Baik atau buruknya nilai dari sebuah produk bisnis bisa dinilai dari kualitas desain digital storefront-nya. Faktnya, situs dengan tampilan buruk akan dianggap sebagai situs yang tidak terpercaya dan hal itu bisa mempengaruhi pendapatan situs tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi fakta ini, tapi tidak ada yang jauh lebih baik daripada memiliki sebuah situs yang menarik.
Fotografi produk adalah salah satu cara terbaik, dan paling mudah dilakukan, untuk meningkatkan daya tarik sebuah website. Gambar besar dan berkualitas tinggi bisa membantu pengunjung untuk membayangkan lebih jelas sebuah produk.
Berikut adalah 5 jenis fotografi produk berdasarkan teknik pengambilan gambarnya untuk memaksimalkan jualan online.
Quote:
1. Foto individu
Ini merupakan jenis foto yang paling umum dalam fotografi produk. Kita bisa menemukannya di halaman kategori dan produk. Teknik ini biasanya menekankan pada produk individu dan biasanya menggunakan latar belakang berwarna putih atau hitam. Umunya semua produk yang ada di website akan ditampilkan dengan format ini.
Kegunaan: Manis, sederhana dan foto wajib yang harus ada setiap produk.
Tips: Mungkin kita masih bergantung pada foto produk individu dari produsen, tapi menciptakan foto produk individu sendiri akan memberikan perbedaan pada situs dan merek kita.
Quote:
2. Foto grup
Kebalikan dari foto individu, foto grup digunakan untuk menampilkan item dalam lini produk yang sama. Kadang-kadang foto jenis ini juga digunakan untuk produk yang dikemas dalam jumlah yang berbeda.
Kegunaan: Menampilkan jajaran produk yang tersedia, menunjukkan aksesoris visual.
Tips: Cobalah mengatur produk ke dalam bentuk yang berbeda, bukan hanya seperti baris dan kolom, dan mintalah masukan dari teman orang lain.
Quote:
3. Foto detail
Jenis foto ini sering digunakan pada produk-produk teknologi. Biasanya menggunakan foto closeup untuk menunjukkan bagian atau fitur tertentu dari produk untuk penekanan. Umumnya foto ini diletakkan di area tepi foto, ketika disorot atau diklik foto ini akan tampil untuk menunjukkan detail yang lebih jelas.
Kegunaan: Sebagai komunikasi visual untuk detail dan kualitas produk.
Tips: Untuk menghasilkan foto detail produk yang bagus gunakan pencahayaan foto yang baik. Idealnya, sinar matahari cukup bagus untuk digunakan sebagai pencahayaan
Quote:
4. Foto komponen
Foto komponen adalah foto yang mengambil bagian-bagian dari individu produk untuk menambahkan penekanan. Variasi komposisi namun umumnya diambil dengan cara yang konsisten untuk menunjukkan bagian-bagian yang saling berhubungan.
Kegunaan: Produk dengan bagian-bagian yang bisa ditukar, seperti 3-in-1 mixer dengan pisau, mangkuk, dan pembuat adonan.
Tips: Ingatlah bahwa bagian-bagian yang muncul di tepi luar gambar cenderung untuk menarik perhatian.
Quote:
5. Foto teaser
Foto teaser sering digunakan untuk meningkatkan minat pembeli dan menampilkan daya tarik artistik. Kita bisa menampilkan produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan umumnya mencakup penggunaan berat dari alat peraga. Foto ini biasanya digunakan pada halaman header header/splash dan kategori.
Kegunaan: Menampilkan foto candid produk dalam kehidupan sehari-hari sebagai background.
Tips: Foto ini mungkin tidak akan cocok untuk setiap produk atau bahkan setiap toko.