Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 1 Juli 2015 # Planet Venus dan Jupiter Bakal Nongol di Malam Hari

HarizFieldAvatar border
TS
HarizField
1 Juli 2015 # Planet Venus dan Jupiter Bakal Nongol di Malam Hari
1 Juli 2015 # Planet Venus dan Jupiter Bakal Nongol di Malam Hari


Selama bulan ini dua planet bersinar terang yaitu Venus dan Jupiter akan tampak mendekat bersama-sama di waktu senja. Lihatlah di belahan langit malam saat senja perlahan menghilang dan anda tidak boleh melewatkan indahnya fenomena ini. Keduanya merupakan benda langit terang setelah Matahari dan Bulan.
Di awal juni, kedua planet tersebut berjarak 20 derajat di langit. hampir sekitar dua kepal tangan bila anda menghitungnya. Minggu demi minggu, Jupiter dan bintang-bintang perlahan mulai terbit di waktu senja dan tampak mendekati horizon barat saat terbit. Namun Venus, sebagai akibat dari pergerakan orbitnya mengitari matahari, Venus tetap tinggi di ufuk barat. Sebagai hasilnya, perlahan kedua planet ini tampak berdekatan di langit senja.

Pada tanggal 30 juni dan 1 Juli 2015, planet Venus dan Jupiter akan tampak berdekatan di belahan langit barat. Jaraknya hanya sekitar sepertiga derajat. Keduanya akan tampak berhimpit rapat dan seperti bintang ganda di sore hari. Peristiwa ini dapat anda saksikan pada mulai Matahari terbenam hingga pukul 20.30 WIB dengan menggunakan mata telanjang maupun dengan menggunakan instrumen astronomi seperti teleskop. Bagi mata telanjang, kedua planet ini akan tampak berdekatan dan bagi pengamatan melalui teleskop, Venus dan Jupiter akan tampak dalam satu medan pandang.

Dengan adanya peristiwa ini, Kafe Astronomi sebagai Media Informasi Astronomi Indonesia akan mengadakan pengamatan Live Streaming yang dapat anda akses pada link www.kafeastronomi.com/live. Bilamana anda terlambat tidak dapat ikut mengamati fenomena ini, anda dapat mengakses video rekaman live streaming pada Official Account kami di https://www.youtube.com/user/kafeastronomi21 . Pengamatan live streaming direncanakan akan mulai on air pada tanggal 30 Juni 2015 dan 1 Juli 2015 pada pukul 18.00 WIB hingga 19.00 WIB.


1 Juli 2015 # Planet Venus dan Jupiter Bakal Nongol di Malam Hari

Ilustrasi penampakan Venus, Jupiter, dan benda-benda langit lain pada akhir Juni 2015.


Pengamatan

Untuk mengamati Venus dan Jupiter, caranya cukup mudah. Tak perlu alat apapun. Hanya perlu ketelitian sehingga tepat mengidentifikasi dua planet itu.

Venus dan Jupiter sepanjang Ramadhan akan tampak di ufuk barat setelah senja atau waktu buka puasa tiba.

Keduanya takkan tampak lama. Sekitar pukul 20.00 WIB, keduanya akan tenggelam. Jadi, waktu paling tepat untuk menyaksikannya adalah setelah buka puasa sebelum shalat tarawih.

Untuk membantu identifikasi, Anda bisa mengunduh aplikasi Stellarium. Dengan aplikasi itu, posisi Jupiter dan Venus bisa diketahui.

Planet secara umum akan tampak sebagai bintik putih. Untuk membedakan dengan bintang, Venus dan Jupiter tak akan tampak berkedip.

Venus dan Jupiter adalah planet yang menarik secara sains. Venus adalah planet dengan atmosfer terpanas dan belakangan terbukti memiliki gunung berapi aktif.

Jupiter sendiri menarik karena dikelilingi oleh satelit-satelit alami yang memiliki samudera dan dinyatakan berpotensi untuk mendukung kehidupan.


Mari gan kita abadikan moment langka ini emoticon-Traveller

REFERENSI
ASTRONOMI
Jupiter N Venus

Sains Kompas
zharki
zharki memberi reputasi
1
4.8K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.