Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atthayadilaAvatar border
TS
atthayadila
Temen ane mau jual rumah untuk usaha dan resign dari kantor.. Mohon saran gan
Sebelumnya mohon maaf klo salah kamar..

Gan, ada temen ane yang nitip pertanyaan dan minta advise dari para master disini..

Jadi temen ane sekarang udah punya rumah gan, tapi masih KPR dengan sisa hutangnya masih 200 juta. Dengan kondisi lokasi rumahnya berada di daerah yang berkembang pesat dan harga pasaran di brosur developer sekarang ini sudah mencapat 500 jutaan, dia berencana untuk menjual rumahnya tersebut. Tapi karena kondisi rumahnya sudah siap huni dan sudah ada renovasi seperti pembuatan teras, carport dan dapur, maka dia berencana untuk jual rumahnya di harga 650 juta. Kalau rumahnya itu laku dengan harga 650 juta, maka itung2annya dia bakalan punya dana segar kira2 sebesar 400 juta (setelah dipotong biaya pelunasan KPR dan biaya2 jual beli rumahnya).

Rencananya dia itu, dengan dana 400 juta tersebut, sekitar 50 juta mau dia pake untuk modal usaha gan. Usahanya sih dia bilang di kuliner atau fashion atau kedua2nya, karena yang fashion rencananya dia mau dengan cara jualan online.. Yang 50 juta sisanya mau dia pake untuk investasi gan.. Katanya sih dia ada tawaran investasi dengan return sebesar 15-20% per bulan selama 12 bulan.. Dia juga sementara waktu rencananya selama 1 tahun mau kontrak/sewa rumah dulu dideket rumahnya gan, biayanya sekitar 20 juta/tahun.. Selain itu, dia juga mau kasih ortunya sebesar 50 juta untuk biaya hidup ortunya, karena sekarang ini ortunya sudah pensiun dan uang pensiun pun sudah habis..

Dari hitung2an tersebut, berarti kira2 dia bakal punya uang cash sebesar 230 juta. Dan yang 230 juta tersebut mau dia pake untuk cover biaya hidup selama merintis usahanya tersebut.. FYI, saat ini dia bekerja dengan take home pay sebesar 15 juta/bulan.. Rencananya dia juga akan resign dan fokus ke usahanya dan investasinya tersebut.. Makanya dia prepare 230 juta sebagai pengganti penghasilannya selama dia merintis usahanya tersebut.. Dan kalau misalnya investasi yang dia ikutin itu benar (artinya ga tipu2), maka dia setiap bulannya bakal dapet pemasukan sebesar 7,5 juta (asumsi returnya 15%).

Informasi tambahan, saat ini dia sudah berkeluarga. Istrinya ga kerja, anaknya ada 2, dan anaknya yang pertama tahun depan akan masuk sekolah SD.

Menurut para master disini, apakah yang akan dilakukan temen ane ini sudah benar? Dan kalau ada saran yang lebih baik monggo disampein gan.. Sebagai bahan pertimbangan untuk temen ane juga..
0
2.2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.