Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alfatihhhAvatar border
TS
alfatihhh
INILAH VARIAN BATU TERMAHAL DI PASARAN GAN
emoticon-Hot News WELCOME TO MY SECOND THREADemoticon-I Love Indonesia

Siapa yg tdk kenal batu akik dan permata?emoticon-Bingung (S)Popularitasnya kian menanjak seiring media yang mempopulerkan ragam dan variannya. Bahkan kini menjadi souvenir resmi Konferensi Asia Afrika. emoticon-I Love Indonesia (S) Namun tahukah agan varian batu termahal yang beredar di pasaran? Lets check it broh emoticon-Angkat Beer


[1] Batu Bacan, berwarna hijau dan hijau kebiruan, ciri khasnya yang berserat menjadikan batu ini buruan kolektor fanatiknya, varian harganya pun mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari yaitu bacan doko dan batu bacan palamea yang banyak di temukan di kepulauan Maluku dan Halmahera. Batu bacan dipercaya dapat melancarkan usaha, melindungi diri dan memancarkan aura pemakainya.


[2] Batu Safir, memiliki varian warna biru, merah muda, jingga,hijau dan ungu. Safir tergolong permata mahal yang disukai sebagai perhiasan dan dipercaya menambah aura dan kebahagiaan pemakainya. Harganya pun berkisar jutaan rupiah. Kristal safir berbentuk senyawa tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi.


[3] Batu Rubi, sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Selama ribuan tahun, Ruby dianggap sebagai batu cinta, energi, gairah, kekuatan, dan semangat hidup dengan simbolnya merah menyala bak api dan darah. Rubi dianggap merupakan salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan. Warna merah paling berkilau dan paling bernilai dapat berharga sangat tinggi melampaui rubi lain dengan mutu yang sama. Setelah warna, berikutnya adalah kejernihan: batu yang jernih menandakan harga tinggi.


[4] Zamrud, jenis permata ini memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian. Bahkan beberapa orang percaya zamrud memiliki khasiat kekebalan dan penolak bala. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil.


[5] Intan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri. Intan terbaik ditambang di Afrika tengah dan selatan, walaupun kandungan intan yang signifikan juga telah ditemukan di Kanada, Rusia, Brasil, dan Australia. Adapun daerah penghasil intan di Indonesia yaitu martapura (gambar tambang intan zaman belanda). Intan menjadi batu dengan harga termahal dengan satuan internasional berupa karat.


[6] Topaz adalah mineral silikat yang terdiri dari aluminium dan fluorin dengan formula kimia Al2SiO4(F,OH)2. Topaz mengkristal dalam bentuk ortorombik dan sebagian kristalnya berbentuk prisma berujung piramida atau bentuk lain.Topaz murni tidak berwarna dan transparan namun biasanya diwarnai oleh impuritas mineral sehingga berwarna kuning, abu-abu muda atau jingga kemerahan, dan biru cokelat. Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jasmani, rohani dan kedamaian.


[7] Batu opal, di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya. Opal adalah bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa (bentuk mineraloid-nya, bukan mineral). 3% hingga 21% dari berat keseluruhannya berupa air, namun biasanya isinya antara 6% hingga 10%. Opal terbentuk pada suhu yang relatif rendah dan ada di retakan setiap jenis batuan, umumnya ditemukan bersama limonit, batu pasir, riolit, marl dan basal. Struktur dalam opal membuatnya mampu menyebarkan cahaya; tergantung kondisi tempat batu ini terbentuk yang membuatnya dapat memunculkan berbagai warna. Warna opal bervariasi mulai dari jernih sampai putih, abu-abu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, slat, zaitun, cokelat, dan hitam. Dari warna-warna tersebut, merah dan hitam adalah yang paling langka, sementara putih dan hijau sangat umum. Opal juga bervariasi dalam kepadatan optiknya mulai dari opak hingga semi-transparan.


[8] Batu Sungai Dareh termasuk salah satu batu cincin populer. Popularitas batu sungai dareh mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) di duga memakainya. Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Batu sungai dareh terbaik berasal dari Sumatera barat dan sebagian selatan.


[9] Batu Giok berwarna hijau berserat dan sudah sejak lama dijadikan sebagai perhiasan serta dipercaya membawa keberuntungan, ketentraman dan kesehatan bagi pemakainya. Adapun fenomena ditemukannya batu giok seberat 2 ton di hutan Aceh, menjadikan Aceh sentra penghasil batu giok berkualitas.


[10] Batu Kecubung memiliki warna khas ungu (Amethyst) di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona. Tak hanya sebagai perhiasan kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan. Adapun penamaan kecubung diduga berasal dari tumbuhan penghasil bahan obat-obatan yang telah dikenal sejak ribuan tahun. Sebagai anggota suku Solanaceae, tumbuhan ini berbunga terompet yang. Kecubung biasanya berbunga putih keunguan.


[11] Batu Lavender, berwarna ungu tua. Jenis batu lavender spritus baturaja yang berhasil memenangkan kontes nasional ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Batu Lavender terbaik berasal dari Sumatera selatan dan banyak diburu kolektor pecinta batu.


[12]Panca Warna, varian batu ini tergolong unik dengan banyak warna penyusun batu sehingga banyak kolektor mencari motif bergambar pada batu ini. Batu panca warna bergambar memiliki rentang harga yang terkadang tidak masuk akal, berdasarkan hobi dan kelangkaannya seperti gambar Nyai Roro Kidul (gambar) yang berharga 5 milyar .Batu panca warna edong pertama kali ditemukan oleh Abah Edong (gambar asli beliau) di tanahnya di Caringin Garut. Abah Edong menamainya batu panca warna edong. Panca warna edong memiliki ciri khas warna yang tegas dan lebih beragam, umumnya ada hitamnya, beda dengan panca warna lain meski kadang sama sumbernya dari garut.



[13] Solar Aceh,kini kian dilirik penggemar di seluruh penjuru tanah air. Harga batu yang berasal dari tanah Serambi Mekkah itu semakin mahal menyentuh jutaan rupiah. Kualitas batu cincin solar ditandai dengan tidak ada kotoran didalamnya, jernih, bergiwang dan bersih, jika di dalamnya ada kotoran maka kualitas akan turun dan harganya pun semakin murah.


Sekian edukasi dari ane tentang batu-batuan emoticon-I Love Indonesia (S) Semoga thread ini bermanfaat bagi agan sekalian supaya tidak tertipu dan lebih jeli dalam mengenali batu buruannya. Referensi bebatuan ane dapat dari google, wikipedia dan beberapa blog. emoticon-2 Jempol dan bila ada kekeliruan mohon masukannya,kunjungi jg thread menarik ane lainnya.. Salam emoticon-Shakehand2
[/list]

Diubah oleh alfatihhh 20-05-2015 09:15
0
31.1K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gemstone
GemstoneKASKUS Official
404Thread659Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.