Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tahukah agan semua koper bagasi yang masuk ke pesawat dapat dibuka?

nonnaiAvatar border
TS
nonnai
Tahukah agan semua koper bagasi yang masuk ke pesawat dapat dibuka?


Ane selama ini klo beli koper pasti milih yang luarnya ringan, murah (klo bisa) dan tidak pakai resleting.
Alesannya cuma satu: supaya koper ane kaga dibuka2 ama mang2 /oknum2 nakal yang mencoba membuka bagasi.
Karena sudah sering ane denger tas koper si A si B si C kebuka dan mayoritas koper mereka memiliki resleting.
Namun tahun lalu pas ane pergi ke Taiwan , setelah check in, temen ane yang dah lama tinggal di Taiwan bilang, "Ok, tas kamu ini akan di x-ray nanti klo ada barang2 yang terlihat berbahaya/mencurigakan maka tas kamu akan ditaruh dimeja sana untuk dibuka dan barang mencurigakan tersebut dilihat."

Jadi intinya meski sudah dibagasi belum tentu semua barang dapat dimasukan seperti: hair spray, petasan, korek api bahkan baterai dan power bank pun seharusnya tidak bisa (entahlah kenapa). Dan ane pun berjalan ke meja yang ditunjuk temen ane dan ada beberapa koper sedang antri untuk dibuka si pemilik, namun ane lihat koper ane lewat (padahal ane bawa power bank banyak lho).
Trus ane tanya ama temen ane, "Klo tu pemilik kaga tau prosedur pengecekan begini dan tas nya mangkir di meja apa ga kelupaan tuh koper dan ketinggalan pesawat?"
Trus temen ane bilang, "Klo pemiliknya ga buka2 maka officernya yang buka dan ngeluarin itu barang. Semua koper tas dapat dibuka."
Ane kaget dong, "Ah ga mungkin, koper ane kunci gembok mana la mungkin bisa dan hard case bukan resleting."

Ternyata gan, semua koper memang bisa dibuka. Kalaupun tidak bisa dibuka maka TSA (Transportation Security Administration) disetiap bandara mempunyai wewenang untuk membuka tas kita demi alasan keselamatan penumpang seluruh pesawat. Ga cuma bandara besar tapi semua bandara pasti ada orang yang memang bertugas untuk itu. Namun sayangnya keahlian dan ilmu ini dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk mencari rejeki cara cepat dan tidak baik. Klo yang di Taiwan masih sopan ya, bagasinya disuruh buka sendiri, sedangkan dibandara2 lain tuh bagasi langsung ngacir deh ke tempat officer yang memang tugasnya memeriksa dan membuka koper. Namun meski berwewenang, TSA akan berusaha untuk tidak merusak kunci maupun koper agan2. Dan jika memang koper dibuka ama mereka seharusnya mereka menempelkan tulisan atau stiker bertuliskan 'Notice of Baggage Inspetion'.
Informasi dapat dilihat di website mereka:

http://blog.tsa.gov/2014/02/tsa-trav...ecognized.html

2 tahun lalu koper bibi ane juga dibuka, kopernya resleting sih, dan yang ilang adalah kue...tapi kue nya kue babi...mungkin officernya suka jadi diambil semua emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Ngakak (S)

Jadi bagaimana cara mereka membuka koper2 ya? Di socmed sempat beredar video bagaimana cara membuka gembok dan tas. Klo ada agan2 yang lebih tahu dan paham cara TSA ini bekerja boleh share dimari ya.

1. Resleting + Gembok


Ini katanya sih jenis koper yang paling gampang dibuka. Cukup memberikan tekanan disalah satu bagian resleting dengan menggunakan bolpen atau benda sejenisnya. Cara membukannya sudah banyak orang tahu, mulustrasi:
[flash]
[/flash]

2. Gembok TSA



Nah klo yg ini masih lebih susah daripada resleting. Untuk gembok dari TSA biasanya ada lambang merah kecil2 tu, ada tulisan TSA dan ada tempat bolongan buat master key TSA. Ada berbagai versi kombinasi, nomor kombinasi tertera di gemboknya, contoh: TSA002, TSA007.
Jadi tiap bandara mereka ada kunci masternya untuk kombinasi TSA safe skies apa saja. Cara membukanya ada orang yang pasang di youtub, duh jangan ditiru ya emoticon-Kiss (S)
[flash]
[/flash]

3. Gembok lain selain TSA safe skies
Jika ada gembok2 lain yang bukan TSA approved maka selalu ada cara untuk officer membukanya, they will find the way. Entah pakai lockpick atau paper clip. Jika masih tiak bisa menggunakan alat bantu maka dengan berat hati gembok agan akan dipatahkan. Namun sempat ada kasus juga dimana gembok rusak/patah bukan karena dibuka officer tetapi terkena conveyor belt bagasi, hmmmm bener kah bener?


Konklusi
Jadi mau secanggih apa pun gembok dan koper agan, TSA akan tetap punya kekuasaan untuk membuka koper agan jika terlihat ada benda yang mencurigakan dan membahayakan. Klo ane sih, koper mah cuma buat isi baju doang, ane ga pake gembok. Ane pake cable tie. Murah meriah, klo rusak jg g masalah emoticon-Ngakak (S)


Klo mode transportasinya kapal gimana gan? Boleh dbuka ga?


Credit:
Semua gambar dan video d comot dari inet melalui fasilitas google image
emoticon-Kiss (S) emoticon-Kiss (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Utamakan:
Komentar dan Es Cendol
emoticon-Cendol (S) emoticon-Blue Guy Peace

Verbodden:
emoticon-Bata (S)
Diubah oleh nonnai 28-07-2015 03:44
0
21.5K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.