Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lolobigAvatar border
TS
lolobig
Simulasi Baru Mengenai Tabrakan Bimasakti dan Andromeda


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus


Galaksi dimana kita hidup, Bima Sakti, adalah galaksi spiral besar yang tinggal di sebuah kelompok kecil galaksi yang disebut Group Local. Anggota besar lainnya adalah galaksi Andromeda, terletak sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Itu jauh, tapi kita sudah tahu sejak lama bahwa Andromeda sedang menuju ke arah kita dengan kecepatan sekitar 100 km/detik (60 mil/detik).

Pertanyaannya adalah, apakah menuju langsung tepat kearah galaksi kita, atau gerakannya "menyamping" sehingga tidak menabrak galaksi kita? Hasil baru diumumkan hari ini oleh para astronom menggunakan Hubble menunjukkan bahwa Andromeda tepat menuju galaksi kita, Bima Sakti!


Quote:


Kita tahu bahwa tabrakan tak terelakkan, tapi waktunya selalu menjadi pertanyaan. Di sebuah buku yang berjudul Death from the Skies! satu bab membahas tentang peristiwa ini, namun berdasarkan apa yang diketahui pada saat penulisnya menuliskannya (hanya beberapa tahun yang lalu!) Dibuku itu dituliskan peristiwa tabrakan ini akan terjadi 1-2 miliar tahun lagi. Dan hasil yang terbaru ternyata dua kali lipatnya yaitu 4 miliar tahun lagi, yang berarti kita memiliki referensi valid untuk dikutip. Selain itu, dulu kita tidak tahu apakah awalnya ini akan menjadi pukulan yang luput atau tabrakan, dan tampaknya sekarang telah menjadi pengetahuan bahwa andromeda tepat menuju ke arah kita.

Meskipun sementara ini peristiwa tabrakan ini terdengar seperti peristiwa bencana, tapi jangan panik, Empat miliar tahun cukup panjang, apapun sangat bisa terjadi dalam rentang waktu yang sangat lama itu.


Sumber
0
3.8K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.