Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

charzakuxAvatar border
TS
charzakux
Banjir Buruh Cina, Apindo: Ratusan Ribu Pekerja Indonesia Bakal di PHK
Jakarta, HanTer - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani memprediksi ratusan ribu pekerja, khususnya di sektor industri terancam terkena PHK sepanjang 2015.

Kondisi tersebut bisa terjadi jika situasi perekonomian Indonesia terus memburuk, dengan membanjirnya impor barang ditambah dengan masuknya tenaga asing.

"Pada 2015, saya belum punya data update-nya, tapi angkanya bisa mencapai 100.000, jika ekonomi terus memburuk. Sepanjang 2014 saja ada sekitar 65.000 pekerja di perusahaan Korea yang terkena PHK," ujar Hariyadi di Jakarta, Senin (29/6/2015).

Dia membenarkan jika tren PHK di Indonesia sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir. Menurutnya kebijakan Pemerintah terkait sistem pengupahan menjadi faktor pemicu utama banyak kasus PHK di Indonesia.

"Ini diawali (PHK), sudah terjadi sejak 2013, ketika UMR (Upah Minimum Regional) naik tinggi sekali akibatnya perusahaan melakukan penyesuaian-penyesuaian," terangnya.

Hariyadi mengatakan, untuk mengurangi penggangguran pemerintah harus menggenjot ekspor dan memproteksi pasar dalam negeri dari serangan produk impor.

Selain itu, pemerintah harus memberikan kesempatan para tenaga kerja produktif dengan membuka lapangan pekerjaan selebar-lebarnya. Termasuk menarik para investor asing.

"Jalan satu-satunya adalah meningkatkan konsumsi dalam negeri," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan jika tenaga kerja kasar asal Cina sudah mulai datang bergelombang ke Bayah, Pandeglang, Banten.

Buruh asal Cina itu dipekerjakan untuk membangun pabrik Semen Merah Putih di Bayah, Lebak. Selain itu beredar juga isu bahwa sebuah perusahaan Indonesia mempekerjakan nelayan-nelayan asal Cina di daerah timur Indonesia.
(Oni)

http://www.harianterbit.com/m/nasional/read/2015/06/30/33753/0/25/Banjir-Buruh-Cina-Apindo-Ratusan-Ribu-Pekerja-Indonesia-Bakal-di-PHK

Apa buruh china itu murah dan tdk doyan demo minta kenaikan gaji yaa kok di sukai sama pengusaha

Quote:


Diubah oleh charzakux 03-07-2015 15:31
0
12.9K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.