Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

miyabimaria123Avatar border
TS
miyabimaria123
Unik, salju pink 'rasa' semangka liputi gunung ini tiap musim panas


Setiap awal musim panas saat suhu udara cukup rendah hingga salju terakhir tak meleleh, sebagian area pegunungan Sierra Nevada, California, AS diliputi salju merah muda.

Uniknya, jika didekati salju merah muda ini tampak seperti es serut semangka. Saat diinjak pun, aromanya tercium seperti semangka. Karena itulah fenomena ini disebut 'watermelon snow' atau salju semangka.



Dilansir Amusing Planet, salju semangka ini telah menarik perhatian para pendaki sejak ribuan tahun lalu. Sejak zaman Yunani kuno, salju merah mudah Sierra Nevada telah dijelajahi dan diteliti. Tentu saja, saat itu belum ada penjelasan ilmiah yang bisa mengungkap asal-usulnya.

Seiring kemajuan teknologi, para peneliti telah berhasil menemukan penyebab salju pink tersebut. Chlamydomonas nivalis, jenis algae yang hidup di salju merupakan jawabannya.



Algae ini menyimpan pigmen karotenoid merah dalam tubuhnya. Pigmen ini berfungsi untuk menyerap panas dan dan melindungi algae dari sinar ultraviolet.Chlamydomonas nivalis berhibernasi di dalam salju selama musim dingin.

Ketika cahaya matahari berlimpah dan salju mencair di musim semi dan panas, barulah algae tersebut terbangun. Mengeluarkan warna serta aroma segar yang unik.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.4K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.