Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sangiangdewataAvatar border
TS
sangiangdewata
FAKTA YANG SALAH DALAM DUNIA PENDIDIKAN
WELCOME

FAKTA YANG SALAH DALAM DUNIA PENDIDIKAN



Bukti No repost emoticon-Repost (S)

FAKTA YANG SALAH DALAM DUNIA PENDIDIKAN



Kembali lagi gan kita berjumpa di thread ane yang ke sekian. emoticon-Shakehand2
Ngomong-ngomong tentang dunia pendidikan gan, seringkali kita diajarkan suatu hal pada waktu masa sekolah tentang pelajaran-pelajaran yang sebenarnya belum tentu konkret kebenarannya. contoh umumnya saja seperti pelajaran IPA, membahas tentang jumlah planet-planet yang ada didalam tata surya kita. sebut saja Pluto, yang menurut International Astronomical Union (IAU) mengatakan bahwa Pluto terlalu kecil dan gravitasinya juga kecil sehingga tidak dianggap sebagai planet, namun digolongkan ke dalam daftar planet dwarf (kerdil). Tapi apakah disekolah ada dijelaskan hal tersebut? Mungkin sangat sedikit Guru disekolah yang mengajarkan hal tersebut kepada murid-muridnya, karena secara etika itu sudah menentang kurikulum pembelajaran disekolah yang masih mengajarkan bahwa jumlah planet dalam tata surya kita adalah 10 dan itu termasuk Pluto. Lucu bukan?emoticon-No Hope
Tapi disini ane tidak membahas tentang tentang Planet secara keseluruhan. Ane hanya ingin berbagi tentang fakta-fakta apa saja yang sebenarnya salah dalam dunia pendidikan. Penasaran bukan??? cekidot gan! emoticon-cystg

1.Benda paling besar buatan manusia bukanlah tembok besar cina

Spoiler for Benda paling besar buatan manusia bukanlah tembok besar cina:

Walaupun tidak terlihat dari luar angkasa (sama halnya dengan tembok itu), benda buatan manusia terbesar di dunia ini areanya melebihi besar Indonesia, 700,000km2. Lebih kerennya lagi kita semua berpartisipasi dalam pembuatannya! Ya,… aku dan kalian membuatnya lebih besar ketika kita buang sampah sembarangan.

Yang dimaksud yaitu: the great pacific garbage patch. Kumpulan sampah ini terdiri dari plastik, limbah kimia dan puing-puing yang dikumpulkan oleh arus lautan berputar, dan akhirnya disimpan di satu tempat di lautan pasifik.

Ditemukan pada tahun 1997 oleh Kapten Charles Moore, diperkirakan akan memakan uang puluhan, bahkan milyaran USD dan berdekade-dekade untuk membersihkannya. Pada tahun 2010, proyek ‘Kaisei’ berhasil mendaur ulang 100 ton sampah yang terkumpul disana. Sayangnya itu hanya 0,00003% dari beratnya.

2.Pisang bukan buah

Spoiler for Pisang bukan buah:

Tomat bukan sayur dan pisang bukan buah. Bahkan, botanis menyetujui yang kita sebut sebagai ‘pohon pisang’ sebenarnya bukan pohon karena dia tidak memiliki sifat yang dimiliki oleh pohon, yaitu serat kayu.

Pohon’ pisang adalah sebuah herb, dan secara teknis (botanis)yang anda makan ketika anda makan buah dari pohon pisang adalah berry; buah yang mana ‘the entire ovary wall ripens into an edible pericarp’. Pisang =>Berry.

3.Alexander Graham Bell bukan pencipta Telefon

Spoiler for Alexander Graham Bell bukan pencipta Telefon:

Alexander Graham Bell bukan saja mencuri ide cemerlang ini, bahkan dia mencuri paten dan blueprint-nya dari orang lain. Keparat Skotlandia ini berhasil dicatat sejarah sebagai penemu telefon karena dia memiliki teman yang berkuasa, uang yang tidak sedikit dan kaki tangan yang bekerja di lembaga paten.

Ceritanya begini, pada sebuah pagi Februari yang kelam di tahun 1876 kedua pengacara dari Bell dan rivalnya Elisha Graymendatangi lembaga paten untuk mematenkan temuannya masing-masing. Keduanya diterima dan memiliki gagasan untuk men ‘transmisi suara vokal’, dan lucunya kedua paten tersebut memiliki fitur mekanis yang serupa. Kok bisa?

Ternyata seorang bernama Zenas Fisk Wilber menjelaskan ide-ide Gray ke Bell. Wilber bukan saja pekerja lembaga paten dia juga adalah teman dari pengacara paten Bell -Marcellus Bailey- yang seorang alkoholik dan berhutang uang padanya.

Pada tahun 1886 Wilber mengaku bahwa ‘Saya menunjukkan gambar (patennya Gray) dan menjelaskan pada Prof. Bell metoda yang Gray gunakan.’ Dia juga mengatakan bahwa tak lama kemudian Bell kembali dan memberikannya $100.

Tapi kalau dilihat lebih lanjut ada seorang lagi yang di jahatin oleh Bell, seorang penemu miskin berasal dari Italia bernama Antonio Meucci. Singkat cerita: Meucci membuat telefon sebelum Bell, bahkan dia diaku oleh DPR Amerika Serikat sebagai seorang perintis bidang telekomunikasi dan mereka juga menyatakan bahwa ‘bila saja Meucci mampu membayar biaya sebesar $10 untuk melanjutkan paten caveat-nya, tidak mungkin paten untuk telefon diberikan kepada Bell (maupun Gray).

