Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

raven11Avatar border
TS
raven11
Yang Kecil Yang Berkah
Seorang pujangga Barat mengatakan bahwa small is beautiful, sebuah ungkapan yang mengandung pengertian secara bebas kecil itu indah. Ungkapan ini terlihat sepele, namun sejatinya memiliki makna yang cukup dalam. Secara filosofis dapat dipahami bahwa hal-hal besar, tak dapat dipungkiri, berasal dari hal-hal kecil. Tidak ada sesuatu yang disebut besar, tanpa melalui satu tahapan yang berkategori kecil.

Suatu ketika, Nabi SAW datang ke rumah ‘Aisyah ra dan melihat seoran wanita sedang duduk bersamanya. Ketika beliau bertanya tentang wanita itu, Aisyah menjawab bahwa wanita itu adalah orang yang selalu melaksanakan tahajud sepanjang malam tanpa tidur. Rasulullah lantas berkomentar: “Itu tidak baik. Sebaiknya engkau melakukan perbuatan baik yang dapat kau lakukan seumur hidupmu”. Beliau melanjutkan: “ Demi Allah, Dia tidak akan lelah memberimu pahala atas perbuatan baik yang kau lakukan, tetapi engkau-lah yang akan merasa lelah dan menyerah. Jadi lebih baik bagimu apabila melakukan perbuatan baik yang dapat kau lakukan secara terus menerus. Ini akan mempunyai nilai lebih dihadapan Allah”.

Sebuah perbuatan kecil yang dilakukan secara terus menerus adalah lebih baik dibandingkan perbuatan besar yang dilakukan terputus-putus.

Hal kecil yang sering disepelekan, sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa, yang dari sana muncullah hal-hal besar. Sebuah perjuangan dalam bentuk apapun, tak dapat dipungkiri berawal dan berasal dari sebuah ‘kekuatan kecil’. Akumulasi ‘barang-barang kecil’ inilah yang lantas membentuk sebuah gugusan besar. Satu prestasi yang terukir dalam skala apapun, dipastikan berakar dari upaya kecil yang dilakukan secara kontinyu. Ketekunan dan ketahanan untuk bertahan dan terus melakukan yang ‘kecil’, membuahkan satu prestasi yang disebut besar dan luar biasa.
0
1.2K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.