Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

g o dAvatar border
TS
g o d
[catper] sendirian nanjak mt.fuji 17 mei 2015
Halo oancers ..

Kali ini saya mau sedikit share cerita nanjak solo mt.fuji ( 3,776.24 m top of japan ) .
mt.fuji ini ama orang jepun disebut fujisan.

intro
Awalnya pas april ada tiket promo ke jepang . Setelah dipertimbangkan masak2 akhirnya beli deh tiket promo airasia kualalumpur-tokyo nya. beli nya sih 8 tiket (2pasang suami istri dan anaknya 3).

Semua nya serba mendadak karena pas april saya ada trip ke kerinci n dempo. Trip kerinci sukses sedangkan dempo nya batal karena lagi waspada.padahal ane dah sampe bandara palembang T.T .

Jadi untuk perjalanan nanjak mt.fuji ini saya bener2 kurang info nya.. Di pikiran saya sih mumpung ke jepang ya uda sekalian jalan2 trus nanjak deh haha..

Beberapa hari sebelum ke jepang saya masi browsing2/youtube cari info ttg mt.fuji ini.
Ternyata mt.fuji ini dibuka hanya pada juli-sept saja . T.T Semua pendakian yg dilakukan diluar musim pendakian itu berbahaya dan sangat tidak dianjurkan. Sempet buka youtube ketemu video orang nyasar di salju fuji saat off season. Sampe kebawa mimpi sob

Dan sampai h-1 pun saya belum dapet hostel untuk hari pertama di jpg. Beruntung pas malam nya saya dapat hostel di kaki mt.fuji namanya k's house mt.fuji ( http://www.kshouse.jp/fuji-e/ ) very recommended deh ini.

Oke singkat cerita 16mei pagi saya n tmen sampe di bandara narita .
Saya yg sendirian emang bertujuan ke mt.fuji harus berpisah dengan tmen2 yg langsung ke osaka.( Kita baru ketemu lg di tokyo 19mei)

Dari narita saya cari info ke fuji. Akhirnya saya naek Nex express ke kawaguchiko ( kota deket mt.fuji )
Ternyata nex sampe shinjuku trus otsuka trakhir kawaguchiko. Pindah2 kereta tapi 1tiket (7200¥) . Asli kereta paling mahal yg pernah dinaekin lol.

Begitu sampe st. Kawaguchiko saya lsg ke informasi untuk cari info soal hostelnya.. Eh di informasi malahan di pinjemin telp . Asli jepang sih helpfull bgt. Setelah di telp lsg dijemput deh ama org hostel.
Pas dikamar hostel ( kamarnya ada 6kasur campur hehe) ternyata sekamar ama cewe2 oz seksi hehe.
Dikamar ada bule polandia yg ternyata mau nanjak mt.fuji juga.. Asik deh ada tmen hehe.

Dia ngajakin besoknya subuh2 jalan kaki sampe #fujisubaruline semacam pintu tol menuju 5th station (titik awal pendakian mt.fuji #yoshidaTrail )

Kenapa subuh dan jalan kaki.. Karena bis paling pagi itu jam 9 an . Karena ga lagi musim pendakian . Kalo mau naik bis itu kira2 nti baru start nanjak kesiangan jadinya ga naik bis deh.

Oke deh saya langsung bawa keril deuter 55+15 sl dan backpack eiger . abis checkout subuh lsg deh deh brangkat . Semua perlengkapan buat jalan2 di jpg slama 7hari dibawa semua emoticon-Big Grin . Pagi itu niad bgt deh . akhirnya kita be2 jalan kaki selama satu stengah jam kira2 6km an . Bagusnya datar itu jalannya haha
Sambil jalan kaki kita sambil nyetop2 mobil . Ga ada yg berenti jajhaha. Pas di pintu tol fuji subaru line baru deh ada mobil yg berenti mau trus nganterin ke 5th. Station. Thanks God.

Rencana saya awalnya keril akan di masukin ke #coinLocker di 5th.station. Ternyata saya sampe jam 7 semua toko warung loker dll masi tutup waaad deee faaak. Percuma donk sampe pagi2 kalo mest nunggu buka loker nya.

Tuh bule poland bilang kamu nunggu loker buka aja biar saya nanjak duluan.
Ya uda saya setuju , namun setelah nunggu 10menit saya berubah pikiran. Daripada nunggu bbrapa jam mending coba aja nanjak pelan2 hehe paling cuma jalan 5jam uda muncak heehe ( asli penyesalan bgt sepanjang nanjak nti nya )

Akhirnya saya dengan keril deuter dan backpack eiger kaya org stress salah kostum berjalan slow.

Pendakian dimulai .....

Awal pendakian harus melompati pagar yg di situ ditulis pendakian ditutup.
Saya liad org jepang lompatin pager itu ya uda saya ikutin deh.

Jalur yg jelas di awal dan ga lama jalan , untuk pertama kali nya seumur hidup saya ketemu salju hhaha norak abis deh.
Pendakian awal nya cenderung landai jalur juga jelas. Setelah jalan sekitar 25menitan sampe juga di warung / hut pertama .
Saya yg nanjak sendirian berasa lama n lambat bgt deh.
Awal nanjak ini masi papasan dgn pendaki/pe ski lainnya.

Setelah break bbrapa menit lanjut jalan lagi. Jalur masi jelas bgt byk penanda nya. Dan sempet papasan ama pelari gunung , saya lsg semangat karena klo ada pelari harusnya jalur nya bebas salju kan. Nanti nya saya tau saya salah total hahaaha.

