Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bung001jakaAvatar border
TS
bung001jaka
TNI KELOLA ISYU KENAKALAN MALAYSIA
Malaysia selalu bikin jengkel warga Indonesia. Bahkan Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan, TNI merespons pelanggaran perbatasan yang dilakukan oleh negara tetangga melalui pendekatan diplomatik. Alasannya, pendekatan tersebut dianggap lebih santun dan tanpa kekerasan.

Pernyataan Jenderal TNI bintang empat itu menanggapi kabar masuknya sejumlah pesawat milik negara tetangga ke wilayah Republik Indonesia (RI), di perairan Ambalat, baru-baru ini.

Moeldoko memastikan, keamanan di wilayah Ambalat kini dalam kondisi terkendali. Meski demikian, diakui Moeldoko, selama ini negara tetangga acap kali melanggar batas wilayah Indonesia.

Katanya Keamanan di Ambalat enggak ada masalah sebenarnya. Pelanggaran itu selalu ada. Menurut Moeldoko pihaknya selalu menyampaikan kepada Menlu melalui Menkopolhukam supaya Menlu melakukan protes diplomatic.
Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menjelaskan, pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara tetangga terhadap Indonesia, biasanya dilakukan terhadap wilayah udara dan lintasan laut.

Terkait hal itu, Moeldoko mengatakan, TNI mencoba mengelola isu tersebut dengan pendekatan politis dan dimplomatis.

Kata Moeldoko, Itu semuanya data ada pelanggaran-pelanggaran. Seperti Pelanggaran udara, pelanggaran lintasan laut. Tetapi itu semua kita kelola tanpa pendekatan kekerasan, kita kelola dengan konteks politik yang lebih santun yaitu protes diplomatic.

Tak hanya lakukan protes diplomatis, Moeldoko mengaku juga sering berkomunikasi dengan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Malaysia guna menuntaskan ketegangan di wilayah Ambalat tanpa menggunakan pendekatan kekerasan.

Pihaknya mengaku sering berkomunikasi dengan Pangab Diraja Malaysia untuk bersepakat Ambalat tidak perlu lagi kita turunkan pasukan bersenjata. Masing-masing memahami tidak ada yang perlu kita perebutkan . Meski Terkesan tidak ada yang di persoalkan, namun prediksi saya, hal ini bisa di sulut lagi dan meimbulkan reaksi dan kekecewaan bangsa Indonesia !!

http://nasional.sindonews.com/read/1...-ri-1434467210

0
14.6K
60
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.