Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kellyrpAvatar border
TS
kellyrp
Tokoh Muslim Tolikara: Sebagai Minoritas, 9 Tahun Kami Aman di Sini
Jakarta - Semua pihak menyesalkan terjadinya aksi penyerangan sekelompok orang terhadap warga yang akan menggelar Salat Idul Fitri 1436 H di Karubaga, Tolikara, Papua Jumat (17/7/2015) kemarin. Apalagi selama ini toleransi antar umat beraga di kota yang genap berusia 13 tahun pada 30 Juni 2015 itu cukup baik.

Hal itu dikatakan oleh seorang tokoh muslim di Tolikara Haji Ali Muhtar. Selama 9 tahun menjadi minoritas di Tolikara, umat muslim merasa aman.

Umat muslim di Tolikara bisa dengan leluasa beribadah, termasuk saat menggelar Salat Idul Fitri maupun Idul Adha. "Kami selama sembilan tahun di sini (merasa) aman," kata Haji Ali kepada wartawan di Karubaga, Tolikara, Papua, Sabtu (18/7/2015).

Haji Ali mengaku baru kali ini saja terjadi penyerangan saat umat muslim menggelar Salat Id. Itu pun terjadi karena adanya kesalahpahaman. Dia mengaku, umat muslim tidak mengetahui adanya surat edaran himbauan agar menggelar Salat Id di Musala, bukan di lapangan terbuka.

Apabila surat edaran itu sampai ke dia, Haji Ali sebagai tokoh muslim di Tolikara mengaku akan melaksanakan. "Ada surat edaran larangan melakukan Salat Id dilapangan, tapi surat itu tidak ada kami terima. Kalau memang ada surat seperti itu harusnya disampaikan secara tertulis kepada kami. Kalau memang ada surat seperti itu kami akan laksanakan. Tapi kami tidak ada menerima," kata Haji Ali.

Sementara Presiden Gereja Injili di Indonesia (GIDI), Pendeta Dorman Wandikmbo meminta maaf kepada umat muslim atas insiden penyerangan tersebut. "Saya atas nama GIDI meminta maaf kepada umat muslim yang ada di Tolikara," kata Dorman

http://m.detik.com/news/berita/2971356/tokoh-muslim-tolikara-sebagai-minoritas-9-tahun-kami-aman-di-sini

Salah paham bray.
0
7K
64
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.