Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mr.kiddoAvatar border
TS
mr.kiddo
Energi Laut : Penyelamat masa depan kita (Marine Energy : Our Future Salvation)
Marine Renewables (Energi maritime terbarukan)


Selamat datang lagi di threat ane gan. Seperti yang kita tahu, kadar CO2 atau gas rumah kaca di dunia ini sudah mencapai kadar yang mengakawatirkan. Karena itu sudah saatnya kita perpindah dari pembangkit listrik tenaga diesel (Fossil Fuel) ke energy terbarukan (renewables energy). Salah satu yang calon energy terkuat adalah energy laut atau marine energy.

Penyebab ini menjadi salah satu energy yang paling menjanjikan adalah karena densitas energy yang sangat tinggi (energy density), lebih tinggi dibandingkan dengan angin dan matahari. Hal ini disebabkan terutama karena energy ini tidak terpengaruh musim dan aka nada terus sepanjang tahun.

Ada dua macam marine energy yang saat ini sedang dikembangkan di dunia dengan Inggris sebagai negara terdepan dalam penelitian ini.

Energi Ombak (Wave Energy)

Yang pertama adalah energy laut pertama yang dikembangkan, yaitu energy ombak. Ombak terbentuk karena adanya angina yang berhembus di permukaan laut. Bisa dibilang ombak adalah tenaga angin yang tersimpan di permukaan air. Banyak tenaga yang dimiliki oleh ombak itu akan tergantung dari kecepatan angin, durasi angin, dan jarak dari angin itu ke dasar laut. Beberapa contoh pembangkit listrik tenaga ombak dengan sedikit penjelasan dapat dilihat sebagai berikut :

Spoiler for 1. Attenuator:

Spoiler for 2. Oscillating Water Column:

Spoiler for 3. Point Absorber:

Spoiler for 4. Wave OverTopping:

Sebenarnya masih banyak lagi gan alat alat yang bisa digunakan untuk pembangkit listrik tenaga ombak, tapi ini yang sejauh ini banyak digunakan atau dikembangkan di dunia.

Energi Arus Laut (Tidal Energy)

Berikutnya adalah tenaga yang terkandung di bawah ombak, yaitu arus laut. Cara kerjanya mirip seperti pembangkit listrik tenaga angin, gan di mana turbin yang digunakan juga sapa seperti PLTB (Bayu). Arus laut sendiri terbentuk karena ada perubahaan gaya Tarik bumi antara bulan dan matahari terhadap bumi. Arus laut tidak akan pernah berhenti, kalua sampai berhenti mungkin kita harus mulai berdoa gan, karena artinya kiamat sudah dekat, hahaha.
Arus laut terbesar akan berada di selat, sesuai dengan prinsip kontinuitas sehingga ini cocok sekali untuk dikembangkan di Indonesia yang memiliki banyak selat. Sayangnya teknologi ini belum banyak digunakan karena besarnya biaya yang diperlukan dan juga turbin yang berputar dapat terpengaruh atau mempengaruhi kehidupan maritime kita.

Berikut beberapa contoh dari Tidal turbine :
Spoiler for 1. Horizontal Axis Turbine:

Spoiler for 2. Vertical Axis Turbine:

Spoiler for 3. Enclosed Tips:


Kira kira ini yang banyak digunakan di dunia saat ini.

Bagaimana Gan, apa kira-kira alat ini bisa menjadi solusi dari permasalahan listrik di indonesia? dan bahkan dunia? Ane tunggu komen dari agan agan sekalian emoticon-I Love Indonesia (S)

Dapatkah mereka menjadi penyelamat masa depan??

Can they really be!! our future salvation ??

Sumber : http://www.emec.org.uk
Diubah oleh mr.kiddo 24-07-2015 11:34
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
4.1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.