4.Mahluk hidup paling besar didunia bukanlah Paus Biru

Spoiler for Mahluk hidup paling besar didunia bukanlah Paus Biru:

Mau tahu itu binatang apa? Bukan binatang kok, melainkan jamur.
Spoiler for ini gan contoh jamurnya:

Armillaria ostoyae atau lebih dikenal sebagai jamur madu dimulai hanya dari satu spora yang begitu kecil jika dilihat tanpa mikroskop. Namun jamur ini telah berkembang di hutan yang diperkirakan berusia 2400 tahun dan kemudian membunuh pepohonan. Jamur itu telah menyelimuti 880 hektar Malheur National Forest di timur Oregon.

Jamur raksasa ini digambarkan sepanjang 5,6 kilometer dan telah menyebar menjadi tiga kali lipatnya ke dalam tanah. Jamur ini telah menyelimuti wilayah sama besar dengan 1665 kali lapangan sepak bola. Penemuan ini muncul setelah Catherine Parks, seorang ilmuwan di Pacific Northwest Research Station di La Grande, Oregon yang mendengar kematian pohon besar yang terus berlanjut dari akar ke akar di sebelah timur hutan kota Prairie. Dengan menggunakan foto udara, Parks melihat bahwa area dipenuhi dengan pepohonan yang sekarat. Dia kemudian mengidentifikasi jenis jamur dalam tes DNA.

Ia membandingkan unsur dari 12 jamur dan dia melihat bahwa 61 sampel berasal dari organisme yang sama. Ini berarti telah ada satu jamur yang berkembang begitu besar dari apa yang pernah dibayangkan manusia. Satu-satunya bukti di permukaan dari jamur ini adalah munculnya bulatan berwarna keemasan saat musim gugur yang disertai hujan. “Mereka bisa dimakan namun bukan jenis makanan yang terbaik,” kata Tina Dreisbach, seorang biotani dan ahli ilmu jamur di US Forest Service in Corvallis, Oregon. “Saya akan menaruh begitu banyak mentega dan bawang di atasnya.”

Jika menggali ke dalam akar dari pepohonan yang telah mati, maka akan tampak seperti lukisan karet putih. Ini merupakan lapisan dari mycelium yang menggambarkan cairan dan karbohidrat dari peohonan yang memberi makan jamur. Tahun 1992, armillaria ostoyae ditemukan di kota Washington di mana menyelimuti 1500 area di dekat Gunung Adam sehingga membuat makhluk ini menjadi benda hidup paling besar sebelumnya. “Kami memutuskan untuk mencari salah satu yang lebih besar dari pada klaim sebelumnya,” kata Gregory Flip, profesor asosiasi proteksi hutan terintegrasi di Oregon State University, serta ahli Armillaria.“Belum ada ukuran sebelumnya dengan teknik ilmiah apapun yang menunjukkan tumbuhan atau hewan lebih besar dari benda ini.”Dia mengatakan bahwa peneliti ingin mempelajari kontrol dari Armillaria karena telah membunuh pepohonan. Namun mereka menyadari bahwa proses itu telah berlangsung selama beberapa tahun di alam.

5.Kecepatan cahaya tidak selalu konstan

Spoiler for ilustrasinya gan:

Yang membuat teori relativitas sangat sulit dimengerti adalah karena kita diajarkan bahwa kecepatan cahaya tidak akan pernah berubah. Secepat apapun kita bergerak, relatif pada kita, cahaya akan tetap berkecepatan 186,282m/s, tapi yang suka tidak diajarkan bahwa cahaya tidak selalu secepat c.

Pake logika juga bisa sih, karena cahaya adalah sebuah gelombang dan memang gelombang bisa bergerak lebih cepat atau lambat tergantung medianya. Seperti gelombang suara yang berkecepatan 341 m/s lewat udara dan 1400 m/s lewat air. Yang disebut c adalah kecepatan cahaya dalam vakum. Berbeda medium berbeda kecepatan.

Fisika memang keren, ada sejumlah ilmuwan yang berhasil melambatkan cahaya sampai 60 kph.

Gimana gan setelah membaca Thread ini, apakah agan-agan akan mengajarkan hal yang sama kepada orang-orang disekitar agan? emoticon-Cool

jangan lupa bantu emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

SUMUR: Kering kerontang gan

mampir ke Thread ane yang lain:
PETANI TUNTUT HAK TANAH, BERBUAH PUKULAN DARI POLISI
KELAPA SAWIT: ANTARA KEUNTUNGAN DAN KESENGSARAAN SERTA RUSAKNYA LINGKUNGAN
meme & gambar terlucu edisi pilihan (campuran)
BEBI ROMEO ISI SUARA OPTIMUS PRIME DI FILM TRANSFORMERS
PEMANDANGAN BUMI KALIMANTAN TENGAH (EDISI LIBURAN)
MENGENAL MOTIF KHAS SUKU DAYAK
Arti merek pakaian GAP yang di isukan negatif akhir-akhir ini
Diubah oleh sangiangdewata 18-07-2015 18:43
0
3.5K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.