Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

taher94Avatar border
TS
taher94
[MERAKYAT] Gara-gara ada Jokowi, Jemaah Terpaksa Shalat di Jalan dan Trotoar
Sholat ied sampai luber ke jalan mah emang biasa, karena di dalam masjid udah penuh, nah ini mereka terpaksa sholat di jalan dan trotoar grgr panjangnya antrean pemeriksaan. emoticon-Frown

Ketatnya Pengamanan Bikin Jemaah Terpaksa Sholat di Jalan

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Insiden banyaknya jamaah shalat Idul Fitri 1436 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman yang terpaksa melaksanakan shalat di jalan dan trotoar karena ketatnya pemeriksaan Paspamres terjadi diluar dugaan.

Bahkan, warga sama sekali tidak menyangka jika ada pemeriksaan yang membuat mereka harus antre melewati pintu metal detector yang dijaga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).
Ketatnya pemeriksaan tersebut sempat menyulutkan ketegangan antara jamaah dengan Paspampres. Beberapa di antaranya berusaha menerobos jalur pemeriksaan dan lainnya terjebak dalam himpitan. Sejumlah warga tengah mengantre meminta pemeriksaan tidak dilakukan lagi karena shalat sudah dimulai.

Namun Paspamres mengatakan pemeriksaan tetap harus dilakukan karena sudah menjadi prosedur untuk mengamankan pejabat negara. "Maaf bapak-bapak dan ibu, kami hanya menjalankan tugas," ujar seorang petugas Paspampres berusaha untuk menenangkan warga.

Seperti diberitakan sebelumnya ribuan jamaah Shalat Idul Fitri 1436 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman terpaksa harus melaksanakan shalat di luar halaman masjid. Bukan lantaran terlambat, tapi hal itu dilakuan warga karena terlalu lama menjalani antrean pemeriksaan oleh Paspamres di pintu masuk depan menara utama masjid. Antrean sudah terjadi mulai pukul 07.00 WIB. Ribuan jamaah terkonsentrasi di satu titik pemeriksaan sehingga menyebabkan antrean panjang. Sampai pengurus masjid mengumuman shalat segera dimulai, suasana antrean masih terjadi.

Sehingga warga berinisiatif membuat shaf sendiri. Mereka menggelar sajadah di atas badan jalan di depan lokasi pemeriksaan Paspamres, dan kawasan Jl Moh Jam. Sementara jamaah lainnya, termasuk perempuan, memilih shalat di trotoar di sebelah selatan masjid. (sar)
Sumber aceh.tribunnews.com/2015/07/17/banyak-jamaah-shalat-ied-di-jalan-paspampres-kami-hanya-menjalankan-tugas

Jokowi Shalat Ied di Masjid Raya, Ribuan Warga Antre Diperiksa Paspampres

SERAMBINEWS.COM , BANDA ACEH - Ada pemandangan tak biasanya pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1436 Hirjiah di Masjid Raya Baiturrahman kali ini. Ribuan jamaah yang hendak shalat Idul Fitri di masjid kebanggaan rakyat Aceh itu harus mengantre untuk bisa masuk.

Jamaah juga mendapat pemeriksaan ketat dari pasukan pengamanan Presiden (Paspampres) di pintu masuk masjid di depan menara utama.
Pemeriksaan para jamaah Shalat Idul Fitri ini terkait dengan kehadiran Presiden Jokowi yang pagi ini melaksanaan shalat Ied di Masjid Raya Baiturrahman,dalam rangkain kunjungannya ke Aceh sejak 16 Juli lalu. Antrean pemeriksaan jamaah ini dilakukan dalam dua jalur.
Untuk perempuan di sisi kiri dan laki-laki di sisi kanan. Masyarakat yang hendak masuk sempat tertahan, bahkan menghabiskan waktu lebih 15 menit untuk melalui antrean pemeriksaan menggunakan metal detektor.

Antrean ini menyebabkan, sejumlah jamaah terhimpit dan menumpahkan kekesalannya kepada Paspampres.
"Kami ke sini untuk shalat tidak membawa bom. Buka,,,buka..." teriak sejumlah jamaah. Seorang ibu bahkan diliputi kepanikan karena anaknya yang digenggaman tangan hilang saat melalui antrean pemeriksaan di pintu masuk.

sumber: aceh.tribunnews.com/2015/07/17/jokowi-shalat-ied-di-masjid-rayaribuan-warga-antre-diperiksa-paspanpres

tradisi presiden sholat di istiqlal pengamanannya gini juga gak ya?
Diubah oleh taher94 17-07-2015 12:27
0
4.6K
69
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.