Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jilfikriAvatar border
TS
jilfikri
Bisnis Home Recording(investor needed)

Thread belum selesai

Saya adalah Leader sebuah band sejak tahun 2006, band yang saya pimpin ialah “AKSEN”

Facebook pake AKSEN
[URL="https://www.S E N S O Raksen_music"]Soundcloud AKSEN[/URL]
Youtube chanel AKSEN
aksenmusic@gmail.com

Sebenarnya yang kami butuhkan ialah segala hal yang mendukung untuk perkembangan AKSEN, kami akan selalu berusaha konsisten dalam bermusik dengan melahirkan karya karya yang positif bagi halayak, kami ingin menghibur, menginspirasi, menumbuhkan semangat para pendengar musik kami

Alhamdulillah saya sudah menggarap 3 buah lagu sampel lumayan menghabiskan gaji saya satu bulan dan mebuat saya sering begadang dan terlambat masuk kerja untuk 3 buah lagu, saya mengambil atau merekam suara di suatu home recording dan saya mixing sendiri, itulah alasan kenapa saya membutuhkan dana karena sebenarnya saya ingin membeli peralatan home recording sendiri,
Pencarian dana Ini memang optional rumit bagi kami antara mungkin dan tidak mungkin, tapi its oke akan saya coba, Karena saya belum menemukan cara lain, saya sudah pernah mencoba meminta personil band saya untuk urunan/patungan untuk membeli alat alat musik kita sendiri, mereka memang mengatakan “ya” sejak enam bulan lalu , tapi kenyataannya belum ada satupun yang membuktikannya. Saya ini berasal dari keluarga sederhana, bisa dikatakan saya akan dimarahi kalau ketahuan saya mengeluarkan modal untuk bermusik, belum lagi saya sudah punya istri, ini benar benar posisi sulit saya bisa di tertawakan oleh tetangga dan mertua karena ada kebutuhan yang lebih penting yaitu kebutuhan rumah tangga saya. Kadang saya pernah berfikir untuk meminjam uang ke bank, tapi ini sangat tidak layak karena pasti saya harus membohongi pihak bank karena bank hanya meminjamkan dana untuk usaha yang real, saya tidak mau perjalanan AKSEN di bumbui dengan kebohongan, saya hanya punya gitar akustik untuk mendapatkan inspirasi, itupun kadang sering hilang karena tidaksempat saya rekam, oh ia saya sebelumnya juga tidak punya HP yang bisa merekam saya baru mampu membeli nya di tanggal muda kemarin. Sudahlah saya tidak mau banyak menceritakan kesedihan menurut saya itu tidak layak di ceritakan lebih dalam.
Kenapa Home recording?
Ya selama 5 bulan terakhir saya sudah mempelajarinya, kebetulan saya bekerja di sebuah jasa servis komputer, kadang saya ngoprek ngoprek software yang berkaitan dengan recording di laptop atau komputer pelanggan saya sebelum mereka mengambilnya. Saya sendiri tidak mempunyai laptop. Dengan berbekal google dan youtube akhirnya saya anggap saya sanggup melakukan mixing dan mastering sendiri, meskipun hasil nya masih tanda tanya yang penting buat saya dengan menggarap musik sendiri saya akan lebih leluasa berekspresi dalam arrangement, ada perbaikan sedikit demi sedikit bisa langsung di di perbaiki, beda dengan kita recordig di tempat orang, sudah mahal hasilnya tidak memuaskan, ada yang ingin di perbaiki harus bayar lagi, pas nyampe tempat recording inspirasi kadang lupa, gak konsen, canggung, bahkan untuk sekedar memilih efek gitar pun sering terasa selalu kurang pas.
Berikut hitung hitungan home recording menurut saya.
Dana yang di butuhkan ialah sekitar Rp 10.000.000 untuk membeli alat alat home recording tidak menutup kemungkinan itu sudah termasuk biaya tak terduga
Begini perhitungannya
Jaman sekarang biaya untuk menggarap satu buah lagu menurut saya semakin mahal, di daerah saya minimal Rp 300.000 satu lagu, itu sistim shift, itu pun kualitasnya sangat sangat mendasar.. kalau besok besok ingin perbaikan ya biaya lagi. Hasil recording biasanya tidak memuaskan, arangement yang mendadak di tempat recording menurut saya sendiri membuat canggung tidak bisa leluasa, bahkan untuk memilih efek gitar pun biasanya tidak enjoy, tidak menutup kemungkinan mendapatkan kualias bagus tapi pasti harga nya berlipat lipat, akan lebih maksimal kalau arrange sendiri bukan?
Sedangkan apabila alat alatnya kami miliki kami akan bebas berkreasi dan berekspresi dan menggarap materi lagu sebanyak banyaknya tanpa perlu canggung canggung..kebetulan saya sendiri sudah mempelajari teknik mixing dan masteringnya selama 5 bulan terakhir.

