Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tanzzzzAvatar border
TS
tanzzzz
Malas Minum Air Putih? Waspada 10 Bahaya Ini!
Air putih, minuman yang satu ini mungkin terlihat sangat sepele. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata air putih memiliki peranan penting dalam tubuh, karena sebanyak 80 persen tubuh kita terdiri dari air.

Selain itu sudah banyak fakta membuktikan kalau manusia bisa bertahan tanpa makanan dalam waktu satu bulan, tapi mereka nggak bakal sanggup hidup sebulan tanpa air. Oleh karena itu air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Nah, kalo kamu termasuk golongan yang nggak doyan minum air putih, sepertinya kamu wajib tahu fakta tentang 10 bahaya dari malas minum air putih berikut ini.

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi biasanya rentan dialami oleh orang tua, tetapi tidak menutup kemungkinan menyerang anak muda yang memiliki aktivitas dan pekerjaan yang padat.

Kamu bisa mengetahui apakah tubuh mengalami dehidrasi dengan melihat gejala-gejala berikut ini: hilangnya nafsu makan, kulit mengalami kekeringan, sakit kepala, dan kecemasan meningkat.

2. Cepat lelah

Kurang minum air putih menyebabkan kamu mudah merasa lelah, pada beberapa orang bahkan mengalami sakit kepala dan mudah mengantuk. JIka tubuh kurang air maka aktivitas enzim juga melambat dan tanpa air, enzim juga tidak dapat menghasilkan energi dengan baik.

3. Mulut, bibir, dan kulit menjadi kering

Minum air putih tuh penting banget kalau buat cewek. Kenapa? Karena kurang minum air putih bisa menyebabkan kulit kamu jadi kering. Hal ini karena fungsi enzim tidak berkerja dengan baik sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar akibat lapisan kulit luar memburuk.

Air putih juga memiliki fungsi sebagai pelumas selaput lendir pada mulut dan tenggorokan. Sehingga mulut tetap basah dengan air liur setelah tegukan air pertama yang kita minum. Hal ini tidak sama dengan kalau kamu minum minuman manis, es, atau minuman bersoda. Minuman-minuman ini hanya akan memberikan sensasi basah sementara tetapi bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

4. Ginjal bermasalah

Kebanyakan orang akan meminum hanya dalam keadaan haus saja. Akan tetapi sesungguhnya meskipun dalam keadaan tidak haus kita harus tetap minum agar kerja ginjal kita tidak terganggu.

Ginjal sendiri memiliki peran untuk menyaring racun dalam darah dari hasil metabolisme. Sehingga membuat darah tetap bersih dan dapat disalurkan ke seluruh tubuh.

Jika tubuh kekurangan air maka ginjal akan bekerja lebih keras sehingga dapat menyebabkan kotoran menumpuk di ginjal dan tidak bisa dikeluarkan oleh sistem kemih dengan baik. Salah satu ciri ginjal tidak bekerja dengan baik adalah urin yang berwarna keruh.

5. Terserang infeksi kandung kemih

Kurang minum air putih juga bisa membuat kamu terkena infeksi kandung kemih. Beberapa gejala yang menjukkan seseorang terkena infeksi kandung kemih antara lain meningkatnya suhu tubuh, tidak bisa menahan buang air kecil, nyeri saat buang air kecil.

Kondisi infeksi kandung kemih yang lebih parah bahkan bisa mengelurkan darah saat buang air kecil. Dengan banyak minum air putih maka bakteri dalam tubuh akan mudah keluar melalui urin sehingga infeksi pun berkurang.

6. Merusak lapisan perut

Kurang minum air putih dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit, dan mulas. Masalah ini sering terjadi pada banyak orang. Sembelit dan mulas dapat menyebabkan lapisan perut menipis sehinga dapat menyebabkan kerusakan yang parah.

Dengan minum banyak air putih dapat mencukupi asupan air dalam saluran pencernaan. Asupan air yang cukup dalam saluran pencernaan dapat menjaga ketebalan dinding perut dan juga kandungan bikarbonat membantu melindungi perut dari asam lambung.

7. Berkurangnya massa otot

Sebagian besar otot dalam tubuh kita terdiri dari air, semakin sedikit air yang ada dalam tubuh maka massa otot juga akan semakin berkurang. Sebelum dan sesudah olahraga minumlah banyak-banyak air putih.

Minum air sebelum dan sesudah olahraga selain membantu mengurangi dehidrasi pada otot juga selama olahraga air akan dibawa ke bagian tubuh yang tepat. Selain itu air putih juga bisa membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada otot.

8. Terserang radang sendi

Tulang rawan tubuh memiliki kandungan air sebanyak 80%. Kandungan air yang cukup dalam tubuh membuat kondisi tulang rawan tetap halus dan sendi terluminasi dengan baik sehingga dapat menyebabkan tubuh bergerak lebih luwes dan mengurangi nyeri karena arthritis (radang sendi).

Ketika kamu kurang asupan air putih maka pelusan sendi bisa berkurang dan membuat gesekan besar. Hal ini menyebabkan performa sendi menurun drastis dan akan menyebabkan arthritis (radang sendi).

9. Mengganggu kerja otak

Malas minum air putih menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi ini sendiri menyebabkan gangguan fungsi otak. Otak akan kehilangan konsentrasi, malah bisa membuat kamu gampang lupa. Ini dikarenakan kurangnya oksigen yang mengalir ke otak sehingga sel-sel otak menjadi tidak berkembang.

10. Berat badan bertambah

Percaya atau nggak, kalau kamu malas minum air putih, berat badan kamu bisa bertambah. Apalagi kalau kamu makan makanan berat dalam jumlah yang banyak dan tidak diimbangi dengan olahraga. Asupan air yang kurang dalam tubuh menyebabkan metabolisme nggak lancar sehingga bisa menumpuk lemak dalam tubuh.

Nah, kalau kamu sudah tau 10 bahaya kurang minum air putih di atas. Mulai sekarang jangan lupa sempatkan minum air putih minimal 8 gelas 1 hari. Kalau pekerjaan kamu padat lebih baik membawa botol minum sendiri agar asupan air dalam tubuh kamu terpenuhi dengan sempurna.

SUMBER
nona212
nona212 memberi reputasi
1
3.7K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.