Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Joko.WiAvatar border
TS
Joko.Wi
[With Pic][Lumpur Sawangan] Bergidik Warga Harap Lumpur Tak Seperti Sidoarjo


Jakarta - Kasus semburan lumpur di Sidoarjo memang memprihatinkan karena sangat masif dan merusak. Di beberapa tempat kerap terjadi hal serupa saat sedang mengebor tanah, walau efeknya tidak seperti di Sidoarjo.

Salah satunya muncul di Sawangan, Depok, saat Sapril mengebor tanah untuk membuat sumur di pekarangan rumahnya. Kekhawatiran berlebihan menyeruak dari warga yang teringat tragedi lumpur di sidoarjo.

Salah satunya Diman, ia khawatir apabila lumpur yang kini sudah tidak menyembur lagi itu menimbulkan dampak seperti lumpur di Sidoarjo. Ia tak bisa membayangkan apabila itu terjadi.

"Kalau kejadiannya kayak itu, nanti ngerendem rumah-rumah disini, saya tinggal di mana terusan?" ujarnya di Jl.Raya Swadaya no.8, Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/7/2015).

"Kalau di sana (lumpur Sidoarjo-red), seenggaknya ada yang bertanggung jawab. Di sini siapa? Pabrik nggak ada," lanjutnya.

Senada dengan Diman, Samsul, tetangga yang berdekatan rumah dengan Sapril mengatakan bahwa pihak berwenang, seperti Dinas Pertahanan Kota Depok diharapkan dapat mengatasi kejadian ini. Agar tidak berdampak lebih hebat lagi.

"Pas pertama kali nyembur, kemarin siang jam 14.00 WIB, waduh lumpur, ada gasnya. Pikiran saya, bahkan mungkin warga sekitar ya, kayak lumpur Lapindo nih. Soalnya bau dan bunyi nggaknya kedengaran. Sekarangkan sudah nggak dan baunya udah nggak terlalu tercium lagi," jelas Samsul.

"Kalau bisa pemerintah Kota Depok turun tangan deh. Biar cepat ketahuan dan kelar. Kayak Dinas Pertanahan atau tadi ada dari lingkungan hidup," sambungnya.

Maka dari itu, Samsul berharap agar hujan segera turun. Dengan turunnya hujan diharapkan mampu mengatasi masalah semburan lumpur dan gas di daerahnya.

"Harapan saya sih, turun hujan. Selain karena udara juga gerah dan panas terus. Ya siapa tahu dengan hujan turun bisa mengatasi masalah ini," ucapnya.

Harapan juga datang dari Teguh, warga sekitar, ia berharap semburan lumpur dan gas ini tidak meluas kemana-mana. Ia yang sudah tinggal 10 tahun di daerah tersebut mengatakan kejadian seperti ini sangat langka.

"Lumpur dan gasnya ya kalau bisa di sana saja. Jangan sampai luber ke mana-mana. Dan jangan sampai meninggi dan malah banyak nyemburnya. Sekarang saja kan di jalanan sudah tampak lumpur-lumpurnya, efek semalam," tutur Teguh.

"Saya waktu buat sumur sih pas hujan jadi kedalaman 16-18 meteran udah kelihatan airnya. Kejadian kayak gini langka nih. Sampai 32 meter malah keluar lumpur dan gas lagi," tutupnya.
(yds/gah)

http://news.detik.com/berita/2973762...perti-sidoarjo

Sawangan (itu) masuk area Bogor, coba cek, (di Bogor) kalo nggak salah sarangnya (kader/simpatisan partai ks). Mudah mudahan ini bukan azab (untuk mereka)..., (saya) berharap ini sekedar diatasi (oleh instansi terkait), meski ini terjadi di basis orang orang yang gemar merecoki pemerintah.., tetap kita bantu.
0
11.3K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.