Saya yg nanjak dengan pace keong menghadapi angin yg kenceng bgt. Bberapa kali terhempas ampir jatuh terdorong. Anginnya bener2 amajing nih fujisan.
Tiap kali ketemu angin kenceng langsung jongkok deh nunggu kelar anginnya.

Setelah jalan 2jam an saya sampe ketemu salju yg menutupi jalan saya . Saya harus nya nanjak namun ditutupi oleh salju , sehingga saya jalan memutari yg lebih landai.

Nah sesudah memutari jalur ini , barulah saya benar2 sendiri. Sepanjang jalan ini pun saya masi ketemu salju yg bener2 menyiksa . Tiap ketemu salju saya harus mencoba2 tiap kali melangkah . Sering kali saya jatuh karena licin nya salju suuuu . Karena saya memutari jalur ini makanya saya jarang memfoto pos2 fuji ini.
Memutari jalur saya berani lakukan karena trek di fuji ini sangat jelas. Menuju puncak tak ada pohon sehingga saya bisa jelas melihat puncak atau tujuan muncak.
Sekitaran jam 12 saya sampe di warung/checkpoint peristirahatan. Kalo orang lewat tangga yg disusun , saya manjat lewat samping haha asli nyiksa deh. Trus disitu makan siang onigiri (nasi kepal) 2biji yg saya beli malam sebelumnya di kawaguchiko.
Dari sini saya ketemu pendaki2 jpg lagi , saya tanya brp lama ke puncak dari sini? Mereka bilang 30menitan lagi. Hore udah dket dalam hati.
Saya masi jalan 2jam an lg baru sampe. Wakakaa amsiong.
Ternyata 30menit itu kalo jalur normal sedangkan saya jalan lewat jalur memutari salju.
Pendaki jepang juga melihat saya ga bawa crampon dll lsg ngasi tau bahwa saya ga bs ke puncak karena jalur nya tertutup salju.
Saya jawab ia saya jalan semampu saya aja trus kalo nti ketemu salju yah saya pulang ga jd muncak .

Setelah makan siang saya lanjut jalan lagi.
Sekali ada jalan lurus nanjak. Saya pikir asik nih lebih dket jalan pintas. Ternyata pas dilewati jalannya itu byk pasirnya dan batu ga stabil jadi kaya muncak semeru haha apes deh.

Sepanjang perjalanan saya memandang ke jauhan sambil bete. Saya liad mereka asik maen ski asli keren kapan ya bisa gitu hehe.

Sepanjang pendakian nanjak ini saya byk menyesal kenapa mau bego gini nanjak off season ketemu salju , bawa tas depan belakang , ga peralatan lengkap . Saya jadi kurang menikmati pendakian ini . Medan salju dan cuaca angin nya yg kenceng dan gede bener2 menghancurkan mood .

Akhirnya setelah 7jam an saya ketemu 2 patung macan itu lah puncak mt. Fuji .
Saya ga terlalu antusias begitu sampe puncak , karena saya masih mikir ini turunnya brp jam lagi. Asli males bgt kan.

Begitu dipuncak saya liad rombongan cozplay jpg. Mereka bergaya samurai ,ronin , ksatria berbaju zirah jpg. Saya biasanya narsis cuma karena ga mood saya ga potoin mereka (jgn ada yg komen no pic = hoax ya kwkwkwk).

Suasana dipuncak itu ada semacam kuil dengan patung macannya . Saya jalan disekitaran puncak ga lama karena anginnya nusuk tulang bgt. Kawah nya tertutup salju .
Saya dipuncak lmyn lama karena males turunnya haaha.
Akhirnya setelah dipuncak lebih dari sejam an barulah saya turun .
Baru aja saya turun saya ketemu ama 2bule kanada yg speak france lol. (Orang kanada kelahiran france yg kerja di jpg) .
Mereka ngajakin turun maen operosotan.
Saya tanya gampang ga tuhhh, mereka bilang gampang kok nti diajarin.
Ya udah saya kembali ke puncak bntr nungguin mereka muncak .
Saya disuru ganti pake celana panjang buat turun. Saya bawa celana panjang ski urikore warna kuning yg biasa saya pake untuk tidur digunung ( celana nya waterproof ) .
Perjalanan turun bener2 fun kita maen perosotan dan menikmati bgt jalan2 disalju.
Kondisi mood saya berubah total sama wkt nanjak deh.
Bbrapa kali saya terguling terlontar terputar di salju sampai akhirnya saya rem pake kaki haha.
Kita jalur turun lewat subashiri trail . Ini rute bener2 curam dan penuh salju. Saya ga kebayang kalo nanjak lewat jalur ini bisa 2hari baru sampe puncak kayanya.
Enaknya lewat jalur ini untuk turun jadinya cpet perosotannya hehe

Setelah kurang lebih maen perosotan 2jam akhirnya sampe di parkiran mobil..

Begitu sampe si bule jean ngomong
" Mt. Fuji never been easy "
Setuju mister haha .

Trus dia bilang cobain deh nanjak pas season on rasain mt. Fuji yg rame kaya pasar haha.

Akhirnya terima kasih yg uda mau sempetin baca catper gajelas gini hehe.



Perlengkapan salah kostum saya @mt. Fuji
#topi rimba eiger
#baselayer nike pro combat
#kemeja h & r
#short tni
#gaiter rei
#sepatu adidas ax2 mid gtx

Sedangkan tampilan pendaki disana itu rata2 :
#jaket + celana salju
#sepatu + crampon
#pole stick + axe
#papan ski/ snowboarding
#google

jadinya sepanjang nanjak saya udah kaya artis deh ( atau org gila kali ya hehe ) diliatin trus ama pendaki laen.
Diubah oleh g o d 04-06-2015 10:56
0
3.6K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANCKASKUS Official
1.9KThread1.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.