Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PutriElizabethAvatar border
TS
PutriElizabeth 
Makanan yang Sebaiknya Dibawa Saat Naik Gunung
Selamat Siang Gansist
emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Agan

Akhir-akhir ini naik gunung menjadi kegiatan yang lagi Hitssss banget buat anak muda, banyak yang awalnya hanya ikut-ikutan atau karena terkena "demam 5 cm" atau memang sudah menjadi hobbynya sejak lama.
kali ini nyubi macem ane mau membagi sedikit tips untuk membawa makanan saat naik gunung.
Selamat menyimak!
emoticon-Embarrassment



Makanan menjadi senjata utama kita untuk bertahan hidup saat berada di gunung. Namun, membawa makanan juga dapat menjadi suatu hal yang dilematis ketika naik gunung. Di satu sisi, kita ingin membawa makanan dan minuman yang banyak. Di sisi lain kita hanya mempunyai kapasitas tas yang terbatas untuk menyimpan makanan tersebut. Di satu sisi kita ingin membawa makanan dalam kemasan plastik supaya praktis, di sisi lain kita akan kerepotan membawa sampahnya karena tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan di gunung. Lalu makanan apa saja sih yang harus kita bawa saat naik gunung?


1. Roti Selai Kacang


Roti Selai Kacang merupakan makanan yang baik untuk dibawa saat mendaki gunung. Selain ringan untuk dibawa, Selai kacang yang dilumuri pada roti tawar juga mengandung protein, yang berkhasiat menjaga otot agar tetap kuat dan bekerja dengan baik, sehingga stamina pendaki tetap terjaga dan kuat untuk mencapai puncak gunung.

2. Telur Rebus

Telur rebus merupakan makanan yang kaya nutrisi. Kandungan protein yang tinggi di dalamnya dapat membantu pemulihan otot yang bekerja keras saat mendaki. Telur juga mengandung vitamin B dan lemak yang tinggi untuk membantu tubuh dalam memproduksi energi. Selain itu, Vitamin B dalam telur juga membantu dalam mengatasi kelelahan. Namun perlu diingat, makan telur juga bikin tenggorokan seret dan cepat haus. Pastikan terlebih dahulu kamu punya minuman yang cukup untuk mengatasinya.

3. Buncis dan Nasi

Bagi penyuka kacang-kacangan, Buncis merupakan sumber protein yang tinggi. Buncus bisa dimasak, ditumis dan disatukan ke dalam kotak bekal bersama dengan nasi. Menurut beberapa penelitian, kapasitas antioksidan buncis secara keseluruhan lebih besar dibandingkan makanan serupa dalam keluarga kacang-kacangan seperti kacang polong atau kacang panjang.

4. Mie Instan

Apapun suasanya mie instan tetap menjadi pilihan. Disamping cara pembuatannya yang mudah, mie instan juga selalu jadi pilihan dikala lapar. Kuahnya yang hangat dapat menjadi pilihan saat suasana di gunung semakin dingin dn menusuk.

5. Cokelat

Selama mendaki, kita membutuhkan camilan yang praktis dan memberikan sumber energi. Coklat atau coki-coki mengandung kalori yang tinggi yang memberikan bahan bakar bagi tubuh kita saat mendaki. Tempatkanlah makanan ini di tempat yang mudah diambil, seperti di saku celana, jaket, atau tas, sehingga saat kelaparan langsung bisa diambil. cokelat juga bisa dimakan bersama dengan roti tawar.

6. Buah

Bawalah buah-buahan yang praktis dimasukan ke dalam ransel seperti apel atau pir. Kurangi buah seperti pisang yang kulitnya dapat menambah beban sampah kita saat mendaki. Duduk di tebing indah sambil makan keju dan biskuit dengan irisan apel adalah cara sempurna untuk menghabiskan sore.

7. Permen

Kecil-kecil cabe rawit, itulah permen saat naik gunung. Walaupun kecil, permen mengandung air dan gula yang cukup membantu suplai kebutuhan akan zat tersebut ke dalam tubuh. Permen juga dapat membantu mengatasi kebosanan. Banyak yang menyarankan membawa permen buah-buahan yang manis.

8. Keju

Karena membawa susu saat naik gunung menjadi hal yang lumayan merepotkan, kita bisa menggantinya dengan membawa keju. Produk olahan susu ini sangat disarankan untuk dibawa karena merupakan sumber makanan yang padat, kecil, namun bergizi tinggi. Menurut penelitian, satu pon keju memiliki protein dan lemak yang sama jumlahnya dengan satu galon susu! Sedangkan lemak dan protein sendiri merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh.


itulah beberapa makanan yang mungkin dapat agan sista bawa ketika mendaki gunung emoticon-Big Grin
namun tetap di ingat, jangan lupa mambawa air minum dan semua bungkus makanan wajib agan sista bawa turun lagi, jangan membuat alam kita tercemar dengan sampah bekas makanan yang agan sista bawa
emoticon-cystg

sekian sedikit info dari nyubie emoticon-Embarrassment
kurang atau lebihnya boleh ditambahkan di kolom komentar emoticon-Embarrassment
emoticon-Maaf Aganwati emoticon-Maaf Agan


Quote:

Spoiler for no repsol:


Thanks for visiting
emoticon-Maaf Aganwati
@PutriElizabeth
nona212
nona212 memberi reputasi
1
15.7K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.