Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

paolo03Avatar border
TS
paolo03
Soal Insiden Tolikara, PD: Waspadai Provokasi di Media Sosial
Jakarta - Insiden penyerangan terhadap umat muslim di Karubaga, Tolikara, Papua, disesalkan banyak pihak. Meski demikian, masyarakat Indonesia diharapkan tak terpancing dan mewaspadai segala bentuk provokasi, utamanya yang ada di media sosial.

"Isu kekerasan atas rumah ibadah jelas sangat sensitif. Karena itu, kami mengimbau masyarakat untuk tidak termakan oleh spekulasi yang bernada provokatif yang biasanya menyebar lewat media sosial," kata Jubir Partai Demokrat (PD) Ulil Abshar Abdalla dalam pernyataan tertulis yang diterima, Sabtu (18/7/2015).

Ulil mengatakan tindakan vandalisme dan kekerasan atas rumah ibadah apapun tak bisa dibenarkan dan harus ditolak sekeras-kerasnya. Penegak hukum harus menindak tegas pelaku pembakaran masjid di Karubaga. Penegak hukum harus segera mengungkap apa yang sebetulnya terjadi di balik peristiwa ini sehingga memupus segala bentuk spekulasi yang bisa menjadi bahan provokasi di tengah-tengah masyarakat.

"Kami tahu hubungan antar umat beragama di Papua selama ini sangat baik dan damai. Suasana ini harus tetap dijaga, jangan sampai dirusak oleh tindakan sekelompok orang yang belum tentu mewakili sikap keberagamaan yang dominan di komunitas agama bersangkutan," ujarnya.

Koordinator Jaringan Islam Liberal ini menyesalkan kekurangsigapan aparat keamanan mengantisipasi insiden tersebut. Padahal, menurut Ulil, sudah ada indikasi terjadinya insiden dengan munculnya selebaran yang bernada provokasi sejak kira-kira seminggu sebelum peristiwa tersebut terjadi.

"Beribadah merupakan hak bagi setiap warga negara yang dilindungi oleh konstitusi. Perusakan atas rumah ibadah berlawanan dengan dasar konstitusional ini. Prinsip ini harus dijadikan dasar dalam melihat kehidupan keberagamaan di negeri kita," pungkasnya. (tor/aan)

http://m.detik.com/news/berita/2971123/soal-insiden-tolikara-pd-waspadai-provokasi-di-media-sosial

Waspadai oknum2 yg menggoreng fakta, biasanya sih dr sumber2 suci
0
1.1K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.