Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pummAvatar border
TS
pumm
Seruan Perpendek Waktu Puasa di Inggris Picu Debat
Seruan seorang akademisi di Inggris agar umat Islam memperpendek waktu puasa di Inggris yang mencapai sekitar 19 jam memicu perdebatan di media sosial.

Dr Usama Hasan, akademisi dari Quilliam Foundation mengatakan Muslim yang berpuasa di Inggris lebih baik mengikuti waktu Mekah untuk berbuka karena durasinya lebih pendek.

Hasan mengatakan "Islam adalah tentang keseimbangan dan fleksibel...dan saat musim panas puasa terlalu lama karena (Inggris) lebih dekat Kutub Utara dibandingkan dengan khatulistiwa."

Namun banyak yang memprotes argumentasi yang dilontarkan Dr Usama Hasan dan mengatakan waktu berpuasa sebaiknya tetap dijalankan seperti adanya.

Pada hari pertama Ramadhan di Inggris yang akan jatuh pada Kamis (18/06), waktu Imsak jatuh pada pukul 02.39 dan Maghrib pada pukul 21.23 waktu setempat.

Pernah berjihad di Afghanistan

Perdebatan tentang lama puasa telah lama terjadi. Hasan mengatakan puasa harusnya dilakukan "dengan mengikuti waktu seperti di Mekah dengan 12, 14 atau bahkan 16 jam tetapi tidak lebih lama."

"Dan itu semua adalah pendekatan yang berimbang dan perlu diikuti oleh Muslim di Inggris," tambah Hasan.



Tetapi pernyataan Hasan ini banyak dikritik melalui media sosial. Akun atas nama @AbdulAnsar01 antara lain menyebutkan "mengejutkan...Usama Hasan menyerukan waktu Ramadan diperpendek."

Sementara Jamal Osman, wartawan dan pembuat film Afrika yang tinggal di Inggris menulis, "Aneh! Intinya puasa atau tidak." Sedangkan Hambdullah Baycan mengatakan, "Siapa yang bertanggung jawab untuk mengurangi waktu puasa....Tidak hanya di Inggris yang 18 jam, di semua tempat."



Namun ada juga komentar yang mempertanyakan Jamal Osman termasuk McShouty dengan menulis, "Apa yang Anda lakukan di Norwegia utara? Kelaparan sampai mati?"

Dia mengacu pada waktu berpuasa di Norwegia yang jauh lebih panjang pada musim panas mengingat matahari terbenam pukul 22.40 dan terbit pukul 04.00 waktu setempat.

Dr Usama Hasan adalah penasehat di Quilliam Foundation - lembaga penelitian kontra ekstremisme - di Inggris.

Menurut keterangan dalam situs Quilliam, Hasan sempat ikut serta dalam 'jihad' melawan komunis di Afghanistan namun setelah pemboman di London, pada Juli 2005, Hasan mulai mengampanyekan penentangan terhadap ekstremisme.

Quilliam Foundation didirikan dengan menggunakan nama Abdullah Quilliam, anak pendeta yang menjadi Muslim pertama di Inggris.



masalah durasi? emoticon-Bingung
Diubah oleh pumm 17-06-2015 08:37
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.9K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.