Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

balolateaAvatar border
TS
balolatea
("kelebihan" jokowi) Isu Sampah Dibahas Presiden Jokowi di Istana


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak biasanya tema rapat terbatas di Kantor Presiden hari ini, Selasa (23/6/2015), memiliki tema berbeda, yakni soal pengelolaan sampah. Dipimpin Presiden Joko Widodo, isu sampah yang biasanya menjadi wewenang pemerintah daerah kini menjadi pembahasan di tingkat istana.

Jokowi membuka rapat itu dengan memaparkan persoalan sampah yang gagal diselesaikan hampir di seluruh kota di Indonesia. Dia pun membandingkannya dengan cara negara-negara lain mengolah sampah.

"Saya lihat di Jerman, Singapura, Korea, beberapa cara pengolahan sampah yang berbeda dan memang ada, dan di negara kita belum ada," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, dari pengalamannya sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, penanganan sampah kerap terkendala dengan regulasi. Sehingga Jokowi menginginkan agar isu sampah dikelola secara terpadu dan bersistem, mulai dari level masyarakat, pemerintah daerah, hingga pemerintah pusat.

Persoalan yang juga perlu ditangani adalah mengubah perilaku masyarakat. Jokowi mengetahui masih adanya sebagian warga yang masih menimbun sampah.

"Oke, perlu membangun sistem yang terpadu mulai dari RT pemilahan, penjemputan hingga pengolahan di TPA sebagai pengolahan akhir sampai. Intinya kita ingin ada kabupaten dan kota yang bisa dijadikan contoh baik regulator maupun recycler dan seterusnya," tutur Jokowi.

Hadir dalam rapat terbatas ini, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeldjono.
sumber

=======================================================
Ga spt prsiden2 sebelumnya yg kalo rapat yg dibahas cuma laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, persiapan mudik, persediaan bahan pokok selama ramadhan, stabilitas harga bahan pokok. Kan bosen kalau bahas yg itu2 mulu emoticon-Big Grin .Kali ini pak presiden kreatif banget dah rapat terbatas di bulan ramadhan bahas masalah sampah emoticon-Big Grin

jokowi emoticon-Jempol

emoticon-Big Grin



0
11.2K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.