Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jika Kondisinya Begini, Sebaiknya Pasien Diabetes Segera Buka Puasa

tozbroAvatar border
TS
tozbro
Jika Kondisinya Begini, Sebaiknya Pasien Diabetes Segera Buka Puasa
Spoiler for diabetes:

Berpuasa merupakan kewajiban bagi umat Muslim, tidak terkecuali bagi penyandang diabetes. Beberapa modifikasi bisa dilakukan oleh para penyandang agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Namun dalam kondisi tertentu, sebaiknya disegerakan untuk berbuka puasa.

"Puasa memang kewajiban, namun dalam kondisi tertentu jika si pasien memaksakan kehendak untuk tetap melanjutkan puasa, bukan tidak mungkin akan mempertaruhkan nyawanya," ujar dr Em Yunir, SpPD, KEMD, spesialis penyakit dalam, dalam acara 'Kelola Diabetes Anda Secara Tepat Selama Berpuasa!', yang diadakan di ruang Candi Kalasan, Hotel Grand Sahid Jaya, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Saat menjalankan ibadah puasa, seorang penyandang diabetes harus rutin melakukan cek kadar gula darah untuk mengetahui apakah kondisi tubuhnya masih memungkinkan untuk melanjutkan berpuasa hingga maghrib atau tidak.

"Jika setelah melakukan cek gula darah kemudian diketahui gula darahnya berada di bawah 70 mg/dL, maka pasti ia akan merasa lemas, berkunang-kunang, dan keringat dingin. Dalam kondisi ini ia harus segera berbuka puasa. Jika tetap memaksa melanjutkan, bukan tidak mungkin bisa membahayakan nyawanya," lanjut dr Yunir.

Begitu juga sebaliknya, jika kondisi gula darahnya sudah meningkat, yaitu berada di atas 300 mg/dL, maka pasien juga harus segera berbuka puasa. Lantas bagaimana jika setengah jam menjelang berbuka puasa gula darahnya berada di bawah 70 mg/dL atau di atas 300 mg/dL?

"Saya sarankan untuk tetap berbuka, meskipun sudah sedikit lagi waktunya berbuka puasa. Bukan apa-apa, tapi ini masalah nyawa. Kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi pasien beberapa menit kemudian, kalau dipaksakan menunggu tapi taruhannya nyawa bagaimana?" imbuh dr Yunir.

Dr Yunir menambahkan, ia seringkali mendapatkan pasien yang memaksa ingin melanjutkan puasa. Jika kondisinya sudah seperti ini, ia akan memberikan edukasi lanjutan pada pasien. Ia ingin mengingatkan pasien bahwa dokter melakukan tindakan seperti ini untuk kelangsungan hidup pasien.


[URL="http://health.detik..com/read/2013/07/02/185319/2290708/763/jika-kondisinya-begini-sebaiknya-pasien-diabetes-segera-buka-puasa?l992205755"]emberrr[/URL]

Buat agan agan yang normal jangan ikut-ikutan yah gan....????


Quote:
Diubah oleh tozbro 02-07-2013 20:35
0
2.3K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.