Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shinhikarugenjiAvatar border
TS
shinhikarugenji
Mengenal Kisah Goldilocks
Belakangan di lounge ada berbagai thread soal astronomi, dan juga tentang exoplanet. Jika membahas tentang exoplanet yang mungkin mendukung kehidupan, mungkin kita akan mendengar tentang Goldilocks zone, yang secara kasar bisa dikatakan sebagai zona dimana suhunya memungkinkan air dalam bentuk cair berada di sana. Karena air adalah komponen penting kehidupan, maka kemungkinan adanya air dalam bentuk cair adalah salah satu komponen penting penentu mungkin tidaknya ada kehidupan di sana. Karena itulah sering dikatkaan planet yang mendukung kehidupan mesti berada di Goldilocks zone.

Tapi thread kali ini gak bahas soal ilmiah, tapi ke asal nama Goldilocks tadi.

Nama Goldilocks muncul dari dongeng "The Story of Goldilocks and the Three Bears". Dongeng ini sejatinya punya banyak versi, versi awal tokohnya adalah wanita tua buruk rupa dan kemudian di tahun 1849 Joseph Cundall mengganti tokoh nenek tua buruk rupa menjadi gadis kecil yang cantik. Dan nama Goldilocks sendiri baru muncul di awal abad ke-20 (1904).

Secara ringkas, dongeng ini bercerita tentang gadis kecil bernama Goldilocks yang pergi berjalan-jalan di hutan, dan dia menemukan sebuah rumah. Setelah mengetuk pintu tanpa jawaban, ia pun masuk ke rumah. Goldilocks pun menemukan 3 mangkuk porridge (cereal dalam susu) di atas meja makan. Goldilocks yang lapar mencicipi mangkuk pertama, menemukan nya terlalu panas. Ia mencicipi mangkuk kedua, dan merasa terlalu dingin. Ia mencicipi mangkuk ketiga, suhunya pas, dan menghabiskannya.

Lelah, ia pun beristirahat di kursi. Kursi pertama dan kedua terlalu besar, dan kursi ketiga pas, tapi saat ia duduk, kursi itu patah. Goldilocks pun naik ke atas, ke kamar tidur. Ranjang pertama terlalu keras, dan ranjang kedua terlalu lunak, dan sekali lagi, ranjang ketiga pas baginya, jadi ia pun tertidur. Saat itu, ketiga beruang penghuni rumah pulang ke rumah mereka. Mereka mendapati ketiga mangkuk porridge mereka telah dicicipi, dan mangkuk ketiga kosong. Mereka mendapati ketiga kursi mereka ada yang emnduduki, dan kursi ketiga patah. Mereka mendapati ada yang tidur di ranjang mereka, dan si pelaku masih ada di ranjang ketiga.

Saat itu, Goldilocks terbangun. Melihat ketiga beruang, ia pun menjerit ketakutan, lari menuruni tangga, pergi ke pintu keluar dan tak pernah berani kembali ke rumah itu lagi.


Dan istilah "Goldilocks zone" dalam astronomi merujuk ke kisah dimana Goldilocks mencicipi ketiga mangkuk porridge tadi. Mangkuk pertama yang terlalu panas merujuk ke planet dengan suhu terlalu tinggi (sehingga air hanya mungkin dalam wujud uap), yang kedua yang terlalu dingin merujuk ke planet dengan suhu terlalu rendah (sehingga air hanya ada dalam bentuk es), dan mangkuk ketiga yang suhunya pas merujuk ke palnet dengan suhu yang ideal, sehingga air dalam bentuk cair dimungkinkan.

0
7.8K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.5KThread85KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.