Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

meimeilysaAvatar border
TS
meimeilysa
Hari Ayah di Indonesia, ada nggak sih??
Ini nih, yang masih penasaran sama Hari Ayah di Indonesia emoticon-Kiss

Spoiler for :


Tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu untuk Indonesia. Setiap orang mengucapkan selamat hari ibu kepada ibu mereka. Beberapa orang bahkan meminta maaf, membuat kejutan dan lainnya. Bukan hanya ke ibu, tetapi beberapa pria mengucapkan juga kepada istri mereka.
Saya dari kecil memperhatikan, di luar negeri sana khususnya Amerika Serikat, mereka merayakan Hari Ayah dan sepertinya tidak merayakan hari ibu ( atau mungkin merayakan tetapi tidak seheboh hari ayah). Kemudian saya bertanya apakah Indonesia mengkhususkan sebuah hari untuk kaum ayah? Apakah ini pengaruh dari kultur di mana umumnya masyarakat di belahan dunia bagian timur lebih dekat dengan ibu daripada ayah? Sementara di belahan barat, anak-anak cukup dekat dengan ayah mereka. Apakah memang pengaruh kultur?emoticon-Bingung
Sebuah sumber mengatakan alasan mengapa tanggal 22 Desember dipilih sebagai hari ibu. Karena pada tanggal 22 Desember 1928 diadakan Kongres Perempuan I di Yogyakarta yang merupakan pemersatu perempuan di Indonesia. Kongres ini dihadiri oleh tiga puluh organisasi perempuan tingkat lokal dan juga nasional. Selain hari ibu, ada juga hari anak yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Bagaimana dengan ayah? apakah ada hari khusus untuk sang ayah? Ternyata Indonesia mempunya hari ayah yaitu 12 November yang dideklarasikan di Solo.Namun sayang, hari ayah ini tidak sepopuler hari ibu.
Sebuah sumber berita mengatakan bahwa hari ayah akan dikokohkan tahun 2013. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat Bidang Perempuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Byarwati. Menurut beliau, keluarga tidak hanya terdiri dari ibu dan anak. Ayah juga memegang peranan penting dalam keluarga sehingga tidak dapat dihilangkan.
Jika Indonesia merayakan hari ibu tanggal 22 Desember, Amerika dan lebih dari 75 negara lainnya merayakan hari ibu pada hari Minggu,pekan kedua dalam bulan Mei. Beberapa negara Eropa dan Timur Tengah merayakan Hari Perempuan Internasional ( International Women’s Day) yang jatuh pada tanggal 8 Maret. Untuk melengkapi hari ibu, maka diadakan hari ayah. Amerika dan 75 negara lainnya merayakan hari ayah pada hari Minggu, pekan ketiga di bulan Juni. Seperti juga Hari Perempuan Internasional, beberapa negara Eropa dan Timur Tengah merayakan Hari Laki-laki Internasional pada tanggal 19 November
SELAMAT HARI AYAH, UNTUK SEMUA AYAH/BAPAK/PAPA/PAPI/PIPI DI INDONESIA!!!! emoticon-Kissemoticon-Peluk
0
1.8K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.