KAJUBEL.OfficialAvatar border
TS
KAJUBEL.Official
Wayang Hadi Sukirno, Wayang Kulit Asli Yogyakarta
Wayang Kulit Hadi Sukirno
Wayang Kulit Kece Asli Yogyakarta!

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol






Awal Mula Usaha

Usaha kerajinan wayang kulit ini awalnya sudah dirintis oleh kedua orang tua Juragan ini dari tahun 1962. Namun pada waktu itu memasarkan kerajinan kulit tidaklah gampang, banyak hambatan yang ada dan juga peminatnya pun dibilang tidak banyak. Karena untuk kerajinan kulit, harganya bisa dibilang relatif cukup mahal pada waktu itu. Seiring berjalannya waktu, kabar baik menghampiri, pada tahun 1972 pemerintah mengumumkan akan membuka tempat-tempat pariwisata dan sekaligus memberi kesempatan kepada wisatawan asing untuk melihat seni dan budaya Indonesia.



Pada tahun itu, mereka belum memiliki showroom sendiri, sehingga hanya membuka lapak di tempat-tempat wisata. Nah alhamdulillah, banyak wisatawan asing yang tertarik, hingga akhirnya mulai menangani pesanan customer dari luar negeri.

Perkembangan pariwisata yang semakin baik, juga memberikan dampak yang baik untuk permintaan kerajinan kulit. Hal itu menjadi pemacu untuk mengembangkan desain produk dari kulit yang bisa digunakan oleh berbagai kalangan, yaitu souvenir seperti gantungan mobil, pembatas buku/bookmark, kipas renteng, undangan dan wayang box.

Ternyata usaha pengembangan desain tersebut tidak sia-sia. Banyak perusahaan yang cukup besar seperti Gudang Garam, Pos Indonesia, BCA, Pertamina dan masih banyak lagi perusahaan besar yang memberikan kepercayaan untuk membuat souvenir di event perusahaan yang mereka selenggarakan.



Tiba saatnya Agan ini mulai untuk berjualan melalui internet. Sebenarnya belum bisa dianggap toko online, lebih tepatnya web katalog produk, yang bisa dibilang masih sederhana dengan nama bapaknya sendiri yaitu Hadisukirno. Oooo, jadi Hadi Sukirno itu nama bapaknya Gan emoticon-Smilie

Ternyata berjualan online memang tidak semudah yang dibayangkan. Dan dari awal belajar tentang berjualan melalui internet, Agan ini juga suka buka KASKUS. Nah, disitulah mulai tertarik dengan FJB, banyak member KASKUS yang buka lapak disini dan ternyata penjualannya cukup bagus.

Ternyata member KASKUS juga banyak yang pecinta wayang. Hal ini cukup menyenangkan, karena ternyata pemuda-pemuda dan generasi Indonesia masih banyak yang peduli dan memperhatikan akan kesenian dan kerajinan Indonesia seperti wayang.





Spesifikasi Wayang Kulit yang dibuat apa aja?

Wayang kulit yang disediakan disini adalah baik gaya/gagrak Jogja dan Solo. Untuk wayang kulit, Wayang Hadi Sukirno menyediakan wayang kulit baik untuk pentas dalang, koleksi maupun untuk dijadikan souvenir.

Ukuran wayang:
  • standar pentas dalang
  • wayang ageng
  • wayang kidangan
  • wayang caperan
  • wayang mini


Sedangkan untuk kisaran harga wayang sebagai berikut :
• Wayang Mini/Caperan ( ukuran rata-rata 25 cm ) : 50.000,- s/d 100.000,-
• Wayang Kidangan ( Ukuran rata-rata 45 cm, termasuk gapit/tangkai ) : 125.000,- s/d 250.000,-
• Wayang Prada ukuran standar pedalangan (lapis prada emas) : Rp 950.000- Rp. 3.500.000.
• Wayang Super/Halus : Rp 375.000 - Rp 3.000.000.
• Wayang Dagel/Standar : Rp 200.000 - Rp 1.750.000.


Sedangkan untuk souvenir kulit, harga berkisar mulai 6.000,- s/d 200.000,-.

Harga wayang gagrak/gaya Solo biasanya lebih mahal dibandingkan wayang gagrak Jogja, karena detail tatahan dan sunggingan/pewarnaan memang lebih banyak dibanding wayang gagrak Jogja.





Yang paling laris biasanya apa?

Produk yang paling laris biasanya wayang keluarga Pandawa, putera-putera Pandawa, Punokawan, Kresna, Rama-Shinta, Kamajaya-Kamaratih dan Anoman.






Apa keistimewaan dari produk Agan ini?

• Dari segi material/bahan bakunya, wayang dibuat dari kulit kerbau asli, gapit/tangkainya dari tanduk kerbau. Tatahan dan sunggingnya halus.
• Souvenir dari bahan kulit, resiko kerusakan saat pengirimannya sangat kecil
• Lebih elegan, esklusif dan penuh makna
• Menjual barang kerajinan seperti wayang kulit, selain sebagai mata pencaharian/mencari untung. Kita juga ikut melestarikan dan mengenalkan warisan kesenian budaya Indonesia yaitu wayang.
• Wayang kulit tidak hanya indah dari segi fisiknya ( tatahan/pahatan, sungging/pewarnaan), tetapi setiap tokoh wayang memiliki karakter tersendiri yang bisa dijadikan contoh maupun diambil ilmu dan pelajaran dari kisah-kisah pewayangannya.


Untuk yang menggemari kerajinan khas Indonesia apalagi menyukai Wayang, ini wajib banget ada di rumahlo Gan!
Langsung aja ke lapak Wayang Kulit Hadi Sukirno
http://kask.us/gWcOS


emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol



Quote:



Spoiler for :


0
74.3K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Product Review
Product Review KASKUS Official
14.8KThread484Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.