. Dari sisi "Fisik"

Menurut saya jika dinilai dari fisik tergantung selera masing masing karna nampak jelas kalau android memiliki layar lebih luas dan iPhone lebih kecil beberapa inch, dan dari keseluruhan iPhone memiliki desain yang monoton alias itu itu aja, mungkin iphone 6 menjadi titik balik iphone karna sudah ikut meramaikan ponsel layar jumbo namun hal ini bertolak belakang dengan pendiri iphone, steve jobs dia mengatakan "ponsel layar besar tidak akan laku dipasaran" namun hal itu malah terjadi sebaliknya.
balik lagi ke android, android lebih banyak variasi karna dari segi fisik atau desain diserahkan sepenuhnya pada vendor.
4. Dari sisi "Software"

kita ketahui kalau iphone hanya memiliki satu vendor, nah itulah mengapa saya anggap iphone unggul dari sisi software karna pasti mendapat update terbaru iOS kecuali jika spesifikasi hardware tak mempuni.
dan android walau memiliki nexus dan android one yang juga mendapat update android khusus namun rasanya berbeda karna terkesan tidak adil karena hanya edisi nexus dan android one saja yang dapat update! mungkin karena hal ini tergantung vendor smartphone kita

Dari semua itu software mempengaruhi 60% lebih performa smartphone, jika anda tidak percaya dapat anda lihat kamera iphone yang hanya beberapa mp namun hasilnya sangat mengesankan dan dari segi ram yang hanya 1gb mampu menghasilkan performa yang setara android dengan ram 3gb namun android tidak pula bisa diremehkan begitu saja! banyak inovasi android yang di "jiplak" iOS dan kelebihan fitur lainnya

5. Harga

Tidak usah saya jelaskan karna jelas android lebih unggul apalagi dengan adanya android one dengan harga 1jutaan bisa mendapat update android

Menurut kabar yang baru saya dengar bahwa android sukses mendominasi pasar di Kuartal ke 2 di 2015

Sekian info dari saya kurang lebihnya mohon maaf, TERIMA KASIH
0
3.7K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.