Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hannepinAvatar border
TS
hannepin
Peta Dunia Rahasia Made In SOVIET, era Perang Dingin
PETA DUNIA SOVIET


Peta Dunia Rahasia Made In SOVIET, era Perang Dingin
Peta fasilitas angkatan laut San Diego. Kiri peta produksi Soviet. Kanan keluaran US.


Setelah runtuhnya uni soviet banyak sekali barang berharga milik pemerintahan dan AB Soviet yg diam-diam dijual atau dilarikan ke luar negeri karena nilainya yg tinggi bagi pihak yg berkepentingan. Salah satunya adalah peta dunia keluaran Soviet yg ternyata memiliki detail yg jauh lebih detail daripada peta-peta pada umumnya. Secara keseluruhan Soviet telah memetakan hampir seluruh wilayah di dunia dengan detail yg terperinci daripada yg sudah dibuat sebelumnya oleh pemerintah wilayah tsb. Ini meliputi daratan China, Mongolia, Afghanistan dan negara-negara timur tengah, hampir seluruh afrika sd Kuba dan sebagian besar amerika latin.

Lebih jauh lagi, Soviet memetakan seluruh wilayah Uni Soviet dan sekutu nya, beserta bbrapa negara terdekat dengan detail yg jauh lebih tinggi, dari kota besar sampai dengan wilayah terjauh seperti Siberia. Hal yg sama juga dilakukan untuk wilayah Kanada, Amerika, Eropa dan Inggris dengan detail yg lebih baik dan akurat daripada peta yg dimiliki oleh negara-negara tersebut.

Peta Soviet untuk Kanada, Amerika Eropa dan Inggris sampai memberikan informasi jauh lebih banyak daripada sekedar akurasi yg lebih baik. tapi juga meliputi informasi mengenai lebar jalan sd konstruksi jembatan, apakah terbuat dari baja , batu, digantung, dibaut ataukah dengan material atau teknik lain-nya beserta dengan estimasi berat sekian puluh ton apakah aman untuk dilalui. hal tersebut berguna apabila ada serangan/ invasi tank, dsb-nya. peta juga karena skala yg dibuat, mampu menampilkan bangunan demi bangunan beserta keterangan toko/ patung sebagai landmark juga ketinggian gedung dan elevasi dari tanah dan vegetasi.

Peta Dunia Rahasia Made In SOVIET, era Perang Dingin
Peta Soviet untuk Pentagon. Perhatikan lengkap dengan estimasi lebar sungai, beserta dengan informasi arus sungai, ketinggian air, kedalalam lumpur, sd estimasi apakah bisa dilalui dengan sarana tertentu.


Karena lengkapnya informasi yg didapatkan, pada era 1990 sd 2000 sebelum era internet dan google map berkembang, peta ini sangat laris diburu oleh berbagai instansi publik dari negara2 di seluruh dunia yg sibuk membangun infrastruktur seperti pipa minyak, gas, listrik, atau jalan raya. karena di peta soviet tersebut terdapat informasi mengenai ketinggian tanah, sungai, dsb dengan akurasi yg tinggi untuk wilayah yang bahkan bagi negara tersebut jauh, sulit diakses entah karena kondisi geologis, atau iklim yg extreme atau terisolasi dari perkembangan dunia sehingga survey peta domestik tidak akurat atau pada skala yg terlalu besar sehingga tidak berguna untuk konstruksi praktis.

Peta ini pada masanya sangat dirahasiakan, bahkan perwira yg meminjam diwajibkan mengembalikan bahkan dalam kondisi rusak apabila terbakar dsb. apabila hilang tanpa sisa maka dinas inteligen akan bergerak untuk pengecekan perwira yang dimaksud. Berkebalikan dengan peta yg sangat akurat ini, peta yg dirilis untuk publik Soviet sendiri umumnya sangat buruk dengan detail yg kurang dan ditujukan untuk menipu secara acak. Ini dilakukan secara ahli dan sistematis, misalnya pada suatu peta sungai dan daerah kota masih ada tapi jalur, lebar serta arah dan tujuan, serta belokannya berbeda, juga jarak umum, beserta koordinat pasti-nya sudah dirubah sehingga secara keseluruhan peta terdistorsi dan hanya bisa digunakan untuk penduduk lokal kota. dan tidak berguna untuk tujuan lainnya.

Pembuatan peta ini sendiri disinyalir dibuat dengan dukungan ribuan demi ribuan pembuat map juga biro inteligen beserta kedubes dan perusahaan rekanan. yang bisa saja tiba-tiba diinstruksikan untuk piknik ke suatu daerah tertentu, sekedar untuk mendapatkan informasi tentang lebar dan material dari jembatan yg dituju.

