Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hobi.nyapresAvatar border
TS
hobi.nyapres
[Panasbung Kalap] Tolak Dana Aspirasi, Fraksi Nasdem Disoraki Saat Rapat Paripurna
JAKARTA, KOMPAS.com — Fraksi Partai Nasdem di DPR menyampaikan penolakan terhadap usulan dana aspirasi daerah pemilihan dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2015). Namun, penolakan itu langsung direspons negatif oleh sejumlah anggota DPR.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, saat pembahasan mengenai dana aspirasi, Fraksi Nasdem langsung mengajukan interupsi. Nasdem diwakili oleh wakil ketua fraksinya, Johny G Platte.

"Dana aspirasi harusnya dilakukan melalui Musrenbang. Kami menolak kebijakan DPR RI yang ingin mengesahkan dana aspirasi, kalau itu dilakukan dan disisipkan melalui APBN 2016," kata Johny.

Belum selesai Johny menjelaskan argumentasinya, suara "hhuuu" langsung menggema di ruangan sidang paripurna. Namun, Johny tetap menjelaskan argumentasinya. (Baca: Hampir Separuh Anggota DPR Tak Hadir Saat Rapat Paripurna Dana Aspirasi)

Johny mengatakan, salah satu alasan Nasdem menolak dana aspirasi ini karena hal tersebut bertentangan dengan undang-undang. Johny merasa bahwa sebagian kalangan di DPR telah memelintir Pasal 80 huruf j Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Dia mengatakan, UU itu memang memerintahkan anggota DPR memperjuangkan aspirasi masyarakat. Meski demikian, bukan berarti perjuangan itu dilakukan melalui dana aspirasi sebesar Rp 20 miliar per anggota DPR setiap tahunnya. (Baca: KPK Ingatkan DPR Hati-hati soal Dana Aspirasi)

"Kami merasa penafsiran Pasal 80 huruf J tidak dibenarkan apabila ditafsirkan restriktif, harusnya ditafsirkan dengan UU lainnya yang lebih tinggi, yaitu undang-undang dasar," kata Johny.

Setelah Nasdem, anggota DPR dari fraksi lainnya juga berebut untuk melakukan interupsi. Namun, pimpinan sidang, Fahri Hamzah, tak lagi mengizinkan. Fahri langsung meminta Ketua Panja Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) Totok Daryanto untuk menyampaikan paparan mengenai dana aspirasi kepada anggota yang hadir.

Selain Nasdem, fraksi dari PDI-P dan Partai Hanura sudah menyatakan menolak dana aspirasi ini. Adapun tujuh fraksi partai politik lainnya menyampaikan dukungannya terhadap dana aspirasi dalam rapat Badan Legislatif siang ini. (Baca: Atas Perintah Megawati, PDI-P Tolak Dana Aspirasi)

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2015...apat.Paripurna

kelakuan panglimanya panasbung kalo udah kalap ngeri gan emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) tapi akhirnya panasbung bisa hidup makmur & sentosa dengan dana aspirasi emoticon-Angel
Diubah oleh hobi.nyapres 23-06-2015 10:02
0
9K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.