Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ini.beritaAvatar border
TS
ini.berita
Ratusan Aparat Menggagalkan Penyerangan Gereja di Bantul Oleh Front Jihad Islam (FJI)
Ratusan Aparat Menggagalkan Penyerangan Gereja di Bantul Oleh Front Jihad Islam (FJI)
Aparat memeriksa massa yang yang berkumpul di depan Gereja di Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Sewon Bantul

Ratusan aparat kepolisian Bantul menggagalkan penyerangan gereja yang dilakukan Front Jihad Islam (FJI), Selasa (14/7/2015) sore. Ormas keagaamaan itu menuntut agar Gereja Baptis Indonesia Saman ditutup lantaran belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Puluhan massa FJI mendatangi Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Sewon Bantul lokasi gereja Baptis Indonesia berada. Namun sejak Pukul 14.00 WIB, lebih dari 100 personil kepolisian dari Polsek Sewon dan Polres Bantul telah berjaga di lokasi.

Ratusan polisi membentuk pagar betis mencegah massa ormas menuju gereja. Aparat menghentikan kendaraan ormas dan menyita sejumlah alat pemukul seperti stik besi. Komandan Laskar Jihad FJI Abdurahman mengatakan, mereka menuntut agar peribadatan digereja itu dihentikan serta plang nama gereja dicabut.

"Polri sudah bilang rumah tinggal tidak boleh jadi tempat ibadah, ayo kita masuk terserah mau ditangkap," teriak Abdurahman.

Sejumlah aparat kemudian melobi perwakilan ormas agar menghentikan aksinya. Hingga kemudian massa sepakat bubar setelah tiba waktu berbuka puasa.

Kepala Bagian (Kabag) Ops Polres Bantul Kompol Qori Handoko menyatakan, lembaganya tidak dapat mencabut begitu saja plang gereja Baptis Saman, lantaran otoritas gereja kini tengah mengurus izin.

"Kami hanya memfasilitasi dan mengamankan supaya tidak ada bentrok, soal masukan ormas akan kami sampaikan ke Pemkab Bantul yang lebih berwenang," terang Qori kepada massa ormas.

Menurut Qori, masalah gereja Baptis Indonesia Saman sudah dibahas di tingkat pemerintah. Peribadatan di gereja itu sementara dihentikan selama perizinan belum turun.

sumber
0
3.9K
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.