Perbedaan utama dari Peta Sekutu atau Amerika pada umumnya, tidak terlalu merasa tertarik untuk memetakan secara rinci karena taktik yg mereka lakukan umumnya mengandalkan serangan udara atau carpet bombing. sehingga skala yg agak besar pun dirasa cukup. Sedangkan Soviet berkepentingan melakukannnya karena kemampuan untuk melakukan penyerangan melalui darat / invasi dengan tank atau armoured column secara besar-besaran sehingga dibutuhkan peta yg terperinci untuk memudahan perencanaan dan kemudahan operasi.

Menariknya, peta terbaik yg mereka miliki dengan skala 1:10,000 untuk kawasan Amerika adalah untuk wilayah seperti Niagara Falls, Pontiac, Galveston, dst. adalah wilayah tanpa kepentingan militer di dalamnya. hal ini sempat membuat kebingungan, kenapa Uni Soviet tertarik dengan wilayah-wilayah tersebut yg merupakan sentra ekonomi dan industri dari Amerika? Tiada nilai strategis secara militer pada wilayah tersebut. Terlebih lagi dalam peta tersebut informasi yg diberikan lebih informatif dari segi sipil dan bukan militer, seperti kawasan pabrik dan pergundangan, lokasi kantor polisi, stasiun bus, dll. Jauh dari kemungkinan peta invasi ataupun pengeboman udara, pada akhirnya peta tersebut disinyalir adalah peta pembelajaran para ahli Soviet yang sibuk mencari kunci dari keberhasilan pembangunan ekonomi dan industri dari wilayah tersebut.

Peta dengan skala terbaik yg pernah dibuat oleh Soviet ditujukan bukan untuk aspek militer tapi untuk mempelajari bagaimana USA bisa berkembang dan berhasil dari segi ekonom, bisnis dan industri. Keingintahuan para ahli dan perencana Soviet terlihat jelas dari sedemikian rinci peta yg dibuat lengkap dari segi sipil sehingga seorang pemilik peta bisa mempelajari dengan seksama bagaimana sistem transportasi, pabrik, perumahan, niaga lokal, perkantoran dan pemerintahan serta keamanan saling menunjang secara sosial dan ekonomi untuk kemajuan bersama suatu daerah. Suatu peta bukan untuk mencari tahu jalan, bukan untuk penyerbuan, tapi peta untuk pemerintahan domestik.

Tentu peta Soviet tidak lepas dari masalah dan kesalahan. Beberapa peta seringkali menulis rute pelayaran ferry yg sudah dari jauh-jauh hari ditutup atau ditiadakan. demikian juga dengan jalur rel kereta yg sudah ditutup namun seringkali masih terlihat sebagai jalur yg masih operasional.

Puluhan tahun berlalu tapi topik peta Soviet ini masih tabu untuk dibicarakan di Russia. Usaha para penggemar dan kolektor peta untuk mengetahui bagaimana hal yg demikian fantastis ini bisa dilakukan oleh para ahli peta Soviet pada jaman dahulu seakan menemui jalan buntu. Jarang ada yg mau membuka mulut. Malah belum lama ada warga negara Russia yg ditangkap dan ditahan karena menjual peta sejenis dengan tuduhan pembocoran rahasia negara.

Pertanyaan ane, apakah peta wilayah nusantara juga termasuk di dalamnya? Kalau iya, tentunya semua negara yg berkepentingan dengan kita sudah tau isi perut wilayah NKRI lengkap dengan lebar jalan, mutu jembatan dan tinggi kabel listrik yg melintas di jalanan. apalagi banyak sekali infrastruktur kita yg masih warisan era lama, bahkan di daerah saya masih banyak jembatan dan pintu air yg masih buatan belanda. Juga tentunya dinas terkait sudah memiliki, saya yakin maha hero sekelas LBM pasti sudah mengendus peta semacam ini. Jadi kenapa masih ada berita macam leyo takut ambles melintas di jalan atau jembatan? apakah memang faktanya demikian? saya kira ini pembelajaran bersama kalau jaman sudah berubah banyak, bahkan di jaman dahulu saja terbukti pertahanan tidak bisa mengandalkan "ketidaktahuan" lawan mengenai wilayah dalam negeri beserta topografinya. emoticon-Big Grin

Cukilan dari Link asli : http://www.wired.com/2015/07/secret-cold-war-maps/
0
20.6K
60
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.3KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.