Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayutengtongAvatar border
TS
ayutengtong
Anggap Mubazir, Ahok Berencana Hapus Bus Sekolah
Anggap Mubazir, Ahok Berencana Hapus Bus Sekolah

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan dia akan menghapus bus sekolah di Ibu Kota. Basuki menganggap keberadaan bus sekolah mubazir.

"UPT bus sekolah ini hanya menghabiskan duit saja," kata dia saat ditemui di Balai Kota, Rabu, 24 Juni 2015.

Menurut Ahok, sapaan Basuki, kehadiran bus sekolah tak efektif karena masih banyak pelajar yang memilih moda transportasi lain ketimbang bus sekolah. Selain itu, kata Ahok, dengan ditambahkannya armada bus Transjakarta dan kopaja yang terintegrasi dengan Kopaja, pemprov DKI tak lagi membutuhkan bus sekolah untuk mengangkut para pelajar.

"Percuma UPT diberikan dana operasional puluhan miliar, tapi pelayanannya tak memuaskan," kata Ahok.

Sebagai gantinya, para pelajar yang berasal dari keluarga menengah ke bawah dapat menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang dibagikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jadi, kata Ahok, pelajar tinggal tunjukkan saja KJP dan mereka dapat naik bus cuma-cuma. Cara ini juga digunakan Ahok untuk memantau pergerakan pelajar di DKI. Menurut Ahok, dalam KJP nanti diberikan chip sehingga ketahuan di mana saja para pelajar ini naik dan turun bus.

Adapun, Ahok mengatakan, bus-bus sekolah yang saat ini masih beroperasi akan dihibahkan untuk operasional pegawai negeri sipil yang membutuhkan. Namun, dia belum tahu pasti kepada SKPD atau UKPD mana bus sekolah ini akan diberikan. "Untuk PKK juga boleh saja sih," kata Ahok.

Saat ini ada 174 bus sekolah di DKI, tapi hanya ada 114 unit yang beroperasi. Sisanya, tak berfungsi dengan baik sehingga harus dikandangkan. Dari 114 unit ini, 45 unit terdiri dari bus kecil yang berkapasitas 19 tempat duduk dan 69 unit bus besar berkapasitas 23 tempat duduk. Setiap harinya bus sekolah beroperasi sesuai jadwal masuk dan pulang sekolah para pelajar, yaitu pukul 05.00-06.30, 11.00-14.00, dan 16.00-18.30.

YOLANDA RYAN ARMINDYA

sumur: Tempo.co
0
1.2K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.