Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

medanbungAvatar border
TS
medanbung
Program Diskon Tak Benar dapat Dipindanakan
http://bareskrim.com/2015/07/06/prog...-dipindanakan/
Catatan: Dr Farid Wajdi SH MHum

Tradisi jelang hari besar keagamaan pelbagai upaya dilakukan para pelaku usaha produk barang dan/atau jasa baik dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan jumlah pelanggannya.

Salah satunya melalui program diskon. Program diskon semakin marak di tengah kondisi ekonomi yang serba tidak pasti ini, para penjual barang semakin royal dalam memberikan potongan harga (diskon) pada para pembeli.

Masalahnya adalah masih banyak masyarakat yang belum memahami konsep diskon. Mayoritas menganggap, jika sebuah barang telah diberi potongan harga, maka akan lebih murah. Padahal, seringkali pemasar telah menaikkan terlebih dahulu harganya, lalu memberikan diskon.

Para calon pembeli sebaiknya lebih teliti sebelum langsung berbelanja ke toko yang memberikan diskon tinggi. Ketidakmampuan konsumen dalam membedakan harga makanan kemasan yang paling murah antara yang telah didiskon dan yang tidak didiskon mengindikasikan masih banyak konsumen yang terkecoh.

Sebab, jika merujuk pendapat Mark Ellwood penulis buku `Bargain Fever: How to Shop in A Discounted World`, jika Anda melihat tanda diskon 70% di luar toko, jauhi tempat itu dan jangan berbelanja di sana. Menurut Ellwood, potongan harga dalam jumlah besar menunjukan pengelolaan perusahaan yang buruk.

Kemungkinan lain, toko tersebut memasang harga yang lebih tinggi dari jumlah aslinya dan berpura-pura seolah telah memberikan diskon. Faktanya, tanda diskon yang banyak dipasang di toko hanya untuk menarik konsumen semata.

Oleh itu, hal demikian merupakan tanda peringatan besar dan para konsumen sebaiknya tidak mempercayai toko-toko semacam itu. Masih menurut Ellwood, potongan harga normal berkisar antara 30%-50%. Toko yang memberikan potongan harga sejumlah itu menunjukkan kondisi penjualan yang sehat.

Kajian Dr Megawati Simanjuntak SP MSi, staf pengajar Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia IPB, menunjukkan konsumen membeli susu dengan ukuran dan merk yang sama. Susu tersebut dijual di toko A dan B. Susu di toko A dijual dengan harga Rp23.000 dengan diskon 10 persen, sedangkan di toko B dijual dengan harga Rp20.000. http://bareskrim.com/2015/07/06/prog...-dipindanakan/
0
2.2K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.