Perihtungan pengembalian modal

Kita buat simple dulu nanti akan saya perjelas besok
Total dana yang di perlukan Rp 10jt
Satu bulan saya fokus garap lagu saya
berikutnya sakan kirim demo ke label
Setelah itu akan saya buka recording untuk umum
Katakan semimin mungkin ada sekitar 6 track dalam sebulannya
Per lagu Rp 300.000 x 6 = 1.800.000
Saya bekerja di servis komputer juga
Jadi menurut saya penghasilan bersih dari omset home recording pun bisa buat nyicil break event poin,
Akan di cicil Rp 1.800.000 per bulan dalam jangka waktu 10 bulan jadi anggap saja revenue nya 80%
Kalau saya masuk label perhitungan ini tidak akan berubah.



Jadi uang Rp 10.000.000 tersebut akan di belikan pada
1 unit Komputer Rp 2.000.000 (kebetulan saya kerja servis komputer jadi tau cara beli murah berkualitas)
Soundcard Rp 1.500.000
Gitar Rp 1.500.000 (yang biasa aja)
Bass Rp 1.500.000 (yang baisa aja)
Headset Monitoring estimasi sekitar Rp 1.000.000 dua buah
Microphone yang Rp 200.000 aja
Dan Rp 300.000 untuk membeli karpet bludru buat bikin kedap suara sekaligus mencegah gema di kamar yang mau di sulap jadi studio home recording.
Sisanya untuk biaya tak terduga.

Software yang sempat saya pelajari diantaranya
1. Untuk DAW
Nuendo 4,3
Prootools 11
2. Additional sound
Frutyloop 11
4. Mixing dan mastering
Izotope Alloy 2 dan Izotope Ozone 6

4. Software lain
Addictive drum
Melodyne
Autotune
guitar Rig5
Dan masih banyak yang lainnya


well next?
Intinya target saya untuk tahun ini adalah masuk major label, atau minimal saya bisa mengirimkan demo. Sejak 2006 nge band saya tidak pernah terfikirkan untuk menuju major label tapi tahun ini entah kenapa seolah ada yang membisikkan bahwa saya harus mencobanya. Semangat saya tiba tiba mucul untuk terus mengembangkan hoby saya yang tak pernah bisa di tinggalkan ini menuju hal yang lebih terarah. Oleh karena itu dana investasi anda yang saya peroleh ini akan saya belikan untuk alat alat home recording agar lebih irit dalam menggarap semua lagu saya. Setelah saya memiliki alat alat sendiri saya akan merekam lagu lagu saya segera dan mengirimkan demo nya ke beberapa major label. Target major label yang cocok dengan lagu lagu saya ini meurut saya itu diantaranya adalah SONY, MUSICA, AQM,UNIVRSAL ,PRO-M, TRINITY, E-MOTION, WARNER DLL,, intinya yang memberi peluang ke lagu-lagu british idealist. Saya tau dengan masuk ke major label bukan berarti impian saya terwujud, sebenarnya itu baru permulaan itu hanya sebuah bukti bahwa karya kita layak di apresiasi, masalah perkembangannya kembali lagi pada konsep, karya, kekompakan visi misi yang begitu luas masih perlu waktu yang lama untuk berjuang membangunnya.
Anda bisa perhatikan dari tiga lagu sample tersebut bagi saya itu belum apa-apa itu baru sekitar 25% , itupun banyak lirik yang ingin saya ganti karena pengucapannya tidak enjoy atau kurang bermakna, vokal yang fals, musiknya tidak sesuai tema,ada juga lagu yang ingin pindah cord karena nada terlalu tinggi DLL, saya ini tipe fleksibel saya ingin garapan garapan lagu saya sempurna dalam sisi apapun baik lirik, arrangement, nada DLL meskipun memakan waktu, dan saya sesempurna apapun kualitas home recording mana bisa di andalkan, tapi bagaimana bisa sampai ke hati para pendengar kalau saya sendiri yang mendengarkan masih merasa banyak yang perlu di perbaiki, saya akan menghabiskan banyak uang kalau saya harus membayar orang untuk menggarap lagu lagu saya, apabila saya punya peralatan itu akan jauh lebih irit setelah itu baru saya terma recordig untuk umum.
Diubah oleh jilfikri 30-06-2015 12:49
0
2.4K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
70KThread11.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.