Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bukanfxbiasaAvatar border
TS
bukanfxbiasa
Kata siapa sayur Organik itu mahal dan paling sehat?
Gini bos, banyak orang beranggapan sayur organik itu mahal dan paling sehat. Itu benar, tapi kurang tepat. Kenapa alasannya?...

Sekarang kita pahami dulu apa arti organik?... organik adalah berasal dari kata tanah, tapi itu adalah simbol saja untuk memaksudkan hal yang alami alias tak tercemar.

Jadi, apakah sayuran yang lo beli dari supermarket dengan label organik itu memang alami dan tak tercemar?, jawabannya bisa jadi - alias belum tentu juga. Sebab begini, boleh sayur lo ditanam tanpa pupuk kimia, tanpa obat anti hama, lalu bagaimana denganb bibit/bijinya?...
Biji tanaman bisa dikembangkan dengan cara rekayasa genetika atau yang disebut kultur jaringan, merupakan bagian dari bioteknologi pertanian Teknologi ini merupakan teknologi rekayasa yang dikembangkan untuk mendapatkan sayuran/komoditas pertanian lain yang lebih cepat tumbuh, usia pendek, lebih gemuk, dsb - artinya bibit unggul gitulah; sehingga keuntungan cepat didapat oleh petani. Bioteknologi juga mencakup rekayasa tanah atau tempat menanam, tapi ada dua sistem yaitu hidroponik dan aeroponik, namun hal ini mungkin masih bisa dimaafkan.

Kultur jaringan
Kalau dijabarkan ini terlalu panjang, karena meliputi hal-hal teknik seperti trasgenik, dan semua bisa melibatkan bakteri, tumor, enzim, dll. Lalu apa resikonya bagi kesehatan?.. Pendek kata, apa-apa makanan yang dimodifikasi bioteknologi bisa meningkatkan sensitifitas terhadap alergen tertentu, dan gen asing dapat mempengaruhi atau mengganggu keseimbangan nutrisi. Selain itu, rekayasa genetika bisa menggunakan gen resisten antibiotik sebagai penanda, sehingga produk makanan yang mendapatkan gen tersebut mengurangi resistensi antibiotik; dan ini bisa ditransfer pada manusia dan juga akan ikut menjadi resisten antibiotik.

Singkat saja ceritanya, karena lo masih bisa browsing sendiri kan?.. Intinya, bhawa makanan yang katanya organik pun bisa tak organik jika ditelusuri secara mendalam.

Nah dengan demikian maka, makan yang mahal-mahal lo beli itu belum tentu bisa disebut organik. Kesimpulannya, sayuran organik itu tak harus mahal, bahkan sangat murah. Bahkan lo tak harus beli beroo.. !
Spoiler for Tempuyung:


Spoiler for Genjer:


Spoiler for Wewean/eceng sawah:


Spoiler for Semanggi:


Spoiler for Gundah:


Spoiler for Kenikir:


Spoiler for Ulam-ulam atau putat:


Spoiler for Kembang turi:


Spoiler for Daun mangga:


Spoiler for Antanan:


Spoiler for Jamur kuping:

Quote:


Spoiler for Pakis:

Masih banyak lagi sayuran yang real organik dan murah lainnya, yaitu daung singkong, daun pepaya, bayam liar, daun beluntas, eceng gondok, dan masih banyak lagi - bahkan ditap daerah ada budaya tersendiri.

Masalah rasa, sayuran organik diatas tak perlu diragukan. Dengan bumbu seadanya, bahkan rasanya sangat nikmat - ya, karena asli organik. Tanaman-tanaman sayuran tersebut kebanyakan tumbuh liar disawah, tepi sungai, dsb.

Nih masakan genjer atau oncomnya hasil masaknya mbak Yuyun
Spoiler for Masakan Yuyun:


Sudah Bero, cari sendiri saja yang lain. Saya ingatkan saya bukan dokter atau ilmuwan, jadi kalau mau protes secara ilmiah silahkan browsing saja - cari lawan yang sepadan. Apa yang saya tulis ini dari berbagai sumber di internet, mengenai terpercaya atau tidak, silahkan diuji sendiri. Sumber gambar bisa milik siapa saja, kalau nggak terima gambarnya di pasang disini, silahkan protes ke saya.

Diubah oleh bukanfxbiasa 25-06-2015 04:50
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
9.9K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.