Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Hakim Sarpin: Memangnya Enak Jadi Tersangka?
SELASA, 28 JULI 2015

Hakim Sarpin: Memangnya Enak Jadi Tersangka?

TEMPO.CO, Jakarta: Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Sarpin Rizaldi heran atas sikap pimpinan Komisi Yudisial yang mempersoalkan penetapan mereka sebagai tersangka. Padahal, menurut Sarpin, KY sebelumnya ribut karena putusannya yang menyatakan penetapan tersangka merupakan objek praperadilan.


"KY dulu ribut ketika saya memutus itu. Sekarang mereka jadi tersangka kemudian ribut lagi, bahkan minta bantuan presiden. Memangnya enak jadi tersangka?" kata Sarpin saat dijumpai Tempo di kantornya, Senin, 27 Juli 2015.


Sarpin adalah hakim tunggal dalam sidang praperadilan Budi Gunawan melawan Komisi Pemberantasan Korupsi. Dalam putusannya, Sarpin memenangkan Budi Gunawan dan menyatakan penetapan polisi itu sebagai tersangka korupsi tak sah. Dia saat itu menyebut penetapan tersangka merupakan ranah praperadilan walaupun dalam aturan tertulis tak tercantum.


Putusan Sarpin dikecam banyak pihak. Dua komisioner menilai putusan praperadilan Sarpin atas permohonan Budi Gunawan merusak tatanan hukum lantaran menjadikan penetapan tersangka sebagai obyek praperadilan. Merasa tersinggung, Sarpin pun melaporkan keduanya ke polisi.


Sarpin meyakini putusannya dalam sidang praperadilan Budi Gunawan sudah sesuai aturan. Tidak ada kerugian masyarakat atas putusannya itu. "Justru diuntungkan karena diberikan hak untuk mengajukan praperadilan kalau sewenang-wenang dijadikan tersangka," kata dia.


Sarpin bahkan mempersilakan komisioner KY mendaftarkan gugatan praperadilan bila tak berkenan dijadikan tersangka. "Silakan saja, tapi tentu bukan saya yang akan memimpin sidang."



FRANSISCO ROSARIANS | MOYANG KASIH

Source:
http://nasional.tempo.co/read/news/2...jadi-tersangka

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
2.4K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.